Sabtu, 16 November 2013

Kiat Jitu Jadi Pelajar Teladan di Eropa ala Daus "Novel Negeri Van Oranje" (1)

Assalaamu'alaikum wr.wb
Berhubung saya lagi iseng saya bagi aja ya kiat jadi pelajar teladan di eropa ala daus di novel negeri van oranje. Novel ini mengisahkan haru biru nya petualangan kocak lima mahasiswa Indonesia di Belanda. Saya cuma nulis ulang doang. Kalo ada yang butuh tips ini monggo...:)

1. Menjawab Pertanyaan Dosen di Kelas
Ada yang ingat adegan film Legally Blonde, dimana dosen senang bertanya ala Socratic Method pada sang murid korbannya? Murid dibiarkan berkeringat dingin menjawab cecaran pertanyaan dosen yang tak kunjung berakhir hingga suatu titik dimana sang murid akhirnya K.O. Diharapkan dari drama tragis ini, murid-murid yang lain akan terdorong mencari jawaban paling tepat dari pertanyaan si dosen. Nah, di Eropa kita nggak bisa memakai strategi ala Indoensia berupa duduk di pojok belakang sambil pura-pura menutupi wajah dengan buku. Kuncinya adalah persiapan yang baik! Karena mencoba sok tahu menjawab dengan pede tanpa membaca bahan terlebih dahulu sama saja bunuh diri. Yayaya.


Tapi ada cara lain untuk memukau si dose, yaitu dengan bermodalkan google desktop yang dibawa ke kelas. Website wikipedia juga bisa menyelamatkanmu dengan memberikan ringkasan singkat topik yang sedang dibahas. Tapi, jangan coba-coba memanfaatkan fasilitas internet di kelas untuk update FB ataupun blog, apalagi chating dan download macam-macam!

Ingat! mengaku kepada dosen bahwa source kita adalah wikipedia merupakan tindakan bunuh diri dalam dunia akademik. Karena itu, semua data yang diambil online harus diperiksa kembali keshahihannya. Website seperti wikipedia cuma langkah awal untuk mengetahui gambaran sesuatu secara abstrak menjadi konkret, bukan untuk ditelan bulat-bulat begitu saja. Sisanya harus dilanjutkan sendiri. Buka buku, jangan malas!

Dengan persiapan ekstra seperti ini, kita bisa tampil prima keesokan paginya di kelas dengan detail-detail klasik yang tidak dimiliki rekan lain. Canggih, elegan, gaya.

2. Seating Arrangement
Kalau muncul di kelas dimana dosennya betah ngoceh dan bikin ngantuk, pilihlah posisi pewe di pojok belakang. Bagaimana untuk kelas debat dan diskusi? Inilah saatnya posisi menentukan prestasi. Upayakan berada satu tim dengan seorang native speaker. Mahasiswa asal Amerika, Australia, dan Inggris bisa meningkatkan performa. Meski mereka belum tentu lebih pintar, kosakata mereka dalam bercuap-cuap lebih memukau!

Lain hal nya untuk debat dan diskusi perorangan. Untuk ini kita mesti pintar berstrategi. Duduklah di samping orang yang dianggap paling hancur bahasa inggrisnya. Kenapa? Karena dengan begitu, dosen akan melihat perbedaan yang sangat kontras pada saat giliran kita menjawab , dan itu akan membuat kita terlihat lebih gemilang! Untuk urusan ini, posisi duduk favorit Daus adalah di samping kawan asal Amerika Latin atau Cina, karena bahasa Inggris mereka biasanya sangat terbatas. Jangan pilih duduk di samping orang Afrika. Meski bahasa Inggris mereka fasih, logat kental Afrika mereka akan menyulitkan anda untuk memahami apa yang mereka katakan, sehingga tidak bisa menyusun kalimat balasan yang jitu!

Oke 2 itu dulu ya teman, akan dilanjutkan di post berikutnya....

Happy weekend...

Not all the happiness is given, heart made it close to you, so fine your heart worth for every season...
http://puteriamirillis.blogspot.com/p/daftar-isi.html

6 komentar:

sari widiarti mengatakan...

laaah yang terakhir kok bikin ketawa.. bisa-bisa dipraktekin :)))

Ida Nur Laila mengatakan...

makasih tipsnya...buat anakku hehehe

Indra Kusuma Sejati mengatakan...

Tips yang bagus nih Mba, untuk para mahasiswa yang masih aktif, apalagi kalau memilih duduk di belakang bisa sambil chating. he,, he,, he,,,

Salam,

mak iroel mengatakan...

yg terakhir bikin ngakak...:P

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

duduk sampingku mbak yang ancur bhs inggrisnya hehehe

mamanyaniyya mengatakan...

hahahah..
seandainya di posting dulu mbak..
pasti aku ikutin tips2 nya..
hhehhehe