Senin, 01 Desember 2014

Ini Tentang Azkiya Saat Ini

Assalaamu'alaikum wr.wb

Sebenarnya sih, uda lama pengen nulis. Sebenarnya sih banyak yang pengen diungkapin. Sebenarnya sih ga ada alasan berarti untuk ga nulis di blog ini.  Tapi lagi ga pengen aja. Hmm..alasan yang terlalu jujur, alasan yang mengundang cemoohan orang banyak. Alasan yang sebenarnya ga aku ungkapin juga ga ngaruh apa-apa untuk kehidupan. Apalagi untuk orang lain. Cuma ya berhubung aku lagi pengen nulis, mumpung blog ini masih ada dan masih bisa "dipaksa" untuk melanjutkan kehidupannya, jadi ya aku nulis deh.




Aku pengen nulis tentang Azkiya. Uda 5 tahun umurnya. Semakin besar, makin banyak hal baru dari Kiya. Semakin besar makin keliatan kalo Azkiya itu dominan otak kiri. Hehe...apa-apaan nih emaknya "dominan otak kiri". Ya, sedangkan aku dominan otak kanan, jadinya ya...ketika dia sangat-sangat "harus"artinya itu ya seharusnya begitu menurut dia. Sekarang itu apa kata ibu guru adalah yang seharusnya benar menurut Kiya. Terkadang aku sebagai emaknya kan ya kadang-kadang mikirnya gini, "ya udah deh ya Kiya, masih TK gitu loh." Misalnya masalah PR, yang tiaaaap hari itu ada. Hmmm....dalam pikiranku, gapapa lah seminggu ngerjainnya, emang salah??? Tapi ternyata Azkiya itu ga bisa begitu. Azkiya itu maunya ya mengerjakan PR nya walaupun apapun kesulitan yang ia hadapi, yah misalnya sampai harus narik-narik emaknya yang lagi mencuci piring untuk bantuin dia mengerjakan PR. Yah maklum, lagi ga ada bedinde ya maaaak...perasaan udah dari setaun yang lalu kali ya aku ga punya bedinde.

Anak dominan otak kiri itu susah susah gampang emang cara menghadapainya. Apalagi aku menghadapi kenyataan bahwa aku dominan otak kanan. Btw, caranya gimana tuh menentukan anak kita dominan otak kanan atau kiri. Caranya adalah dengan mengatupkan tangan kanan dan kiri seperti cara berdoa nasrani. Nah kalo jempol kanan yang di atas, berarti itu dominan otak kiri. Sebaliknya kalo jempol kiri yang di atas maka dominan otak kanan. Cara lain adalah dengan "sedekap". Kalo tangan kanan yang di atas tandanya itu dominan otak kiri, sebaliknya kalo tangan kiri yang di atas tandanya dominan otak kanan. 

Kalo berdasarkan teori otak kiri itu kan sistematis, teratur, logika, angka, dll. Jadinya ya seperti itu. Aku sendiri mencoba melihat sisi positifnya aja. Misalnya dari sisi Azkiya rajin dalam hal yang berbau pelajaran. Dia disiplin, kalo dalam hal ini kadang aku baru pulang kantor pun dia udah pengen mengerjakan PR bareng aku, yaah tinggal akunya aja kayanya yang seharusnya bisa menjelaskan ke Azkiya untuk memberi waktu aku sebentar mandi dan sholat maghrib baru deh mengerjakan PR. Walo kadang akunya juga harus merelakan belum mandi untuk bantuin dia mengerjakan PR. Tergantung sikon lah.


Dalam hal berpakaian juga Azkiya itu maunya serba matching dan pernak-perniknya ga ketinggalan. Kaya di foto di atas pas akhirussanah TK B, mulai baju, topi, sepatu, kalung dan pake bedak dikit itu Kiya yang mengatur. Dan satu hal, kalo difoto dulu Azkiya jarang banget bisa senyum. Hehee...tapi setelah aku ajarin kalo difoto ya senyum baru deh kiya ngerti. 

 

Azkiya juga suka musik. Seperti gambar di atas, dia ngebet banget untuk mainin alat musik talempong itu. Padahal lagi dimainin sama pemusiknya. Kubilang, tunggu sebentar ya Kiya. Wah sempet tuh misuh misuh, ngambek. Tapi setelah kubujuk-bujuk, baru deh mau menunggu sebentar. Setelah pemusik selesai main baru Azkiya bisa sepuasnya main. Nah itu stelan berpakaian plus kalung dan gelang juga Kiya pilih sendiri tuh.

Azkiya juga suka menggambar dan mewarnai. Ini contoh hasil mewarnainya waktu kita ke seaworld. Dia pernah memenangkan lomba mewarnai yang diselenggarakan oleh time zone tapi pas itu cuma diselenggarakan di sekolahnya Azkiya.


Btw, udah dulu deh yaaa..cerita Azkiya nya....hihihihi....masih melancarkan nulis lagi nih akuuuu.




http://puteriamirillis.blogspot.com/p/daftar-isi.html

8 komentar:

danirachmat.com mengatakan...

Waaah, saya sama kaya Kiya. Dominan otak kiri. Hihihi... Semangat Mba Pu! :D Memang menghadapi anak kudu banyak sabar ya.

Penularan Penyakit Hepatitis mengatakan...

Yang sbar aja ya mbak!

Ummu Abdillah Sri Muliana mengatakan...

Sepertinya anak-anakku juga dominan otak kiri. Tapi semuanya disyukuri mbak, tugas kita mengembnagkan dan mengarahkan potensi yang mereka miliki :)

Beby Rischka mengatakan...

Mbak Puuuu.. Aku jugak dominan otak kiri nih. Hahah.. :D

Emang logikanya sukak ngga nahan yah.. Jadi inget gimana puyengnya Mama ku waktu aku bawelin sama pertanyaan-pertanyaan logika.. :P

tizara mengatakan...

Lucu mak putrinya, cantik............

Uje-uji mengatakan...

Izin berkunjung dan nyimak langsung artikelnya gan...

Keke Naima mengatakan...

Wah, Azkiya semangat ngerjain PRnya, nih :)

ketty husnia mengatakan...

aku baru ngerti mba..krn saat mengatupkan telapak tangan, jempol kanan-ku selalu di atas, sedangkan saat bersedekap-tangan kiriku yg di atas.so apkh aku kombinasi ke2nya?berotak kanan-kiri? hehehe atau aku salah paham? posting ttg ini lebih banyak donk..(request pilihan)