Rabu, 01 Mei 2013

Hari Buruh 1 Mei "May Day" is Maycet Day

Assalaamu'alaikum wr.wb

Setiap tanggal 1 Mei dunia memperingati Hari Buruh. Hari ini merupakan hari libur di beberapa negara yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Para buruh di Indonesia pun memperingati hari buruh.  Para buruh menuntut empat hal yaitu:


1.    menolak upah murah,
2.    memperbaiki sistem jaminan sosial,
3.    menolak kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) dan
4.    menghapus praktik outsourcing di perusahaan BUMN.

Saya berpikir tuntutan itu wajar saja. Kebutuhan hidup yang semakin tinggi seharusnya semakin menuntut pemerintah agar memberikan kesejahteraan bagi warga negaranya. Anggaran negara seharusnya dipergunakan bagi sebesar-besarnya kemakmuran warga negara. 

Pagi ini para buruh mulai berdatangan. Saya hendak berangkat ke kantor auditi sehingga melewati jalanan yang dipadati para buruh. Kantor auditi terletak di di Medan Merdeka Barat, kendaraan kami bergerak dari GatotSubroto arah ke Semanggi. Kendaraan lain sudah memadati jalan. Kendaraan kami pun belok kiri ke arah jalan Jenderal Sudirman.  Jalanan semakin padat merayap. Bis-bis dari Sarikat Pekerja yang akan berdemonstrasi semakin banyak yang bertumpuk di jalan. Membuat jalanan semakin penuh. 

Kami yakin jika tetap terus melewati Bundaran HI dan M.H. Thamrin maka kemacetan akan terus bersama kami. Demonstrasi Hari Buruh 1 Mei tak hanya akan digelar di Bundaran HI dan Gedung MPR/DPR tapi juga di Istana dan Kementerian Tenaga Kerja Dan Transmigrasi. 

Sampai di Dukuh Atas, kami pun belok kiri ke arah HotelSantika dan ternyata jalanan ini masih saja macet. Padat merayap. Sampai di Tanah Abang akhirnya lancar. Kami beranjak melewati Cideng Barat, ternyata jalanan agak tersendat kembali. Di jalanan kami bertemu para buruh yang akan menuju Istana Negara. Setelah melewati jalanan penuh kemacetan sampailah kami di jalan Abdul Muis, masuk lewat belakang kantor auditi.

Hidup Buruh Indonesia.
Selamat Hari Buruh 1 Mei.

Wassalam.

Baca juga daftar isi
 

5 komentar:

Hanna HM Zwan mengatakan...

selamat hari buruh :D

Untje van Wiebs mengatakan...

Maycet bener ya...
Aku seharian di Depok jadi gak tahu macetnya :P

puteriamirillis mengatakan...

@Hanna HM Zwanselamat hari buruh hana

puteriamirillis mengatakan...

@Untje van Wiebsiya un,,pas pagi...

duniaely mengatakan...

aku jarang ketemu macet di sini, sgt jarang :)