Kamis, 02 Januari 2014

Aktivitas Tanpa Rencana

Assalamualaikum wr.wb
Hai apa kabar teman? Semoga semua baik-baik saja ya, ngga terlalu merasakan ngga enaknya dalam hidup ini.:)

Bismillah, ya setiap hari ada beragam aktivitas dalam hidup kita. Ada aktivitas rutin ada aktivitas tidak rutin, bahkan ada aktivitas dadakan alias aktivitas tanpa rencana,tanpa persiapan sebelumnya. Misalnya tiba-tiba anak-anak minta dibelikan eskrim pada saat kita akan tidur siang, dan seharusny si anak juga tidur. Nah apa yang emak akan lakukan? Atau tiba-tiba dosen minta kita ikut assistensi di kelas dadakanny padahal kita sedang persiapan untuk ujian di sore harinya. Atau tiba-tiba temen kita ngakak dengan leluconnya sendiri yang ga lucu tapi dia berusaha banget sebenarnya supaya kita tertawa padahal kita lagi sedih dih karena dalam arti ga mau dihibur dengan hiburan macam apapun juga maunya hanya dimengerti.

Bagaimana ini temaaan? 

Menghadapi keadaan seperti itu tentu agak bikin kita sedikit gimana gitu ya, mau dituruti kita punya rencana dan mood lain, ga dituruti atau ga ditanggapi ga enak, atau seperti contoh si anak maka si anak akan menangis. Kita maunya melakukan ABCD tapi kenyataannya sekitar kita menuntut EFGH. 

Sebenarnya tak ada alasan sih bagi kita untuk tidak menuruti orang lain selain ga enak lagi, atau kasihan lagi anak kita kalo akhirnya mewek bikin kita tambah pusing. Atau ah ga enak ama dosen nanti nilai gue diturunin lagi. Atau ah teman kita udah menghibur masa kita ga nanggepin siih. Berjuta alasan, berjuta pertimbangan. 

Tapi pernahkah kita sadar untuk sesekali merasa ga enak juga pada diri sendiri??? Di saat kita ingin anak kita tidur siang yah jalanin aja, biarin aja si anak mewek toh lama-lama dia justru bisa tidur dengan pulasnya, sapa tau pengen eskrim cuma kepengen aja, sebenarnya justru menangisnya karena sudah lelah. Atau kalo kita pengen belajar dan nggak mau nemenin si dosen ya udah bilang aja demikian, toh alasan kita benar, dan temen kita lagi ngakak yah tanggepin aja pake muka sedih, lama-lama justru teman kita jadi empati ke kita.

Yup, aktiivitas tanpa rencana yang kumaksud adalah kecepatan kita untuk memutuskan apa sih yang harus kita lakukan segera dalam situasi yang ga mendukung keadaan dan keinginan kita. Dalam menghadapi apa yang sebenarnya tak mau kita turuti. Semua memang perlu belajar dan pembiasaan. Sebab jika tidak, kasihan deh diri kita nurutin keinginan orang terus tanpa diperhatikan even oleh si empunya diri, yaitu diri kita.

Mudah-mudahan bermanfaat yah sedikit dari saya ini.

Wassalam
Pu



8 komentar:

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

setiap harinya kita menemukan kegiatan tanpa rencana ya mbak

Nophi mengatakan...

memang dilema ya mbak Pu, dan harus pintar memilah

Bunda Kanaya mengatakan...

berdamai dengan keadaan ya mba Pu...

isnuansa mengatakan...

Hihihi, antara tega nggak tega sih Mbak, kalau membiarkan anak nangis terus...

garammanis.com mengatakan...

Terkadang sesuatu keadaan yang diluar rencana itu membuat kita belajar bagaimana mengambil keputusan dengan cepat dan tepat karena hal tersbut tak terduga sebelumnya..

Btw, Jika punya impian yang akan diwujudkan, mari berbagi kisahnya di GA http://www.garammanis.com/2014/01/01/giveaway-kolaborasi-apa-impianmu/

Salam

joe mengatakan...

melakukan sesuatu tanpa rencana lebih baik daripada merencanakan sesuatu tanpa melakukannya

Obat Kanker usus 12 Jari mengatakan...

pengalaman adalah guru terbaik

alaika abdullah mengatakan...

postingan yang sungguh menginspirasi nih, Mbak Pu! Trims lho. Bener juga, perlu juga emang kita menuruti keinginan diri tanpa harus merasa ga enak dengan orang lain yaaa. :)