Selasa, 01 November 2011

Dear Pahlawanku : Tantangan Menulis Surat


Semangat pagiiii…..

Hai kawan bagaimana weekend kalian? Tentu menyenangkan ya, sebagaimana Saya kemarin yang akhirnya makan bubur ayam bareng my soulmate setelah dia menjemputku dari pengajian ahad pagi, buburnya enak deh.

Btw, denger-denger Iyha dan Lozz akbar juga si Pu mau adain acara tuh pada tanggal 10-12 November 2011. Katanya sih tantangan yang digelar adalah menulis surat untuk pahlawan yang memang jatuh pada tanggal 10 November. Untuk pendaftarannya pada tanggal 10-12 November di blognya Iyha.
Tapi sebenarnya bagaimana ya surat itu? Ah, coba kita bahas yuk!

Menurut Sikka Mutiara Silmi, 2004 Surat adalah sehelai kertas atau lebih yang digunakan untuk mengadakan komunikasi secara tertulis. Adapun isi surat dapat berupa pernyataan, keterangan, pemberitahuan, laporan, permintaan, pertanyaan, sanggahan, tuntutan, gugatan, protes, dsb. Wah banyak ya yang bisa ditulis dalam sebuah surat. 

Bener sih, saat ini dengan alat komunikasi yang semakin canggih orang mulai meninggalkan surat yang dikirim melalui pos. Tapi tetap saja surat yang dikirim melalui pos tetap punya daya tarik sendiri apalagi ketika melihat bahwa surat itu memiliki nilai sastra yang tinggi sebagaimana surat-surat RA. Kartini untuk teman Belandanya, Surat-surat Kahlil Gibran, dll.

Fungsi surat pun ada beragam yaitu sebagai sarana komunikasi, sebagai wakil dari si pembuat surat, sebagai bahan bukti, sebagai sumber data, sebagai bahan pengingat, sebagai jaminan, sebagai alat pengikat, sebagai alat promosi, dan surat pun dapat menjadi alat penghematan dimana surat dapat menghemat tenaga, waktu dan biaya dimana selembar surat telah dapat mewakili kedatangan pembuat surat secara nyata.
Surat pun dapat melatih kita untuk mengungkapkan pendapat secara runtut dan sistematis jadi sebelum kita menuju bentuk karangan yang lebih serius seperti karya ilmiah, opini, essai, dsb ada baiknya kita berlatih terlebih dahulu dengan menulis surat. 

Contoh Surat untuk Mama:

Assalaamualaikum wr.wb
Salam takzim dari anakmu Mama.
Ma, melalui surat ini Puteri ingin berucap sebuah kata yang mungkin tak pernah tersampaikan secara lisan karena mungkin aku tak mampu berkata-kata. Terimakasih atas jasa mu selama ini. Mendidik, mengayomi, menjaga, membela semuanya tentang kami anak-anakmu.

Ma, masih teringat bagaimana kau harus berjuang mencari rejeki dengan pergi pagi-pagi untuk merias penganten di sebuah acara dan dalam sehari kau bisa merias beberapa sekaligus sehingga pulang pun sudah larut malam.

Ma, masih teringat bagaimana engkau membantuku ketika aku masih labil dahulu. Membantuku untuk bisa bangkit dan berjuang meraih segala cita-citaku. Jika tidak atas semangatmu aku takkan bisa menjadi seperti saat ini. Walau terkadang pula aku seperti tak peduli dengan nasihatmu, mungkin karena merasa diri ini benar namun setelah itu justru aku yang menyesal karena aku memang salah.

Sekian dulu surat dari anakmu.
Puteri Amirillis

Surat-surat penting dalam hidupku

surat lamaran dari my soulmate ada 8 lembar halaman folio loh berisi hal-hal yang ia ungkapkan tentang dirinya, keluarganya dan calon istri idamannya, membuat ku ehmm...

surat dari seorang murid ketika aku PPL Akta mengajar di SMP 8

surat keterangan telah lulus di BPK RI, alhamdullillah.


Nah, kira-kira seperti itu teman. Kamu terinspirasi dan punya ide untuk menulis surat. Ayo dong dibuat dan daftarin karya kamu di blog iyha yang linknya ada di atas.Baca juga daftar isi.

Sumber data: Panduan Lengkap Menulis Kreatif karya Didik Komaidi hadiah dari Pakdhe Cholik karena book review cup of tea for single mom jadi juara di kontes Book Review nya Pakdhe.



22 komentar:

dhenok habibie mengatakan...

dhe tak sabar menunggu tanggal 10 mbak Pu.. ada salah satu surat yang memang sedang pengen ditulis untuk seseorang.. hehe :D

ketty husnia mengatakan...

selamat pagi juga mbak Pu,..
senang sekali mendengar kabar baik ini..semoga sukses perhelatannya kelak.
saya juga baru Ngeh,..kalo mbak Pu, berjuang di kantor BPK ya?? hmmm
dan soulmate-nya mengajukan proposal berisi 8 halaman?? wah, bisa dibuat cerpen tuh hehehe
juga selamat (shake hand dulu nih..) atas kemenangan kontesnya di Pakdhe Cholik..:)
semoga hari yg dijadwalkan, saya bisa berpartisipasi ..:)

meilya dwiyanti mengatakan...

8 halaman untuk surat lamaran??

mbak Pu, kalo saya udah kelepek kelepek dikirimin surat lamaran 8 halaman folio..

romantis euy...

smoga menang ya mbak Pu..

lagi enggak mood ikutan apa apa neeey... hehehehhehe

Tarry KittyHolic mengatakan...

Smoga masih bisa ikutan hikz

the others mengatakan...

Wah akan ada kontes lagi ya? Kali ini aku bisa ikutan gak ya..? #mikir

catatan kecilku mengatakan...

Di BPK ya? Pernah dinas ke Kota Madiun gak?

ria haya mengatakan...

wow 8 lembar!! mantabz
jadi ingat jaman belum mengenal email, surat2an ma sahabat jaman sekulah pake kertas surat yg wangi hahaaha, sekarang entah d mana surat2 itu?

Nia mengatakan...

wahhh ada kontes lagi yach mbak....mudah2an bisa ikutan ....

Miss 'U mengatakan...

*mencium ada bau kontes lagi.. :D :D

wew.. surat lamarannya banyak lembar banget ya mbak... itu yg banyak cerita diri dan keluarganya atau kriteria istrinya? hehehehe...

arr rian mengatakan...

Ayoook ikutan..eh minta contoh surat suaminya dong..#plaks!

sheno monkey mengatakan...

asik, ikutaaaan! hihi :D well romantis sekali ya suaminya. majikan sheno juga dapat 8 surat dari pasangannya. kapan-kapan sheno share :D

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

pahlawanku siapa ya, bingung mau nulis suratnya mbak

honeylizious mengatakan...

hani kemaren malah langsung bikin dan daftar rupanya tanggal 10 baru boleh dipajang, tak simpan ke draft lagi deh :D

riez mengatakan...

Amunisi buat kontes udah siap tinggal kokang dan eksekusi saja...thanks ya buat contoh suratnya

nurlailazahra (sarah) mengatakan...

surat nikahnya ga disertakan mbak? penting juga kan tuh, sbg penanda kl mbak Pu dah ada yg punya :D

mandor mengatakan...

menimba ilmu disini untuk menulis surat. Semoga saya bisa mengikuti kontesnya mbak Iyha

mabrurisirampog mengatakan...

mau nyari perangkonya dulu deh, secara ini surat buat pahlawan, jadi harus nyari perangko yang paling bagus... hehe

muamdisini mengatakan...

wow..surat cintanya ditulis 8 lembar mba?!
itu spasinya brp sama font apa dengan ukuran berapa?..hehehehe udah kaya bikin makalah aja deh mba..hehehe

21inchs mengatakan...

surat cinta bgm?

Nchie mengatakan...

Jadi inget waktu abegeh..
Jaman surat2an Pu..

Insyaallah mau Ikutan..
Bebaskan pahlawannya siapa aja?

Eh makasih,kemaren juga kita dapet surat dari Pu..

Gaphe mengatakan...

nah loo.. udah dikasih teorinya, udah dikasih cntohnya.. kurang apa lagi coba?. ayoo ikutan konteesnyaah!. *ngeprovokatori, tapi gak tau ntar bisa ikut apa nggak. hehehe

semoga bisa

Nia Angga mengatakan...

pengen ikut ahh... udah dua hariini ga bisa tidur mikirin mo nulis apa buat kontesnya mbak puteri :))