Selasa, 22 April 2014

Dosa

Assalamualaikum
Kalo mendengar kata dosa apa sih yang kamu pikirkan. Bagi saya sih segala yang nurani uda bilang itu ga bagus, ga baik dilakukan tapi tetap dilakukan dan menimbulkan perasaan ga enak di hati itu sudah dosa loh.

Beda-beda sih ya tiap orang. Ada yang cuek aja menerobos segala perasaan ga nyaman di hati. Ada juga yang hati-hati banget. Hati dan nurani setiap individu yang berbicara.

Standar yang berbeda itu membuat kita harus empatii banget dengan orang lain dan segala perasaannya begitupun dengan standar dosa yang dimiliki. Jangan sampai kita mau nasihati tapi yang dinasihati malah marah. Apalagi kalo umurnya lebih tua dari kita atau bahkan ortu kita sendiri.

Yah, bukan ga mungkin kan kalo ortu kita salah. Tapi bagaimana kita bisa ngasitau tanpa menyinggung, itu susahnya. Ada kenalan yang takuut bbanget dengan ortunya sampai ortu salah dia ga berani ngasitau, takut dosa.

Yup, bener. Kalo ortu tersinggung dengan nasihat kita kan malah kita dosa. Ya kan???

Itu aja ya temans. Bagaimana dengan kamu?

Wassalam
Pu
http://puteriamirillis.blogspot.com/p/daftar-isi.html

20 komentar:

HM Zwan mengatakan...

Kalo didiamin sdg kita tahu malah dosa hehe

Nophi mengatakan...

Memang repot ya mbak, mungkin waktunya dan cara penyampaiannya yang perlu diperhatikan :)

Ninda mengatakan...

iya kakk
aku paham banget dlm situasi itu emang serba salah sih

Santi Dewi mengatakan...

aturan dari Allah tapi kita langgar, kita akan berdosa juga

fitri anita mengatakan...

iya serba salah, tp kalau kita tau itu salah, harus kita beritahu ...

fitri anita mengatakan...

iya serba salah, tp kalau kita tau itu salah, harus kita beritahu ...

Beby Rischka mengatakan...

Waalaikumsalam..

Kalo di pikiran ku pertama kali sih neraka, api yang berkobar-kobar gitu, Mbak Pu. Heheh.. Dulu pas masih kecil selalu dicekoki gitu sih. Tapi bagus memang, karena saat mau melakukan 'dosa' jadi inget trus buru-buru istighfar. :)

Yah, orangtua kan juga manusia ya, wajar kalo bisa salah. Justru sebagai anak, kita mesti mengingatkan dengan tutur kata yang lembut.. Masih belajar nih, soalnya kebiasaan teriak-teriak sih

Eel Pecidasase mengatakan...

ga jawab / ga balas ucapan orang tua aja udah dosa sis

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

kalua sama orang tua mungkin harus cari kalimat yang telat ya supaya tidak menyinggung

Muhammad Lutfi Hakim mengatakan...

Sama seperti Mak Lidya. Jika orang tua kita melakukan dosa, kita sebagai anak yang baik dituntut untuk memperingatkan, tentunya dengan tutur kata yang baik dan tidak menyinggung perasaannya.

Keke Naima mengatakan...

saya selalu beruasaha hati2 ketika menyampaikan biar gak tersinggung. Tp kalua bingung mending gak usah :D

obat darah rendah mengatakan...

iya juga sih, harus ekstra hati-hati kali yah ?:)

puteriamirillis mengatakan...

@HM Zwan iya makanya tetep harus dibilangin tapi dengan cara yang baik ya han...

puteriamirillis mengatakan...

@Nophi iya nop,,,bener2 diperhatiin momen yang pas untuk disampein.

puteriamirillis mengatakan...

@Ninda iya serba salah. mungkin cari momen yang pas sih ya...

puteriamirillis mengatakan...

@Santi Dewi iya mak santi, betul...

puteriamirillis mengatakan...

@fitri anita iya mak, mungkin cara dan waktunya aja yang harus pas..

puteriamirillis mengatakan...

@Beby Rischka sama, harus belajar dan dilatih ya beib bilangin ke ortu itu...
wah kalo aku inget neraka dan cacing-cacing di tanah kuburan hiiii...sereem.

puteriamirillis mengatakan...

@Eel Pecidasase iya bener, dosa banget...

Drain Your Blood mengatakan...

dosa ya, dosa itu menurutku hal yg paling sering dilakukan dan paling jadi penyesalan.