Minggu, 27 Januari 2013

Catatan Perjalanan: Ngeteng Bareng Anak ke Kebun Raya Bogor

Assalaamu'alaikum Wr.Wb

Jadi ceritanya Sabtu kemarin kita sekeluarga pergi ke Bogor menuju Kebun Raya Bogor ngeteng, naik kereta. Sejak beberapa hari sebelumnya udah bilangin ke anak-anak kalo kita mau naik kereta ke Bogor. Tadinya mau pergi hari Kamis kan kebetulan libur tapi ga jadi karena hujan kalo ga salah. Jadilah kata Abi kita berangkatnya Sabtu aja. Kebetulan hari Jumat malam mba Moh pulang kampung, jadilah kita cuma berempat ke Bogornya.

Awal pagi-pagi (ga pagi banget sih sekitar jam 8 lah) kita persiapan. Beli KFC pinggir jalan 3 potong dan Air mineral Ind*mar*t @1,5 liter 2 botol untuk bekal makan dan minum disana. Gue bikin mie ijo yang healthy mie, umar doyan soalnya. Kalo Azkiya cuma mau minum milo aja. Ternyata mie ijo masih bisa dibawa ke Bogor, sisa makan Umar karena porsinya emang gede.

Kita siapin juga baju ganti anak, payung 2 (payung besar 1, payung lipat 1), plastik kresek, terpal untuk  tiker (bisa dilipat kecil soalnya) dan tak lupa mainan pesawat terbang dan burung dari gabus untuk mainan di sana. Semua dimasukkin dalam tas ransel besar. Tak lupa tas ranselnya ditutup biar ga basah kalo ujan.

Persiapan setengah beres, anak-anak dimandiin, pake baju kaos dan celana pendek aja, biar ga susah kalo harus ke toilet nanti. Selesai semua persiapan, jam 10 kita berangkat.



Menuju halte metromini 49 jurusan Manggarai Rp 10000 untuk 4 orang. Sesampainya di Manggarai langsung beli tiket Commuter jurusan Bogor Rp 9000 per orang jadi total Rp 36000.



Nunggu kereta di peron, sempet duduk terus berdiri karena ada peringatan kereta akan datang. 



Di kereta, karena gw gendong Azkiya dikasih kursi ama penumpang. Di priority seat. Jadi di setiap gerbong commuter ada priority seat, hanya ada 6 seat. Priority seat khusus bagi lansia, penyandang cacat, wanita hamil, dan wanita yang membawa anak.


Alhamdullillah ada penumpang yang sadar dengan prioritas ini, soalnya kalo ga sadar akan cuek aja tuh. Gue mangku anak-anak dua-duanya, abinya berdiri. Ga begitu jelas sih fotonya.



ini suasana di kereta, ada penumpang yang bawa bahan

Sampe Bogor kurang lebih sejam. Kita langsung keluar stasiun, duduk bentar buat minum. Terus lanjut cari angkot ke Kebun Raya Bogor, tanya ke seseorang katanya bisa naik angkot 02 turun di deket BTM, terus lanjut jalan ke Kebun Raya Bogor. Udah berasa hawa sejuk Bogor, beda lah ya ama Jakarta.


Sampe gerbang Kebun Raya Bogor, Alhamdullillah.


Beli karcis, seorang Rp 9500, jadi total Rp 38000.


Begitu masuk Kebun Raya Bogor, anak-anak dah kelaperan lanjut cari tempat untuk makan akhirnya dapet di tepi danau. Lumayan dekat dengan musium zoology karena emang tujuan kita mau ke musium zoology.

Makan di suasana kaya gini bikin laper...

anak-anak makan buanyaaakkk...abis itu mereka main pesawat gabus yang udah dirakit abi....

lari-larian...ampe ada kejadian burung gabus azkiya mo dimakan kucing..hehe

ini pesawatnya....

abi asyik banget menikmati udara terbuka...sambil tidur setelah main pesawat ama anak2.
Selesai makan dan ngaso kita lanjut sholat Dzuhur di musola. Di sini ketemu padang luas lagi, anak2 larian lagi dan mainin batu.






Selesai sholat, langsung ke musium zoology...gue ga poto dalemnya...suasananya binatang semua gitu,,,agak mencekam, maklum musium, tapi umar suka, ada tulang ikan paus biru soalnya dan ada badak pula yang katanya badak terakhir di jawa...




Selesai liat-liat musium Zoology, umar pipis, begitu selesai hujan lebat. Panik..buka payung dan kita jalan deh diputuskan untuk pulang. Keluar kawasan Kebun Raya Bogor lewat pintu masuk kita tadi. Begitu setengah perjalanan, hampir sampe di BTM hujan reda, payung pun ditutup. Abi bilang kita jalan kaki aja yuk ke stasiun...oke deeeh...


Uda mau deket stasiun, ngelewatin KALMO alias kaki lima modern. Sejenis pasar kaget lah gitu...


Sampe stasiun beli karcis, berhubung karcisnya sama harga dan penampakannya kaya tadi berangkat males dipoto lagi...hehe
Ini nunggu kereta commuter yang belum ada juga...anak2 kehausan, alhamdullillah bawa air 3 liter...


Udah di dalam commuter, alhamdullillah karena masih kosong bisa pilih priority seat lagi...anak-anak pada tidur di kereta, kecapean kayanya...


Sampe di manggarai, langsung sholat Asar, kita ga jamak tadi soalnya....
Setelah itu pulang, jalan kaki lagi ke terminal manggarai...


Begitu ada metromini 49 jurusan manggarai-pulo gadung langsung deh kita naik...


Alhamdullillah udah sampe Rawamangun lagi...lanjut kita jalan kaki lagi...pulang ke rumah....biar pegel yang penting seneng...
anak-anak setelahnya tidur dengan pulasssss....


Selesai deh...
Sekian dan terimakasih....
Wassalam
Pu

Baca juga daftar isi

13 komentar:

HP Yitno mengatakan...

Wah mengingatkan kita yang berpetualang di kebn raya bogor. Ngebolang dan tidur di jalanan lagi. Tempatnya asyik kan kak?

meilya dwiyanti mengatakan...

Seruuuuuuuuu.... hehhehe asik ya, karena anak anak udah rada gedean gak gitu repot lagi kalo bawa anak anak ngeteng gituuhh.....

seruu... hehe foto fotonya kurang banyaaakk....

puteriamirillis mengatakan...

@HP Yitno yup..seruuuu...ngebolang hehe

puteriamirillis mengatakan...

@meilya dwiyantiiya mbak seru banget...pulangnya badan cape lgsng tidur..hehe

Dyah Ayu Purnama Sari mengatakan...

Lain kali ke kebon Raya Bedugul mbak
Asyikjuga lho.. :)

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

seru juga ya ke bogor ngeteng gitu

kids party mengatakan...

nice post :)

myra anastasia mengatakan...

keretanya bersih ya.. pengen deh sesekali nyobain ke Bogor naik kereta gitu

puteriamirillis mengatakan...

@Dyah Ayu Purnama Sariwah asyik juga nih dyah

puteriamirillis mengatakan...

@Lidya - Mama Cal-Viniya mba seru...

puteriamirillis mengatakan...

@kids partythanks

puteriamirillis mengatakan...

@myra anastasiacobain deh kapan2 mbak

vertical blind mengatakan...

asik ya, lebih asik ngeteng. lebih seru juga jadinya ^^