Rabu, 11 Desember 2013

One Day One Page

Assalaamu'alaikum wr.wb

Senang sekali rasanya jika bisa berjamaah membaca Al Quran. Program baru yang menggunakan aplikasi whats app dalam perjalanannya yaitu one day one juz. Dimana dalam program ini peserta yang dibagi dalam kelompok-kelompok yang berjumlah 30 orang, diharapkan setiap hari setiap anggota membaca satu juz Al quran yang ditentukan perhari, misal si A baca juz 1, B baca juz 2, C baca juz 3 seterusnya hingga orang ke 30 baca juz 30. Setiap hari kita melanjutkan membaca juz berikutnya. Sehingga setiap hari ada banyak khataman Al Quran. Subhanallah!

Membaca Al Quran satu juz per hari, dan dengan anggota perempuan semua (sendiri-sendiri, grup perempuan dan laki) maka akan ada hari-hari dimana beberapa anggota berhalangan membaca Al Quran. Bagi yang berkeyakinan boleh tetap membaca Al Quran dibolehkan untuk tetap membacanya, namun jika berkeyakinan tak boleh membaca Al Quran diberikan pilihan untuk mendengarkan murottal di juz yang menjadi tanggungjawab dia atau membaca terjemahannya. Peserta ditunggu untuk melaporkan bacaan satu juz kepada PJ masing-masing kelompok via Whats App group sebelum pukul 21.00. Jika tidak bisa menyelesaikan juz yang menjadi tanggung jawabnya maka juz akan dilelang kepada anggota yang lain. Aku sendiri saat ini ikutan salah satu grup. Cukup memotivasi agar kita intens membaca satu juz per hari.

Nah, aku bersama 10 orang teman juga membentuk grup lain yaitu one day one page. Jadi satu hari membaca satu halaman Al Quran (yang dipake Al Quran pojok ya). Yup, tidak ada salahnya kita mencoba juga memulai mengintens kan bacaan Al Quran dengan membaca satu halaman per hari. Jadi ceritanya ada teman yang ingin nge grup seperti itu tapi jika satu juz per hari agak sulit apalagi kami rata-rata ibu muda yang baru memiliki anak yang masih bayi dan balita. Untuk mengatasinya lahirlah one day one page.

Dimotori oleh seorang teman bernama Retno yang akhirnya membuat grup one day one page. Bermula kami ber 10 ibu muda di ruangan yang mencoba untuk hayuh deh kita intens baca Al Quran yuk. Dan teman-teman pada semangat. Di hari pertama saja banyak yang sudah melaporkan selesai membaca pada pagi hari, thats great. Jadi setiap kami akan mendapat halaman sekian di juz sekian yang harus kami baca per hari. Dan akan dilaporkan sebelum pukul 21.00. Sama seperti one day one juz jika ada yang berhalangan bisa dengan mendengar murottal atau membaca terjemahan.

Aku menuliskan ini bukan mau pamer bahwa kami membaca Al Quran tapi hayuk sama-sama yuk jika satu juz berat kenapa ga satu halaman ? yang utama adalah rutinnya kita membaca Al Quran, semoga Allah memberkahi kita semua. Amiiin....:)


Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. 

QS. Al Ankabut : 45

Wassalam
Pu

http://puteriamirillis.blogspot.com/p/daftar-isi.html

8 komentar:

joe mengatakan...

hm, bisa gak ya aku seperti itu??

Dwi Alfina mengatakan...

pengen seperti itu :)

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

semoga selau istiqomah ya mbak

Nophi mengatakan...

ah keren mbak.. dan kreatif sekali deh, teman kantorku juga ada yang ikutan join One day one juz grup WA itu, kemarin diajakin tapi belum pede bisa mengikutinya :), mungkin kalo one page bisa dicoba..

Semangat ya buat kegiatannya :)

RIE mengatakan...

one page one Juz...salut utk komitmenya Mbak. Semoga istiqomah dan bahka bisa lebh mningkat baik kualitas [tilawahnya] maupun jumlah bacaannya. Aamiin

cintacha roselina mengatakan...

great post

www.cintacharoselina.blogspot.com

the others mengatakan...

Wah salut banget komitmennya mbak.. :)

duniaely mengatakan...

wah .. Salut mbak :)