Sabtu, 28 Mei 2011

Jangan Tanya Mengapa Aku Punya Blog

Tentang Pertama Kalinya

Pertama kali terus terang aku tergoda ikutan ngeblog karena temanku punya blog. Kuakui hanya ikut-ikutan. Awalnya hanya mencari namanya di google tahunya muncul nama blognya. Dan kubaca-baca blognya tersebut. Ternyata aku melihat pintarnya dia menulis di blo pribadi tersebut dan yang terpenting betapa menariknya bisa memiliki sebuah tempat untuk bercerita, untuk menumpahkan isi hati dan terutama tempat untuk menulis. Menulis ya menulis, sebuah kebiasaan yang lama kulewati sejak menikah dan punya anak. 

Tentang Menulis Dan Aku

Dulu, setiap aku berbicara dengan seseorang entah itu melalui telepon maupun bicara langsung maka tangan ini selalu bergerak, entahlah maksudnya apa. Tapi secara tidak sadar seringkali aku menuliskan apapun itu yang terbersit di pikiran dan hati saat itu. Terkadang itu hanya berupa coretan garis-garis dan tidak jelas namun kadang membentuk kalimat demi kalimat yang sederhana yang tak berarti. Kalau soal membaca cerpen terutama dulu baca majalah Annida aku adalah pelalapnya, dan ketika aku mencoba membuat sebuah cerpen, begitu terasa sulit.Dan kata-kata itu telah hilang entah dimana, karena kertas-kertas itu hilang, setelah aku selesai menuliskannya.

Tentang Sekelumit Kalimat Melalui Media SMS

Entahlah aku suka sekali menasihati orang, begitu terasa nikmat. Dan kalimat-kalimat itu begitu menyenangkan terasa bagi mereka yang kuberi nasihat lebih ke motivasi sifatnya. Aku merasa ketika kalimat-kalimat itu keluar dari jari jemari ini (ya bukan lewat kalimat bicara karena aku tak biasa berucap kalimat sedemikian indah lewat kata-kata, kecuali pernah menjuarai lomba membaca puisi semasa kuliah dulu :))

Jari jemari?
Ya kalimat-kalimat itu adalah hasil ketikan jari jemari ini lewat SMS kepada teman-temanku. Namun sayang SMS-SMS itu tak pernah kusimpan. Hingga kalimat-kalimat itu hilang tak berbekas, setidaknya berbekas di hati mereka yang menerima SMS ku.

Tentang Buku Diary

Waktu SD, SMP dan SMU aku memiliki buku diary. Sebuah buku sederhana, yang tak kutulis setiap hari sebenarnya. Hanya berisi cita-cita, angan, persahabatan dan cinta. Buku-buku tersebut ada yang kecil, berkunci, ada yang bentuknya buku file besar gitu, ada yang hanya buku biasa. Tapi entah mengapa buku-buku itu ada dimana saat ini. Aku pernah mengumpulkannya, tapi kemudian hilang. Saat ini kalau aku berpikir ulang, aku menangis mengenangnya. Betapa itu semua adalah catatan sebuah perjalanan yang seharusnya ada dan kusimpan, namun yah itulah. Semua hanya tinggal kenangan. 

Ada satu orang sahabat dulu membaca diaryku tentang wedding, ya sebuah angan tentang pernikahan ketika aku kelas 2 SMU. Kata dia, Puteri itu poetic banget sih...puitis. Hmm dalem...padahal itu hanya tulisan-tulisan biasa saja bagiku. 

Tentang Buku Kenangan SMU

Ya, aku menulis puisi dan pertama kali dipublikasikan di buku tahunan SMU ku...isinya tentang cita-cita dan persahabatan.^^

Betapa menyenangkan ternyata apabila karya kita bisa dipublikasikan. Dengan terpublikasi maka karya itu jauh lebih berarti dan bermanfaat bagi orang banyak. Tidak hanya menjadi konsumsi sendiri.

Tentang Blog

Kembali ke Blog, ya kenangan masa lalu ku tentang tulisan yang berserakan dan setelah membaca blog teman tersebut maka kuputuskan aku ingin punya blog. Dengan nge blog maka tulisan-tulisan kita (yang sederhana dan apa adanya) bisa terpublikasi dan dibaca orang lain, sehingga manfaatnya lebih terasa.

Aku mengawali ngeblog sejak 2008 awal hanya di Friendster, lalu pada 2010 awal di multiply, hingga akhirnya bermutasi ke Blogspot pada Mei 2010. Awalnya mengambil judul Hijab 4 Muslimah tapi akhirnya aku justru kerepotan sendiri dengan blog bertema gitu, dan blog pun berubah judul menjadi Rumah Hujan, dengan alamat http://puteriamirillis.blogspot.com/. Aku merasa lebih enjoy dengan judul yang baru,,lebih kena di hati,,,^^

Aku berharap lewat nge blog saya bisa dapat banyak teman baru, bisa sharing informasi, bisa kopi darat, dll. Go blogger Indonesia, lewat tulisan kita berbagi di dunia maya,bersahabat di dunia yang maya.

Dan aku mencintai menjadi blogger,walopun blog yang ku kelola hanya satu,eh dua, yang satu lagi di www.blawgerpoet.blogdetik.com. Saya bukan orang yang mudah membagi konsep untuk beberapa blog, membagi pikiran. Yang penting Apdettt, terus blogwalking dan tetap ngeblog.

Manfaat Menjadi Blogger

Menjadi blogger adalah sebuah pengalaman luar biasa bagi saya. Disini kita belajar bagaimana menulis yang baik. Bagaimana agar tulisan itu tak hanya sekedar indah, namun bisa diambil manfaat bagi orang lain. Baik itu sesama blogger maupun pembaca diluar blogger.

Memang di situs-situs pertemanan seperti Facebook, Twitter, Friendster kita juga bisa menulis disana. Tapi entah mengapa rasanya tetap beda, karena ada hal-hal lain yang menjadi sorotan di situs-situs lain tersebut yaitu status dan foto-foto. Ya status, tulisan yang ditampilkan singkat-singkat saja. Jika mau lebih banyak tulisannya bisa buat di note atau blognya. Hanya saja kurang pas, rasanya beda. Kurang personal.Dapatkah kau rasakan juga wahai teman???

Kata Akhir

Aku tak sanggup berkata atau tepatnya menulis lebih banyak lagi, namun yang jelas cinta pada blog kurasakan tetap ada dan harus selalu ada, karena Blogger Beda...dan kitalah perbedaan itu.

Puisi Seorang Blogger 

Dalam lelah aku berjalan...
Menyusuri hatiku terdalam...
Seakan aku ingin ungkapkan semua...
Yang aku punya...

Karena Blogger...
Tak hanya kata...

Tapi juga rasa...
Karena kita berbagi...
Berbagi untuk mengerti dan memahami...

Karena kita blogger...

Mari kita meneriakkan sebuah slogan indah...
Teruslah ada sahabatku...
Dengan pertemuan dunia maya ini...

Karena hilangmu...
adalah mimpi tak berujung bagiku...
Karena hilangmu...
adalah kehilanganku...

Kehilangan sahabat...^^

(Puteriamirillis, Mei 2011)

*Posting ini diikutkan pada kontes mbak anazkia yang disponsori oleh denaihati













ShoutMix chat widget

9 komentar:

ais ariani mengatakan...

mbak puteri...
aku suka banget sama kata-kata Karena Blogger tak hanya kata.
rasanya singkat, tapi bermakna mbak

lidya mengatakan...

top deh kalau urusan puisi ya

wisma sandat mengatakan...

Sebelum mengenal inet hanya diary yang menjadi sahabat berbagi dalam cerita kan mbak? yang jelas semasih ada kesempatan saya nulis begitu ya Put...salam

puteriamirillis mengatakan...

@ais ariani:singkat tapi dalem ya is..^^

puteriamirillis mengatakan...

@lidya:mbak jg bisa bikin puisi^^asal dicoba..

puteriamirillis mengatakan...

@wisma sandat:hi iya dat (put, pen, bli, dana)

funnie mengatakan...

selamat nge blog..
sukses ya mbak kontesnya..
aku ikutan juga nih.. :D

Mama Kinan mengatakan...

haduh mbak detail sekali perjalanan nge blognya..semoga berhasil yah mbak..lewat nge-blog menjalin silahturahim dan punya banyak kawan kawan baru biarpun lewat dunia maya yah mbak..

nh18 mengatakan...

Semoga sukses di perhelatan Blogger Return Contest

Salam saya