Rabu, 07 Agustus 2013

Lelah Di Bulan Ramadhan

Assalaamu'alaikum wr.wb
Pagi terakhir Ramadhan, semoga berkah Allah akan selalu tercurah bagi kita hingga bulan Ramadhan yang akan datang amiin ya Allah. Kata Ustadzah ketika pu ikutin ceramah kantor terakhir sebelum libur lebaran,"sesungguhnya yang namanya ujian itu setelah ramadhan berlalu, ramadhan ini hanya awalan yang utama ya 11 bulan ke depan, bisa ga amaliah kita tetep seperti pada saat ramadhan, hati kita tetep terikat dengan Allah seperti pada saat ramadhan, begitupun pikiran kita. Ya Allah berkahilah kami. Karena itu bagaimana mau bagus di 11 bulan sesudah jika bulan ramadhan saja tidak optimal. Ampun ya Allah semoga rahmatmu tetap melimpahi kami.Ah, Ramadhan akan segera berlalu. Ini pu menulis di pagi b terakhir  bulan ramadhan. Sebentar lagi tepatnya maghrib nanti sore sudah syawal. Hiks ramadhan pun berlalu. Akanah tahun depan akan bertemu ramadhan kembali???

Lelah, ya itu yang ingin pu ungkapkan. Kesibukan ramadhan tanpa embak yang membantu sejak awal. Mbak Moh kan udah pulang kampung sejak awal Juni sebelum Ramadhan karena akan melahirkan. Embak yang sebenarnya sangat pu sayangi. Pu berusaha tanpa embak di ramadhan ini. Bangun sahur, hanya ngangetin makanan sih, dikukus, bangunin suami, bangunin Umar. Ya, tahun ini Umar mulai puasa. Baru seminggu sih puasanya itu pun setengah hari. Kadang lebih dari jam 12, Umar kalo lagi asyik main atau tidur siang bisa kuat puasa sampe jam 2 siang.

Yup, berusaha sekuat tenaga untuk mengoptimalkan ramadhan dengan hal-hal yang bermanfaat. Seperti ketika ramadhan di kantor, kebetulan ada ceramah ramadhan setiap hari di bulan Ramadhan. Jadi setiap dzuhur setelah sholat berjamaah, karyawan mendengarkan ceramah. Walopun ada juga yang tidur. Pu berusaha walopun pu ga sholat karena haid 14 hari tapi tetap mengoptimalkan dengan membaca Al Quran. Ya, Pu ikutan yang membolehkan membaca Al Quran terjemahan ketika sedang haid. Jadi pu berharap tetap terjaga dan pu merasakannya, sehingga pula pu tetep bisa berupaya untuk khatam 1 kali di bulan ramadhan. Sekarang tinggal 1 juz 2 lembar lagi nih, doakan ya teman.

Di bulan ramadhan ini juga pu berupaya agar Umar bisa belajar sholat. Ya, belajar sholat. Cuma ya itu, dia masih suka males-malesan. Kaya tadi subuh, widih, sampe suaranya serak gara-gara pu ajak sholat akhirnya sholat sambil nangis. Ah, biarin aja...hehe. Benar-benar luar biasa deh mendidik anak untuk sholat, puasa, latihan membaca Al Quran dengan IQRO. Apalagi dengan adanya hafidz Indonesia di RCTI itu benar-benar memotivasi pu. Waduh kok bisa ya anak kecil gitu udah hapal Al Quran, tentunya ibadah lain juga harus benar-benar dioptimalkan. Pu berusaha ketika dzuhur ajak anak-anak sholat. Ajak wudhu, lalu dipakaikan sarung terus sholat deh. Walo porsinya masih tetap belajar yaaa...belum kewajiban. Dibenerin kakinya yang masih suka disilang ketika sujud, tangan ke perutnya masih asal-asalan, duduk antara dua sujud dan duduk tasyahud yang masih belum kaki satu didudukin dan kaki satunya didiriin (ngerti kan maksudnya?), belum lagi bacaannya, widih banyak.

Belum ibadah diri sendiri yang waktu pertengahan ramadhan kemarin sempet dag dig dug, bisa khatam ga ya??? masalahnya suami udah khatam, aku jadi senewen. Aku bisa ga yaaaa???? Yang pasti badan harus tetep dijaga juga staminanya agar tidak ambruk. Alhamdullillah dengan buah, habatusauda, minyak zaitun dan redoxon membantu sekali menjaga stamnina tetep oke. Ditambah pilates tiap rabu sore. Lumayan loh menjelang buka gitu olahraga, membantu sekali. Walopun ga menutup mata sih ada saat badan capeee banget, akhirnya abis isya langsung tidur, bahkan pernah belum isya langsung tidur.

Lebaran ini pu ga bisa cuti, jadi ga pulang kampung nih. Nanggung, ke Sumatera Barat cuma sebentar. Nanti aja ambil cuti rencananya pas lebaran idul Adha. Biasanya kan kita naik mobil pulang kampungnya jadi udah 2 hari di jalan, belum pas pulang ke Jakarta udah 2 hari, di kampung cuma sebentar???weleh,, ngga deh mendingan ngga.

Ya, sudah itu dulu ya teman...ceritaku yang sederhana ini. Mau juga dong sharing kalian,,,

Oya pu dan keluarga mengucapkan

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 H” 
Mohon Maaf Lahir dan Batin

Baca juga daftar isi

16 komentar:

Ejawantah Wisata mengatakan...

Taqabbalallahu minna waminkum
Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1434 H.
Mohon Maaf lahir dan bathin

Salam wisata

meilya dwiyanti mengatakan...

mohon maaf lahir batin

selamat hari raya idul fitri ya untuk mbak Pu sekeluarga...

Jos Bloko mengatakan...

Mendidik anak ke arah kebaikan harus bertahap kak. Mungkin tahun ini baru bisa setengah hari puasa. Insyaallah tahun depan bisa full puasa. Didik terus si umar biar kayak umar bin khattab hehehe.

Met hari raya idul fitri kak.

dey mengatakan...

Selamat Idul Fitri ya Pu, maaf lahir dan batin ..

webctfatimah mengatakan...

Assalaamu’alaikum wr.wb…mbak Puteri,


Selamat Hari Raya Aidill Fitri 1 Syawal 1434 H
Maaf Zahir dan bathin & Minal Aidin Wal Faidzin
Taqabalallahu minnaa wa minkum

Salam Ramadhan dari Sarikei, Sarawak. :D

SITI FATIMAH AHMAD

Bundo mengatakan...

selamat idul fitri juga buat Pu sekeluarga.. mohon maaf lahir dan batin.

bener Pu, lebaran di kampung malah gak bisa kemana2.. kena jebakan betmen alias maceettt.. :))

salam sayang wat Azkiya dan Umar.

BlogS Of Hariyanto mengatakan...

Gema Takbir Menyapa Semesta,
Membesarkan dan Mengagungkan Yang Maha Esa nan Maha Suci,
Bersihkan Hati Kembali Fitri di Hari Kemenangan,
Terkadang Mata Salah Melihat dan Mulut Salah Berucap,
Hati kadang salah menduga serta Sikap Khilaf dalam Berprilaku,
Bila Ada Salah Kata, Khilaf Perbuatan dan Sikap,
Bila Ada Salah Baca dan Salah Komentar,
Mohon Dimaafkan Lahir dan Batin,
Selamat Merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1434 H

budi os 19 mengatakan...

Selamat hari raya idul fitri 1Syawal 1434 H
Mohon mav lahir dan bathin :)

hawa mengatakan...

Waaa..
Met lebaran cc..
Met happy2 family aja..

Wieka Wintari mengatakan...

ini kunjungan perdana saya,
semoga bisa menjalin silaturahmi,
selamat idul fitri 1434 H,
salam hangat dari Banjarbaru - Kalimantan Selatan :-)

prih mengatakan...

Selamat Idul Fitri tuk Jeng Pu dan kelg, maaf lahir batin. Salam

duniaely mengatakan...

Selamat Idul Fitri mbak, maaf lahir bathin ya :)

Nhinis mengatakan...

Halo mbak pu...
Sepertinya ini kunjungan pertama sy ke blog ini :)
Salam kenal jg yaa dari Palopo, Sulawesi selatan.

Semoga keberkahan selalu menyertai mbak pu sekeluarga, aamiin ^^

"Keep happy blogging"

Indri Lidiawati mengatakan...

selamat hari raya idul fitri 1434 H, minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir batin n salam kenal.....

wi3nd mengatakan...

waalaikumsalam wr wb

happy ied mubarok juga pu :)


lelah tapi berkah ya pu,karna itu yang terkandung di ramadhan :0

Ririe Khayan mengatakan...

Dengan segenap ketulusan mengucapkan Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin