Selasa, 27 Maret 2012

One Clear Voice



Ya, aku tahu kamu tahu bahwa itu adalah judul dari tembang lawasnya Peter Cetera. Sebuah inspirasi mini bagiku di malam ini. Dalam salah satu liriknya "one clear voice, whispers words of wisdom". Sebuah kebijaksanaan dari kata-kata yang jelas, terdengar oleh kita, di telinga kita. Apalagi kalau bukan kata hati, suara dari dalam diri kita sendiri.

Sebelum lebih jauh membicarakan tentang satu suara yang jelas ini, aku hanya ingin menanyakan, seberapa dekat dirimu dengan dirimu sendiri. Di tengah-tengah keberisikan dunia dengan segala "rupa-rupa nya" yang luar biasa. Lalu kembali tanyakan lagi, seringkah kau tinggalkan kata hatimu. Mudahnya begini, ketika kau merasakan tidak enak sebelum melakukan sesuatu dan pikiranmu mengatakan "jangan" kerjakan, maka kau akan lanjutkan atau kau ikuti hati dan pikiranmu lantas berhenti tak melanjutkan.

Aku hanya manusia biasa yang pernah salah dan pernah tak tepat menentukan arah. Ada saat pikiran dan hati sedang tenang, maka akan kuikuti suara-suara dari dalam itu, suara hati itu. Tapi disaat lain, pernah pula aku menolaknya lantas melakukan saja apa-apa yang sudah dilarang suara itu, dan hasilnya memang nihil ataupun malahan gagal. Nafsu manusia yang membuat seperti itu. Nafsu ada yang baik dan ada yang buruk bukan? Jika tak ada nafsu maka kita malaikat, bukan manusia.

Seperti saat ini, di saat aku masih betah menjalankan hari-hariku sebagai seorang istri, ibu, perempuan bekerja di pemerintahan. Insya Allah semua ini kulakukan dengan sepenuh hati dan jiwa, lahir dari one clear voice dari dalam diri, karena memang itu keinginanku. Entahlah, aku belum terpengaruh hingga saat ini untuk meninggalkan kesemua itu. Mungkin yang bisa ditinggalkan hanya sebagai perempuan bekerja itu ya, tapi entah mengapa dan bagaimana, aku belum terpikirkan untuk menjadi FTM walaupun aku tahu FTM itu sebagai pilihan, sebagaimana bekerja di kantor pun juga sebuah pilihan. Biarlah semua masih berjalan apa adanya. Mengerjakan yang terbaik dari diri kita.

Aku sendiri masih heran, mengapa sampai saat ini masih banyak yang terjebak hanya dengan wacana. Wacana sebagai ibu, mau menjadi FTM atau ibu bekerja. Kupikir semua tergantung orangnya dan apa pilihannya. Jalani semua konsekuensi tanpa banyak mengeluh dan banyak berwacana. Kebanyakan berwacana malahan pusing sendiri dan ga jalan-jalan.Mari kita jadikan diri ini sukses dengan semua pilihan kita. I wish, amiiin.
One Clear Voice, Calling out for me to listen
Seringkah kita mengalami, hari dari pagi hingga siang rasanya suntuk aja. Mau mengerjakan apa-apa ga beres. Tidur, adalah sebuah waktu untuk kita meng "clear" kan lagi semua di dalam diri kita. Seringkali kita menyepelekan tidur 15 menit di siang hari itu, padahal ia sangat berarti bagi tubuh kita. Tubuh kita akan mempengaruhi terdengar atau tidaknya one clear voice atau suara hati kita itu. 
Aku sebenarnya ingin menutup rapat-rapat wacana FTM atau ibu bekerja di tulisan ini tapi mengapa akhirnya mengarah kesitu juga yaaa? apakah karena kutahu akan ada banyak wanita yang memikirkan hal ini, memilih mau menjadi FTM atau ibu bekerja yaaa? Semua pilihan sis, and its all up to you. Semua pilihanmu dan semua suara hatimu. Jangan pernah menolak suara hati, one clear voice.

10 Maret, karena ini adalah tanggal lahirku bareng mbak mira, begitu istimewa. Orang-orang yang lahir pada tanggal ini katanya juga istimewa (halah!). Dari banyaknya orang yang kukenal maka rata-rata memiliki instuisi yang kuat. Entahlah. One clear voice berarti intuisi? Maybe...

Saat ini aku hanya memiliki sebuah cita-cita sederhana yaitu aku ingin selalu dapat bermanfaat bagi orang lain dan juga bermanfaat bagi diriku sendiri, dengan caraku sendiri tentunya. Bermanfaat bagi orang lain tentu banyak caranya, dan itu rahasia. Namun ada satu hal aku amat suka mendengarkan orang lain dengan berbagai persoalannya. Suka dicurhati. Sedang bermanfaat bagi diri sendiri dengan cara banyak-banyak mengasah pikiran, hati dan perilaku untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari. Itu saja, so simple. Aku sederhana dengan segala pemikiran yang sederhana, tapi justru yang sederhana itu bisa jadi bisa mengglobal.

Semua lahir dari one clear voice. Dan satu lagi, berdoa meminta petunjuk dari Allah yang maha melindungi, dia yang disembah dan kita bergantung padanya. Amiin, sama-sama yuuuk.

Buat mbak mira sayang, i give it all for you. Sukses selalu.

"Tulisan ini sebagai Inspirasi untuk Catatan Hati 10 Maret 2012 - @yankmira #1 Giveaway"

27 komentar:

HP Yitno mengatakan...

Kata hati bener-bener murni dan tak ternodai. Dialah temen kita. Dia nggak terpengaruhi oleh hal negatif. salah satu lawan kata hati adalah pikiran negatif yang dikendalikan nafsu.

Dengarkanlah kata hatimu sobat.

Nia Angga mengatakan...

Hebat.. Very inspiring.. Semoga menanggg

spirulina pacifica mengatakan...

meskipun lawas bgt...
tapi enak didenger kok...

Ririe Khayan mengatakan...

dari pagi hingga siang rasanya suntuk? bikin kacau kalau kayak gitu, lebih baik keluar sebentar hirup udara segar agar suntuknya hilang..

Mantap Mbak, semoga sukses GAnya ya:)

@yankmira mengatakan...

Peluk Pu...tulisan ini sangat mengalir dan istimewa. makasih atas partisipasinya ya Pu sayang. :)

Orin mengatakan...

Aih, keren seperti biasanya Pu ;)
Gudlak ngontesnya ya neng *peyuk kangeeen*

Yunda Hamasah mengatakan...

Pu, selamat hari lahir ya, semoga barokah semuanya :)

Tulisan ini begitu mewakili isi hati, disajikan dengan smart sehingga terasa sampai ke hati. Gudlak ya...

WaroengBlogger mengatakan...

hehe.. kok bisa bareng gitu ya.. janjian lahirnya ya mbak, hihi..

cita-cita sederhana tapi besar hakikatnya, karena bermanfaat bagi orang lain itu luas cakupannya dan setiap orang berbeda perlakuannya.

inspiratif.
terima kasih sudah berbagi mbak Puteri
salam

mimi RaDiAl mengatakan...

dari dulu mimi jg udah berpikiran spt itu, kenapa musti meributkan mau jd FTM or Ibu pekerja, toh semua pasti ada alasanya. skrg mencoba menjalani apa yg sdg ada aja, berusaha sebaik2nya atas apa yg sdh menjadi pilihan.

smg semua amanah ya bun...
sukses buat GA nya dan smg menang :D

cii yuniaty mengatakan...

sipp....
sukses GA'nya mba PU :)

Niar Ci Luk Baa mengatakan...

ntar kalau niar udah nikah mau nya kerja di rumah tapi yang bisa menghasilkan mbak put *tink... :D

sukses GA nyaa yaa mbak put

Niar Ci Luk Baa mengatakan...

ntar kalau niar udah nikah mau nya kerja di rumah tapi yang bisa menghasilkan mbak put *tink... :D

sukses GA nyaa yaa mbak put

achoey el haris mengatakan...

lagu pun bisa menginspirasi kita
indah

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

semua itu pilhan ya mbak hrs bisa dijalani

ke2nai mengatakan...

hihiih... postingan kita rada2 mirip nih.. Utk GAnya mbak Mira ini sy juga bikin postigan ttg FTM & wanita karir.. Yup sy setuju, kembalikan lagi ke hati kita deh :)

http://bundabelajarmenulis.blogspot.com

jiah al jafara mengatakan...

jalani hari dengan semangattt !!
kadang juga suntuk ^^

sukses buat GAnya :D

Lizzy mengatakan...

Menjadi FTM adalah impian, tapi menjadi ibu bekerja bagiku adalah sebuah keharusan. Karena di tangankulah masa depan anakku, mbak.

maminx mengatakan...

dari pagi ampe siang kalau suntuk, keluar sejenak hirup udara segar..betul banget itu

bahkan kalau bisa sering-sering hirup udara segar supaya lebih rileks ;)

sukses GA nya

dhenok habibie mengatakan...

ternyata jadi ibu pekerja itu benar-benar sebuah perjuangan yaa mbak.. dimana-mana, impian setiap ibu itu pastilah menjadi FTM.. tapi yakinlah, pilihan yang sedang mbak Pu ambil pun, ini semua demi mereka.. buah hati yang sudah membuat hidup mbak Pu menjadi lebih sempurna.. peluk cium untuk Umar dan Azkiya ya mbak Pu.. untuk mbak Pu juga.. :)

Indra Kusuma mengatakan...

Karya yang memberikan inspiratif Mba.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

R10 mengatakan...

saranku pilihlah yang sesuai dgn sunah rasul itu saja :)

Uchank mengatakan...

Ikutan GA ya mbak :D
good luck :)

kata2nya ramuannya enak :D

Lyliana Thia mengatakan...

Oot... Puuu apa kabar?
Pu maap ya komenmu dulu gak kubales.. aku kmrn lagi malas sekali bukan lappy or kompie.... nyaris sebulan nggak online...

gmana kmrn jd ke bookfair kah? :-D

btw, FTM atau ibu bekerja memang semua itu pilihan... seharusnya memang nggak dibanding2kan, karena hidup seseorang sudah diatur Allah toh.. jalani saja...

semoga sukses GA nya ya Pu..

Diandra mengatakan...

aq suka suara khasnya Peter Cetera

salam kenal ya...
good luck GA nya...

cara pembelian jelly gamat luxor mengatakan...

Peter Cetera...suaranya itu sesuatu banger yeah...

jay boana mengatakan...

masih asing nih ama lagunya

duta pulsa mengatakan...

sukses ya mbak