Kamis, 14 Januari 2016

Bicara Tentang Morinaga Multiple Inteligence Playplan, Yuk!



Assalaamu'alaikum

Apa kabar temans semanya? Semoga sehat selalu ya. Baik anak maupun ortunya yah karena kesehatan itu penting untuk menunjang aktivitas kita ya apalagi di masa pancaroba seperti saat ini. Kalo sudah sakit, subhanallah, ga nyaman deh. Nah gimana tuh biar kita tetap sehat selalu. Tentu saja NUTRISI. Yup sebelum kita masuk ke morinaga multiple inteligence playplan kita bicara nutrisi dulu deh ya. Nutrisi memegang peranan penting deh ya untuk kesehatan. Anak kalo udah makannya ga teratur biasanya jadi gampang sakit. Jadi minimal musti ada tuh menu lengkap plus susu di menu harian anak. Jangan sampe lupa ya moms.

Kalbe Nutritionals telah berupaya untuk mengembangkan produk morinaga dengan beragam jenisnya diantaranya seperti yang aku tulis di morinaga-chil-go-teman-kesehatan-anak yang merupakan susu cair dan juga morinaga chill school yang merupakan susu bubuk. Tentu masih ada jenis lainnya tapi dua itu yang sesuai dengan masa pertumbuhan dua anakku, Umar dan Azkiya yang saat ini berumur 8 tahun dan 6 tahun.

Morinaga Chil School MoriCare + Prodiges dilengkapi dengan sinergi nutrisi tepat antara Faktor Kecerdasan Multitalenta (untuk perkembangan sel otak anak), Faktor Pertahanan Tubuh Ganda (agar anak tidak mudah sakit), dan Faktor Tumbuh Kembang Optimal agar anak tumbuh menjadi generasi platinum. Wah pas banget ya moms dengan kebutuhan kita dalam hal nutrisi anak. Selain untuk kesehatan juga ada tambahannya moms perkembangan sel otak anak dan tumbuh kembang optimal, jadi istilahnya sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Mantap kan moms.

Naaah, ngomong-ngomong tentang perkembangan sel otak anak dan tumbuh kembang optimal ada kaitannya dengan multiple inteligence atau kecerdasan majemuk. Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) adalah kecerdasan yang mencakup banyak bidang dalam kehidupan kita sehari-hari. Ada tipe Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence):
  1. Kecerdasan Linguistik
    • Adalah kecerdasan dalam berbicara, membaca maupun menulis.
  2. Kecerdasan Logika Matematik
    • Adalah kecerdasan untuk memahami kondisi/ situasi menggunakan penalaran analisa sintesa.
  3. Kecerdasan Kinestetik
    • Adalah keahlian menggunakan anggota tubuh.
  4. Kecerdasan Visual Spatial
    • Adalah kecerdasan dalam bentuk kemampuan untuk memahami arah, ruang, dan  bentuk akhir dari suatu benda.
  5. Kecerdasan Interpersonal
    • Adalah kecerdasan dalam berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain.
  6. Kecerdasan Intrapersonal
    • Adalah kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. 
  7. Kecerdasan Naturalis
    • Adalah kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang dijumpai di alam maupun lingkungan.
Itu sih teori ya moms, ga harus kita turuti semua sesuaikan dengan apa yang kita pahami saja. trus gimana ya biar teori itu bisa mudah kita aplikasikan bagi anak. Sekarang tuh udah ada morinagamiplayplan yaitu morinaga multiple inteligence playplan dimana di web tersebut disediakan langkah-langkah kita untuk merencanakan permainan untuk menunjang tumbuh kembang anak sesuai kecerdasannya. Ada juga aplikasi untuk kita bisa tahu sebenernya apa tipe kecerdasan anak kita.



Di web nya tertulis sebagai berikut :

Rencana Bermain MI Morinaga (Morinaga MI PlayPlan) adalah rencana main dan aktivitas harian, yang dapat digunakan oleh Bunda dan Ayah untuk merencanakan, mengarahkan dan membantu menstimulasi perkembangan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Si Kecil. Isi Rencana Bermain MI Morinaga (Morinaga MI PlayPlan) meliputi tipe aktivitas, peranan dan kegiatan yang akan dilakukan oleh Si Kecil dalam kegiatan hariannya. Rancana Bermain MI Morinaga (Morinaga MI PlayPlan) merupakan solusi tepat bagi Bunda dan Ayah terutama yang bekerja, karena dengan Rencana Bermain MI Morinaga (Morinaga MI PlayPlan), Bunda dan Ayah dapat tetap merencanakan dan menstimulasi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Si Kecil, bahkan dengan bantuan pengasuh. Morinaga juga menyediakan Alat Identifikasi MI Morinaga (Morinaga MI Identification Tool), Ide Bermain MI Morinaga (Morinaga MI Play Ideas) dan Area Cetak Mi Morinaga (Morinaga MI Printables) untuk membantu memaksimalkan penggunaan Rencana Bermain MI Morinaga (Morinaga MI PlayPlan) bagi Bunda dan Ayah.




Ini hasil Alat MI Identification Tool punya Azkiya
Berdasarkan hasil jawaban yang telah Bunda dan Ayah isi, maka diketahui bahwa saat ini Si Kecil memiliki KECERDASAN YANG MENONJOL dengan URUTAN Interpersonal, kinestetik, visual spatial, linguistik, intrapersonal, logical matematik, naturalis.

Ini hasil Alat MI Identification Tool punya Umar
Berdasarkan hasil jawaban yang telah Bunda dan Ayah isi, maka diketahui bahwa saat ini Si Kecil memiliki KECERDASAN YANG MENONJOL dengan URUTAN naturalis, linguistik, logical matematik, visual spatial, interpersonal, kinestetik, intrapersonal.
Setelah mengetahui Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Si Kecil, kini saatnya kita merencanakan, menstimulasi dan menyeimbangkannya dengan menggunakan Rencana Bermain MI Morinaga (Morinaga MI PlayPlan), agar Si Kecil dapat mengembangkan seluruh potensinya secara maksimal. Rencana Bermain MI Morinaga (Morinaga MI PlayPlan) ini akan sangat membantu Bunda dan Ayah, terutama untuk Bunda yang  bekerja, karena dengan rencana ini Bunda dan Ayah dapat tetap merencanakan dan menstimulasi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Si Kecil, bahkan dengan bantuan pengasuh.

Bagaimana Caranya?
Lihat hasil dari Alat Identifikasi MI Morinaga (Morinaga MI Identification Tool), dikombinasikan dengan pengamatan sehari-hari dari Bunda dan Ayah terhadap si Kecil.
Perhatikan urutan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Si Kecil yang masih kurang dominan/ kurang menonjol, kemudian pilih Ide Bermain MI Morinaga (Morinaga MI Play Ideas) yang telah disediakan, untuk dimasukkan ke dalam Rencana Bermain MI Morinaga (Morinaga MI PlayPlan).
Bunda dan Ayah juga dapat menggunakan Area Cetak MI Morinaga (Morinaga MI Printables) sebagai aktivitas pendukung.
Mari kita membuat Rencana Bermain MI Morinaga (Morinaga MI PlayPlan).

Naah trus selanjutnya main deh...bareng-bareng aja lah Umar dan azkiya mainnya biar sekalian :) permainan yang dipilih adalah  membentuk pasir garam, menggunting dan mewarnai, membuat urutan kegiatan. Seru sih ada kebersamaannya juga. Serius amat sampe ga nyadar dipoto...


Membentuk pasir garam
menggunting dan mewarnai

membuat urutan kegiatan

Cobain deh moms...seru...:) kunjungi aja morinaga multiple inteligence playplan 

Wassalam
http://puteriamirillis.blogspot.com/p/daftar-isi.html

7 komentar:

Lidya Fitrian mengatakan...

bermain & belajar jadi seru dengan Morinaga MiPlan ya

Nophi mengatakan...

udah coba mbaaa, seru ya banyak ide bermainnya thanks for sharing :)

ninda mengatakan...

jaman kecil saya gak minum susu formula sih mbak pas agak gedean baru minum lagi

Leyla Hana Menulis mengatakan...

Seru ya anak2 jadi ada kegiatan yg bermanfaat.

Obat Herbal Penurun Panas mengatakan...

Which can indeed learn from the internet saja.Media easiest way to seek knowledge .

isnuansa mengatakan...

Seru ya Mbak, kalau ada dua anak gini, jadi ketahuan banget kalau tiap anak itu unik, karena setelah ditest, masing-masing beda kecerdasan. :)

Mr. Howto mengatakan...

Susu produk morinaga emang bagus.