Senin, 31 Maret 2014

(Giveaway) Membacakan Dongeng Untuk Anak

Assalaamu'alaikum

Membacakan dongeng untuk anak saya sudah sering saya lakukan. Bahkan sampai kini Umar dan Azkiya sudah beranjak berumur 7 dan 5 tahun. Walaupun sih ya tak semua cerita yang saya bacakan untuk mereka adalah cerita dongeng. Cerita dongeng kan lebih seringnya berupa cerita binatang atau puteri-puteri gitu ya.
Azkiya suka sekali dibacakan Strawberry Shortcake. Dongeng berupa enam anak yang berkawan dengan ciri khas nya masing-masing. Saya suka dengan strawberry shortcake ini karena pakaian yang mereka kenakan relatif sopan dan lebih mudah diikuti oleh anak-anak. Enggak terbuka gitu semacam puteri-puterian yang lain. Biar bagaimanapun tokoh dongeng itu kan berpengaruh ya ke pemikiran anak-anak kita. Jika dia sering diberikan cerita dimana tokohnya berpakaian minim bisa dipastikan anak-anak juga akan mengikuti pakaian yang dikenakan oleh tokoh itu.


credit
Pada cerita Strawberry Shortcake ini tokohnya bernama Strawberry Shortcake yang suka memasak dan owner sebuah cafe, Lemon Meringue yang mempunyai salon, Bluberry Muffin pemilik perpustakaan,  Raspberry Torte yang suka menjahit dan memiliki butik, Orange Blossom pemilik toko kelontong dan satu lagi yang ungu namanya siapa yah???hehe adakah yang tahu..lupa saya. Si Ungu itu suka sekali senam. Satu lagi Cherry Jam yang seorang penyanyi.

Hampir setiap malam Azkiya minta dibacakan cerita ini. Dulu sih ketika dia masih berusia 3,5 tahun an gitu. Saat itu kan Azkiya belum bisa membaca ya, dan sampai saat ini juga masih belum bisa membaca sih, tapi dia hafal lo isi bacaan yang aku bacakan padanya. Jadi listeningnya bermain di sini. Mungkin juga dia menghafal berdasarkan gambar yang tersaji. Entah deh ya, tapi yang pasti saya jadi excited dan akhirnya membelikan lagi beberapa buku untuk Azkiya dan Umar tentunya, lagi dan lagi.

Ternyata membacakan dongeng bagi anak itu adalah salah satu metode pembelajaran juga. Ya, dari gambar maka visualisasinya jadi terasah, melalui mendengar cerita kita maka listeningnya terasah, dia juga belajar moral dari apa yang diceritakan oleh dongeng itu, makanya bacakan cerita yang mengandung pesan moral kebaikan yah.

Pembacaan cerita ini biasanya saya lakukan sebelum tidur. Masa-masa ketika Azkiya mulai mengantuk sehingga hypno juga bagi dia kan. Katanya sih apapun pesan yang ingin kita tanamkan ke anak maka bagikan ketika dia sedang mengantuk dan ingin tidur. Lebih masuk katanya sih.

Yah, apapun deh demi anak kita lakukan lah ya.
Sudah dulu ya temans...

Wassalam
Pu


Artikel ini diikutsertakan dalam Giveaway Semua Tentang Dongeng Anak
.

http://puteriamirillis.blogspot.com/p/daftar-isi.html

10 komentar:

Pecidasase mengatakan...

Wah sering ikut giveaway nih :D semangaat semoga menang yaaa

Eel Pecidasase mengatakan...

Semoga menang gan :D

Santi Dewi mengatakan...

Daya ingat anak2, memang luar biasa ya.. Anak saya juga saking seringnya dibacakan buku certa, jadi hapal semua isi buku ceritanya :)

Ayunda Slamet mengatakan...

mendongeng dan mendengarkan dongeng itu memang mengasyikkan ya.. :)

Ayunda Slamet mengatakan...

mmh.. kayaknya strawberry short cake pernah difilmin .. dulu smpat liat, pas jaman SD apa SMP .. ceritanya menarikkk.. :)

puteriamirillis mengatakan...

Amin,makasi ya

puteriamirillis mengatakan...

@Santi Dewi iya mb,apalagi usia golden Age ya

puteriamirillis mengatakan...

@Ayunda Slamet iya ayunda,asyik, hiburan juga.

puteriamirillis mengatakan...

@Ayunda Slamet iya ada filmnya ayunda...bagus filmnya kok.

puteriamirillis mengatakan...

@Eel Pecidasase amiin