Minggu, 29 Januari 2012

Waktu Tidur

Bukankah sebuah kewajaran jika di malam hari kita akan merasakan kantuk. Jangan terpaku dengan pekerjaan selalu, atau terpaku dengan sosial media di internet ataupun juga dengan bacaan dan film yang kita gemari. Istirahat akan mengurangi mata dari rasa lelah. Istirahat adalah fitrah manusia. Jangan berpikir dengan berjaga terus kita akan hebat. Justru dengan berjaga selalu, kita meniadakan fitrah yang telah Allah berikan pada kita, yaitu manusia yang membutuhkan istirahat dan berbeda dengan Allah yang tak pernah istirahat.

Waktu tidur manusia di malam hari adalah dari pukul 21.00 hingga pukul 2.00 pagi. Itu adalah waktu yang tepat bagi sifat alami tubuh manusia. Tidur pada setelah pukul 2.00 tidak akan membuat tubuh segar. Jadi benarlah bahwa Allah memberikan waktu untuk sholat tahajud pada sepertiga malam terakhir, bukan pada sepertiga malam pertama dan kedua. Hal itu disebabkan pada sepertiga malam terakhir tubuh kita sudah cukup merasakan istirahat.

Yuk mencoba tidur sejak pukul 21.00 dan bangun pukul 2.00. Diupayakan, jika ada pekerjaan yang mendesak dan hanya dapat dikerjakan di waktu malam apa boleh buat?

Tidak ada komentar: