Sabtu, 15 Maret 2014

Ayam Rendang

Assalaamu'alaikum
Duuh, lagi kesulitan bw nih. Pasalnya saya lagi ngenet lewat hape aja nih dengan paketan yang mau habis Senin dan kuotanya udah ampir bates maksimum jadi lambreta ya temans. *nyariin wifi.

Sabtu ini cukup melelahkan juga. Pagi-pagi dah nyuci pake mesin cuci, terus menyetrika, trus ke pasar, terus masak ayam rendang dan sop sayur. Lumayan dah lama ga masak begitu nginep di mertua langsung diajakin mau diajarin masak rendang ayam.

Dah lama juga ga belanja ke pasar, sejak ga rutin masak alias beli di warsun karena lagi ga punya embak, kangen juga. Beli ayam 3 ekor, beli daun bumbu yang 4 macam yaitu daun salam, daun kunyit, daun sereh (ini mah batangya?), daun jeruk. Empat daun untuk masak gulai. Trus beli sayuran sop yaitu wortel, kol, buncis, brokoli. Juga beli pisang, apel, dan lemon. Ditambah beli 4 butir kelapa yang sudah minta disantan.

Sudah selesai belanja langsung pulang. Belanjanya dianterin Papa mertua dan Umar yang nungguin di mobil. Ayam langsung ditaruh di baskom supaya airnya ga tumpah ke karpet mobil. Bau kan yaaaa???

Nyampe rumah langsung bersihin ayam 3 ekor yang dipotong 10 per ekor. Jadi ada 30 ayam yang ducuci. Saya terbiasa membeli ayam masih hidup dan disemblih dadakan oleh penjual, kulitnya jadi bisa gampang dikupas karena saya beli ayam tanpa kulit. Leher dan kepala juga ditinggal berikut buntut.

Mencuci ayam itu kan musti sabar satu-satu gitu. Darah bekunya harus dibersihin, kan darah haram yaw, ati di belakang juga dibuang, lendir juga dibersihkan dan lemak ayam sebisa mungkin dibuang. Setelah selesai, jangan ninggalin hasil cucian ayam gitu aja harus diplastikin. Biar ga bau.

Udah deh. Trus giliran masaknya. Bahannya 3 ekor ayam, santan kelapa dari 4 butir kelapa yang kulitnya coklat muda ke tua gitu, daun jeruk 6, daun salam 5, daun (eh batang deh) sereh1, daun kunyit 1, bumbu gulai yang beli di pasar aja biar gampang cari yang enak hihi untuk 3 ekor ayam gitu deh, cabe giling 3 sendok makan. Bumbu gulai biasanya ada bawang putih, kunyit, ketumbar, lengkuas, jahe, apalagi gitu satu bumbu lagi, di luar daun-bumbu dan cabe giling. Trus pake bawang merah dan putih juga diiris kira-kira segenggeman. Tambahin adas manis katanya jadi lebih enyaak. Dan tak lupa asam kandis 2 biji.

Ayam setelah dicuci digaremin, kira-kira aja garamnya. Di cabe giling dan bumbu gulai kan udah digaremin juga. Maklum beli bumbu di pasar, cari yang rasanya enak. Lalu masukin santan. Biasanya kan santan kental dan santan encer gitu deh. Masukin bumbu gulai, cabe gilung, daun-daunan bumbu, irisan bawang merah dan putih, asam kandis, adas manis kalo ada, terus aduk. Santan diaduk sampe mendidih, ga boleh brenti , pecah nanti santenya. Ga bagus. Nah kalo dah mendidih masukin ayamnya. Diaduk lagi sampe ayam setengah matang, trus ayam disisihkan. Kalo ayam ikut teerus di santan takutnya ayam jadi anccur.

Terus diaduk santan hingga menjadi bumbu rendang setengah jadi, masukin lagi ayamnya. Yah kira-kira mulai coklat gitu deh dan santannya dah ilang. Masak terus deh. Jangan lupa bawahya diaduk terus biar ga gosong. Harus sabar, 3 jam loh prosesnya. Hihi..

Oya, santannya bisa dari 6 butir kelapa sih, tamvah enak tapi untuk hari-hari cukup 3 untuk 3 ekor ayam.

Dan setelah masak saya cape, makan, terus bobo siang. Sorenya menyelesaikan setrikaan yang sampe kini juga masih ada sisanya, kan tadi pagi baru nyuci lagih. Terus nyapu, dan belum dipel. Hihi.

Besok lanjoot...kerjanya maksudnya. Oshin in the weekends.

Met weekend temans.

wassalam
pu




http://puteriamirillis.blogspot.com/p/daftar-isi.html

15 komentar:

awandani mengatakan...

mbayangin hasil masakannya kok ngiler ya...Huehehehe..

puteriamirillis mengatakan...

Hihi ga ada foto jadinya dibayangin aja yah dan.

HM Zwan mengatakan...

Daku lg masak ayam bumbu rujak nih mbk..

puteriamirillis mengatakan...

Kamu rajin masaknya han, kapan2 kita masak bareng ya.

Beby Rischka mengatakan...

Lamaknyoooo yo, Uni.. :p

Aku suka bersihin ayam, seneng main air soalnya. Hahah.. Tapi kalo dipikir-pikir, licik juga ye Mama nyuruh bersihin :D

puteriamirillis mengatakan...

Iyooo butet...:)
Iya mama kita suka nyuruh bersihin ayam krn mo ngajarin keribetannya nyuci ayam hehe..
Nanti aku ajarin kiya umur brapa ya?

Dihas Enrico mengatakan...

kurang suka sih...
paling suka ayam opor....
mantabh...

ketty husnia mengatakan...

kaykanya kudu di bookmark nih..saya suka asal kalo bikin ayam rendang mba :) thanks resepnya ya :)

wi3nd mengatakan...

kurang foto nih put :P

enak ya ayam rendang..

lanjut bobo sambil kerja apa kerja sambil bobo :D

Beby Rischka mengatakan...

@puteriamirillis

Hahah.. Umur berapa ya? Aku dari umur 5 tahun uda mulai diajarin tuh bersihin ayam sama ikan.. :p
Mungkin pas uda masuk SD kali?

fitri anita mengatakan...

wah wah ikutan ngebayangin ayam rendang sambil makan peyek nie...

Nophi mengatakan...

Jadi pengen mbak...
Kemarin aku masak bothok tempe sama pepes ikan :)

puteriamirillis mengatakan...

Wah hebat kamu beb. Azkiya sd jg ah diajarinnya.

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

ayam di rendang enak juga ya mbak, selama ini ak cuma bikin rendam daging sapi aja

minangkabau cooking trip mengatakan...

artikel yg bagus putri :D
apalagi kalo berwisat sambil belajar membuat rendang, pastinya lebih mengasyikkan..:D