Senin, 17 Juni 2013

Pilates dan Body Balance

Assalaamu'alaikum wr.wb

Hai...semangat hari Senin temans. Bagaimana kabarmu hari ini? Mudah-mudahan semangat itu bersarang di hati dan pikiranmu saat ini dan seterusnya ya. Walau tak dapat dipungkiri bahwa sebagai manusia kita juga butuh semangat yang berasal dari sekeliling kita atau minimal kita juga perlu mencharge ulang semangat yang ada di diri kita setiap hari.

Bagi pu semangat untuk hari ini adalah rasa puas karena telah melalui hari demi hari kemarin dengan lancar walaupun tidak bisa dikatakan smooth. Ah, sejak mb moh yang mengasuh anak-anak pulang hingga dua tahun mendatang karena ada urusan penting, maka sejak saat itu masalah pengasuhan anak-anak dalam genggaman kami berdua, saya dan abinya. Kami mulai lagi full dengan pembagian tugas saya menjaga anak-anak di malam hari sedangkan abinya menjaga anak-anak di siang hari. Kebetulan jadwal kerja kami beda, saya pagi sampai sore sedangkan abinya fleksibel dan akhirnya abinya berangkat malam hari. Untuk soal masak, no kami tidak masak kecuali masak yang gampang semisal ceplok telor, bikin indomie, goreng risol (risolnya yang bikin mamaku, hehe), masak air. Bukan apa-apa sih, kami harus hemat tenaga, itupun disaranin abinya jadi untuk masakan kita beli aja. Lebih praktis dan ga akan membuat cucian piring menumpuk. Untuk beberes rumah saya yang menyapu sedangkan abinya ngepel. Untuk cucian saya menyetrika, abinya dan saya bawa cucian ke atas untuk dimasukin ke mesin cuci dan jemur. Untuk yang lain-lain fleksibel. Butuh kerjasama disini dan butuh kestabilan emosi. hehe...

Nah, demi pekerjaan yang banyak antara tugas rumah, pengasuhan anak, dan tugas kantor maka saya dan abinya harus punya olahraga yang memadai supaya badan kita ga cepet bobrok. Abinya memilih futsal untuk olahraga alasannya karena futsal itu adalah olahraga yang dijalankan bersama-sama jadi ga akan bikin bosen. sedangkan saya memilih pilates dan body balance. Mengapa? karena pilates dan body balance lebih cocok dijadikan olahraga untuk emak-emak. Fokus keduanya lebih kepada peregangan otot-otot secara maksimal dan ga ada sesi loncat-loncat beda ama aerobic yang cenderung loncat-loncat.

Apa beda pilates dan body balance? pilates lebih cenderung dilakukan dengan duduk dan berbaring di matras sedangkan body balance lebih cenderung berdiri memanfaatkan kekuatan otot-otot kaki. Tujuannya sama yaitu peregangan otot tapi cara kerjanya aja yang beda. Makanya digabungin antara pilates dan body balance. Terakhir setelah sesi pemanasan, inti dan pendinginan berakhir kita pun berbaring di matras dan disuru memejamkan mata dan memikirkan yang indah-indah dengan diiringi musik lembut. Semacam yoga. Setelah bangun kembali jadi deh, badan dan pikiran oke lagi siap untuk menjalani aktifitas kembali.

Penting loh temans bagi kita emak-emak terutama yang sudah berusia 30 tahun ke atas untuk ikutan kelas pilates, body balances dan yoga secara teratur. Manfaatnya banyak yang utama tentu saja badan yang sehat, pikiran yang jernih, dan tubuh yang stabil ga gemuk banget tapi juga ga kurus banget. Seimbang. Seperti yang kita tahu ketika berolahraga kita mengeluarkan semacam hormon yang membuat diri kita menjadi gembira, sedangkan jika tidak olahraga hormon itu tak keluar. Makanya mereka yang suka berolahraga cenderung lebih bahagia hidupnya. Analisa saya aja loh.

Ada juga cara lain untuk olahraga semisal menyapu dan gerakan sholat yang dilakukan secara benar juga olahraga. So, jangan lupa olahraga ya temans.

wassalam
Pu

Baca juga daftar isi

8 komentar:

Beta Widias mengatakan...

Aku juga pgn coba pilates. Kayaknya bisa mengatasi sakit panggung ya? Mahal gak ya?

puteriamirillis mengatakan...

@Beta Widiasaku ikut kelas bareng temen kantor mbak...jd murah, 100 rebu an per bulan

duniaely mengatakan...

dulu aku suka juga mbak pilates bareng dgn suamiku, 15 - 20 menitan di depan TV :)

Orin mengatakan...

aku udh lama kepengen yoga Pu, belom nemu tempat yg cucok T_T"

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

pilates belum pernah, tapi kalau yoga sudah pernah ikutan

puteriamirillis mengatakan...

@duniaelywah seru bgt tuh el

puteriamirillis mengatakan...

@Orinsemoga cepet ktemu ya rin

puteriamirillis mengatakan...

@Lidya - Mama Cal-Vinikutan lg ma...