Rabu, 07 Desember 2011

Paypal, Bekal Belanja Online !




Selama ini mungkin kita menggunakan e-mail hanya untuk kirim mail berupa tulisan atau sebagai salah satu persyaratan jika ingin register pada jejaring sosial maupun hal lain di dunia maya ternyata ada lagi yang bisa kita lakukan dengan e-mail  yaitu membuat akun paypal. E-mail bisa juga digunakan untuk transaksi pembayaran dengan paypal. Membayar maupun dibayar. Kalau selama ini kita mengenal wesel pos untuk mengirim uang, nah paypal ini kurang lebih seperti itu cara kerjanya.Namun jangan menyamakan paypal 100% dengan wesel ya, sebab dalam wesel tidak ada penyebutan saldo. Wesel itu murni seperti pos, kita mengirim uang lalu uang itu sampai di tujuan. Nah, paypal ini memiliki saldo. Layaknya rekening bank, tapi ini beda ya. Pada bank kita menyetor sejumlah uang untuk menambah saldo. Sedangkan pada paypal, saldo harus dibeli pada tempat-tempat penjualannya yang banyak sekali di dunia maya ini, diantaranya membeli saldo paypal di JualBeliPaypalBalance.com Fans Page. 

Intinya Paypal itu Apa?

Paypal is teman dalam membayar. 
Itu arti harfiah dalam bahasa Inggris

Namun ternyata pengertian harfiah tak sepenuhnya benar, sebab paypal inc adalah sebuah perusahaan. Lebih tepatnya adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain. Markas perusahaan ini terletak di San Jose, California, Amerika Serikat.


Apa saja kelebihan bertransaksi melalui paypal, satu yang menjadi alasan utama adalah karena cepat dan aman. Transaksi dengan paypal bisa dilakukan di hari libur. Tidak seperti transaksi melalui bank yang terikat dengan hari kerja. Terkadang kita diharuskan transfer uang pada hari Jumat bukan? Yang dipastikan uang baru akan sampai pada hari Senin. Jika menggunakan ATM pun walaupun bisa langsung sampai di rekening tujuan namun biaya transfer nya besar sekali, terutama jika harus transaksi ke luar negeri. Lagi pula sistem jual beli online, pembayaran monetize blog, ataupun pembayaran review biasanya melalui paypal. Sebagai blogger yang berusaha untuk selalu tumbuh dan berkembang terus terang diriku dengan malu-malu menyatakan "aku juga pengen ah, aku harus bikin paypal".


Aku sudah lupa sama akun paypalku yang waktu itu belum jelas keberadaannya sampai kulihat banner ini di Blogcamp. Kucoba klik, lalu muncullah website BuyBlogReviews.com. Di blog ini kita bisa register, untuk kemudian kita bisa bid untuk mendapatkan jobreviews. Tertarik juga dengan jobreviews yang menghasilkan minimal $3 per postingan yang hanya 300 kata (dalam bahasa Inggris sih, glek!) dan  kucoba register. Ternyata kita diharuskan isi email akun paypal. Hmm, Aku inget-inget. Oh ya Aku pernah daftar paypal di Paypal.com dulu (kapan tepatnya lupa!). Tapi belum verified !. Waktu dulu itu Aku bingung, waduh untuk verified Aku harus punya credit card. Weleh, Aku kan ga punya. Karena ga doyan ama yang kredit-kredit. Lebih suka yang debit, hihi. Dan ternyata ada jawaban atas hal itu yaitu menggunakan VCC alias virtual credit card. Bisa dibeli di sini atau di sini. Aku sudah coba dan mudah sekali tata caranya. Ketentuannya jelas terpampang di websitenya. Adminnya pun baik-baik. Aku kemarin beli di jualvcc.net. Dan akhirnya paypalku pun terverifikasi. Alhamdullillah. Untuk langkah selanjutnya tinggal mempersiapkan blog sebaik-baiknya sehingga memenuhi persyaratan untuk bisa dapat job review. Amiin.


Aku akhirnya punya paypal terverifikasi. Alhamdullillah. Bekal belanja online dan transaksi hasil jobreview sudah ada. Tapi sayang sekali sampai hari ini pun belum Aku pakai tuh paypal karena Aku belum belanja online pakai paypal dan belum mendapatkan jobreview. Beli Paypal aja belum. Hehe...piye pakdhe. Tapi yang pasti paypal ini bekal yang penting banget untuk belanja online maupun transaksi online lainnya. Siapa tahu suatu saat Aku punya bisnis gede yang pasarnya sampe ke luar negeri (mikir, bisnis apa ya?).

Aku jadi inget ketika mengaudit belanja di Pemkot Ternate. Ada transaksi belanja dari rekanan sampai ke luar negeri. Walaupun kita tak bisa mengaudit sampai transaksi paypal namun pastinya mereka membeli barang dengan paypal bukan? Karena waktu itu mereka membeli barang asal suatu negara di Asia (lupa  negara mana). Jadi kepikiran suatu saat bisa ga ya Aku punya perusahaan besar yang bisa menjadi suplier barang untuk Indonesia. Setidaknya sekarang kan Aku sudah punya paypalnya. Amiiiin.

“Artikel ini diikutsertakan dalam Kontes Old & New Belanja Online di BlogCamp”


 daftar isi







13 komentar:

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

kalau belanja online sih bisa mulai skr kali mbak hehehe tapi job review harus sabar

umahnya fityanakifah mengatakan...

saya baru tahu nih caranya dapat paypal, ilmu yg sangat bermanfaat mba sukses ya :)

@yankmira mengatakan...

aku juga dah upa sama paypal ku... tapi boleh coba tips nya juga nih.

alaika abdullah mengatakan...

good luck kontesnya ya mba.....

paypalku udah lama banget terverifikasi, tapi belum pernah dipakai utk belanja... beberapa kali utk terima uang dari blogvertise (review)..

very good tips mba...

ketty husnia mengatakan...

kontes ini membuat saya jadi mengeti tentang Pay Pal..mungkin tertarik mendaftar..entah kapan2 heheheh

Catur mengatakan...

bener, belanja online jadi simple dengan adanya paypal, wah sama saya juga daftar di broker jobreview tp blm dapat job |hihihih

Kak Rin!!! mengatakan...

Kalau aku dulu pakai Liberty Reserve... soalnya gak perlu verifikasi kayak paypal :D

jiah al jafara mengatakan...

semoga menang mb'....
jujur yah mb',,aku masih kurang ngerti soal paypal :-D

Nia Angga mengatakan...

amieennnn

Nia mengatakan...

dari sini aku dapat ilmu lebih banyak tentang paypal..ternyata ngga punya kartu kredit bisa juga yach bikin akun paypal...pengen coba ahhh

Pakde Cholik mengatakan...

Sahabat tercinta
Saya sudah membaca dengan cermat artikel ini.
Anchor text letakknya terlalu berdekatan, baca lagi ketentuannya.

Akan di daftar sebagai peserta .
Terimakasih atas partisipasi sahabat
Salam hangat dari Surabaya

Untje van Wiebs mengatakan...

Saya belum punya paypalll~ masih gapaham juga :D

Tips Trik Blogging mengatakan...

Mantab bro, saya juga ikutan