Kamis, 14 Juni 2012

Jagalah Nikmat Tuhanmu

Allah dalam Qs. Al Baqoroh, 2 : 168 sudah memerintahkan bahwa
  " Wahai manusia ! makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh setan itu musuh yang nyata bagimu".

Ya, kita diperintah untuk memakan makanan yang halal. Serta diperintah untuk tidak mengikuti langkah-langkah setan. Makanan yang halal tentu baik untuk tubuh. Makanan halal diperoleh dari rezeki yang halal. Makanan halal membuat kita lebih mudah menjauhi langkah-langkah setan.
Jika Al Quran dan As Sunnah sudah ditinggalkan maka kejadian apapun bisa terjadi di muka bumi. Ya, apapun yang judulnya mengikuti langkah-langkah setan.  Dalam hal apapun setan takkan pernah jemu menggoda manusia untuk mengikutinya. Mengajak manusia untuk menemaninya di neraka pada akhir nanti.

Kita tahu, tubuh kita adalah nikmat dari Allah. Kebutuhan tubuh kita adalah makanan dan minuman sebagai bahan bagi tubuh untuk mengganti sel-sel yang telah mati. Ya, setiap hari sel-sel tubuh kita meregenerasi. Setiap bagian tubuh kita bertasbih pada Allah, sehingga sel-sel tubuh tentunya berharap agar bahan pembentuknya adalah makanan dan minuman yang halal. Jika makanan dan minuman pembentuknya tidak halal, lantas bagaimana bisa bertasbih. Dan jika sel-sel tubuh kita saja tak mau bertasbih bagaimana pula kita akana tergerak untuk bertasbih. Yang ada mungkin kita justru semakin jauh meninggalkan Allah dan mengikuti langkah setan.

Itu baru menjaga tubuh dari dalam. Bagaimana dengan bagian luar tubuh, yang bisa dilihat oleh manusia. Allah menyukai keindahan dan suka dengan sesuatu yang indah. Apalagi jika keindahan itu berasal dari makhluknya.

Akhlak yang baik. Sikap dan perilaku yang terpuji tentunya disukai oleh Allah. Sikap yang baik akan membuat seluruh makhluk di muka dan dalam bumi dan seluruh jagad raya ini memberikan doa kepada manusia tersebut.

Lalu bagaimana dengan kecantikan?

Hmm, ini yang sulit. Khususnya bagi perempuan ini dianggap penting. Ini dianggap nikmat Tuhan. Ini dianggap sesuatu yang esensial bagi jati dirinya. Sesuatu yang membuat kepercayaan diri itu muncul. Apalagi jika banyak yang memuji bahwa seseorang itu cantik.

Standar kecantikan seringkali banyak dipengaruhi oleh orang lain. Oleh trend. Padahal setiap perempuan itu cantik. Apa yang menyebabkan dia cantik? Dari ketidakbutuhannya untuk disebut cantik, namun ia tetap menjaga diri dan merawat dirinya dengan niat untuk menjaga nikmat Tuhannya. Ia menjaga diri dari kata-kata kasar, ia menjaga diri dari menyinggung perasaan orang lain, ia menjaga diri dari sikap sombong, ia menjaga diri dari keinginan untuk disebut cantik.

Semisal begini, seorang perempuan, ia sudah berdandan habis-habisan untuk mengupayakan kesan cantik dan pujian dari orang lain lalu tiba-tiba tanpa ia sangka dan ia duga muncullah perempuan lain yang lebih dianggap cantik dan lebih dianggap muda dari dirinya lalu mendadak ia menjadi ciut hatinya. Menjadi tak bersemangat dan akhirnya tidak percaya diri. Hilang sudah kecantikannya.

Itulah mengapa penting untuk menjaga inner beauty yang satu itu. Merasa mantap dengan diri sendiri, menjaga dan merawat diri dengan niat hanya untuk menjaga nikmat Allah semata. Maka jangkauan kecantikannya tak berbatas dan tak lekang oleh waktu.

Sebenarnya merawat dan menjaga tubuh itu tidak sulit dan ikutlah kelamiahan tubuh itu. Kalo aku sukanya yang alami aja. Sst, berikut rahasianya:
  1. Setiap pagi aku mengupayakan untuk minum perasan lemon dengan air hangat ditambah habatussauda. Vitamin c dari lemon membuat badan segar, membersihkan ginjal dan usus. Habatussauda dipercaya bisa membuang racun dari tubuh dan mencegah penyakit;
  2. Aku juga mengupayakan untuk masker tomat atau timun ke wajah setiap pagi, yang akan membuat wajah lebih segar dan katanya bisa menghilangkan atau setidaknya menyamarkan noda-noda di wajah;
  3. Aku selalu mengoleskan body lotion ke seluruh kulit tubuh, tak hanya tangan dan kaki, sehabis mandi yang akan cepat mengganti sel-sel kulit yang telah mati;
  4. Aku selalu memakai cream wajah yang mengandung SPF 15, bedak marcks, dan lipcare sebagai vitamin bagi bibir. Dan hal itu diulangi setiap habis sholat;
  5. Aku membersihkan wajah sebelum tidur dan memakai krim malam yang akan mengganti   sel-sel kulit wajah ketika kita tidur;
  6. Aku mengupayakan olahraga setiap hari, tapi yang rutin adalah pilates seminggu sekali. Penting juga untuk menggunakan barbel sehingga lebih cepat membuang kalori;
  7. Jaga makanan, walaupun sering bocornya. Kita yang tahu dan mengenali tubuh kita sendiri saat-saat usus kita sudah penuh maka makanan harus dikurangi;
  8. Mengupayakan untuk minum jus pepaya setiap hari untuk melancarkan pencernaan;
  9. Minum air putih 2 liter perhari;
  10. Tidur yang cukup;
  11. Senantiasa berpikir dan melakukan sesuatu, kalo bengong ga sehat;
  12. Bangun pagi;
  13. Berdoa dan berupaya pikiran dan hati selalu tenang.
Itu saja, sederhana bukan. Yah namanya juga sudah 30 tahun harus menjaga semuanya. Semoga ketika aku kembali pada Allah nanti, Allah menyukai usaha ini amiin.

Wallahu'alam























13 komentar:

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

detoks menggunakan perasan air jerukya mbak,awalnya sih agak2 mules :) tapi kelamaan pasti terbiasa

Irma Devi Santika mengatakan...

wah tipsnya boleh juga.
kalo saya mungkin point bengong masih ada, makanya suka agak2 ga enak badan sama pikiran. hehehe.. harus dihilangkan bengongnya ni :)

irmarahadian mengatakan...

bedak marck y mba...
sama donk, hehehe

HP Yitno mengatakan...

Kalau mau cantik luar dalam, kuncinya sederhana. Jaga sikap dan perkataan. Dan basuhlah mukamu dengan air wudhu sesering mungkin.

ke2nai mengatakan...

tiap pagi sy juga minum segelas air hangat & perasan jeruk lemon tp blm pernah di kasih campuran apa2 lagi.. Nyobain ah tipsnya :)

deadyrizky mengatakan...

bener banget nih
terutama yang minum airnya
setelah sering minum air
badan jadi enteng gituh

Yunda Hamasah mengatakan...

Mensyukuri dengan menjaga ya Pu :)

Tidur yang cukup itu relatif ya Pu :)

Trica Jus mengatakan...

berbagi kata2 gan,
Seorang pemenang yg sesungguhnya adalah ketika dia mampu melawan amarahnya dgn kesabarannya,dan memaafkan dgn ketulusan.
semoga dapat bermanfaat dan di terima ya, salam kenal :D

Outbound di malang mengatakan...

salam gan ...
menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
di tunggu kunjungan balik.nya gan !

jus manggis xamthone mengatakan...

berbagi Kata Kata Motivasi
Banyak wanita hanya mengikuti style rambut yang saat ini sedang trend, populer atau style aktor idola mereka, tapi tdk sesuai dgn wajah.
semoga bermanfaat, salam kenal dan sukses selalu yah,

Nia Angga mengatakan...

subhanallah..
pantes mbak puteri cantik bangettt

model busana muslim mengatakan...

good posting mbak.. :)
salam... :)

Lopce Simoes mengatakan...

Very nice posting, Me like it.

Selamat Berbulan Puasa Mbak. Bless