Jumat, 07 Februari 2014

Cinta (definisi saya)

Assalaamu'alaikum
Pagi-pagi Jumat yang cerah ini sejenak yuk ngomongin cinta. Ah, cinta. Masih saja jadi trending topic walaupun jaman sudah berubah. Sejak teknologi menjadi anak tiri jaman, hingga sekarang teknologi sudah menjadi anak kandung jaman. Cinta dengan segala definisinya yang luas, yang sampai-sampai cinta mudah dipermainkan.

Cinta, definisi saya berarti feeling. Cinta juga berarti kita menolak mentah-mentah di awal tapi akhirnya menerima dengan jujur ketika ada sesuatu yang mengendap-endap menghadiri pikiranmu, jiwamu, semuanya. Ketika di awal kau tahu dia yang kau cari, tapi ego-mu membuatmu tak mau dengan dia, tapi semesta mendorongmu untuk menerima dan bersama dengan dia. Cinta selalu punya caranya sendiri untuk hadir dan bersemi. Tapi cinta tak hanya punya satu musim, cinta memiliki empat musim. Sebagaimana Ilana Tan dengan novel cinta empat musimnya. Cinta itu bisa gugur sebagaimana musim gugur, bisa merekah sebagaimana musim semi, bisa dingin sebagaimana musim dingin, dan bisa hot sebagaimana musim panas. Unik kan cinta itu. Cinta membuatmu seperti hidup di empat musim meskipun kini kamu hidup hanya di dua musim. 

Cinta hadir memberi rasa walaupun rasa itu mungkin tak selamanya rasa manis. Sebagaimana kehidupan suami istri yang tak selamanya indah. Terkadang ada masanya marah-marahan, ada masanya sayang-sayangan, ada masanya lucu-lucuan, ada masanya dia sungguh menjengkelkan. Huft! banyak sekali. Pernikahan selalu begitu. 

Cinta dalam pernikahan itu tak hanya cinta antara saya dan si dia saja, tapi juga cinta untuk si dia, dia, dia. Ada tiga orang cinta, tiga orang tercinta. Semakin anak-anak besar semakin kita merasakan cinta itu bertambah besar dan seperti layaknya cinta untuk si dia yang pertama, cinta untuk si dia yang kedua dan si dia yang ketiga juga memiliki empat musim. Semakin anak-anak besar mereka membutuhkan cinta lebih besar. Maklum permasalahan mereka lebih besar :D. 

Dan satu hal...

Cinta itu juga berarti memahami perbedaan karakter. Karakternya si dia, si dia, dan si dia. Jika suami menganggap ga penting sesuatu dan aku menganggap itu penting. Ketika anak menganggap belajar itu ga penting dan saya menganggap itu penting banget nak untuk masa depanmu. Ketika suami dan si anak lelaki lebih suka sesuatu yang nyata sementara saya menyukai sesuatu yang abstrak.

Cinta itu juga berarti kita bisa meninggalkan apa yang tidak disukai oleh pasangan sementara dalam hati kita yang terdalam juga bilang begitu, sementara ego diri bilang itu harus dan wajib, tetapi berhubung pasangan ga suka ya harus ditinggalkan dan menyadari itu yang terbaik bagi kita. Cinta suatu saat juga berarti meninggalkan sesuatu dan seseorang untuk membuat dia lebih memiliki kepercayaan pada dirinya sendiri untuk melakukan yang seharusnya dia lakukan. Yang apabila kita tetap bersamanya dia justru jatuh pada lubang yang dalam dan sebenarnya kita akan bertanya pada diri kita sendir kita cinta ga sih sebenarnya.

Cinta terkadang membuat terluka, tapi cinta lebih banyak membuat hati bersuka. Cinta membakar hati tetapi ia juga menghangatkan jiwa. Cinta membuat hidup lebih hidup. Dan terutama cinta membuat kita tahu tempat kita harus kembali dan kemana kita harus pergi. Sebagaimana stasiun, bandara, dan pelabuhan yang mempunyai jadwal keberangkatan dan kedatangan. Cinta selalu ada saat kita kembali, dan melepas dengan bahasanya ketika kita pergi.

Cinta adalah tatapan penuh kasih setelah lama kita berpisah ruang dan rindu itu adalah bahasa termahal dari cinta. Seperti yang pernah dikatakan suamiku, "Pu dalam pernikahan itu harus ada rindu, sebab jika tidak maka tidak ada cinta." Sebagaimana jarangnya dia mengucapkan "sayangku" tapi sekalinya dia mengucapkan itu rasanya aku takkan melupakannya selamanya. Perasaan saat itu yang utama.

Namun cinta tak hanya soal dengan si dia, dia dan dia tapi cinta juga untuk mereka yang telah melahirkan dan merawat kita dengan penuh cinta, merekalah orang tua kita dan juga untuk semesta alam beserta isinya dan makhluk-makhluk di dalamnya. Dan yang utama di atas semua definisi cinta di atas dan untuk siapa cinta ditujukan adalah cinta untuk yang menciptakan kita. Yang selalu memberikan rahman dan rahim untuk manusia meskipun manusia terkadang berada pada jalan yang tak sesuai... 

Cinta untuk Allah SWT.


http://gungrangga.blogspot.com/2014/02/giveaway-understanding-love.html?showComment=1391658283020#c2479846442128322985


http://puteriamirillis.blogspot.com/p/daftar-isi.html

21 komentar:

a s h i m a mengatakan...

Ah, saya belum menikah, sih, tapi sedikit-sediki tahu kalau pasangan itu harus saling melengkapi dan mendukung satu sama lain. Rasanya juga ngga perlu sering-sering bilang, 'i love you' yang penting tindakan dan aksi nyata, ya Bunda hehehe.
Baru pertama kali ke sini nih. Salam kenal Bunda :)
http://asmaismi.com/

Agung Rangga mengatakan...

Terima kasih telah mendaftar~ :D
Salam~

danirachmat.com mengatakan...

Cinta memang berjuta arti Mba. Apalagi kalo sudah ngomongin cinta keluarga.

HM Zwan mengatakan...

jatuh cinta,berjuta rasanya..loh,hehe...cinta itu rasanya nano nano ya mbk^^

catatan kecilku mengatakan...

Cinta dalam sebuah keluarga akan berkembang dan makin bertambah seiring dengan bertambahnya anggota keluarga ya Mbak :)

Gutlak utk kontesnya.

indah nuria Savitri mengatakan...

kalau sudah bicara cinta, saya nyerah mak...tak bisa diungkapkan, hanya bisa dirasakan :D...sukses GAnya ya maak..cheers...

vizon mengatakan...

Bagi seseorang yang sudah berkeluarga, cinta itu juga bisa berarti "tanggungjawab" :)

Mila Said mengatakan...

ooowww.. co cwiit..

Zizy Damanik mengatakan...

Kalau sudah berumah tangga, cinta makin luassss sudah maknanya. Hati seluas samuderalah...

Napitupulu Monitorir mengatakan...

asyik bacanya...cinta memang punya arti unik buat stiap org ya.... salam kenal :)

puteriamirillis mengatakan...

Bener,sering sering malah bosen.

puteriamirillis mengatakan...

@Agung Rangga makasih juga ya gung.

puteriamirillis mengatakan...

@danirachmat.com iya bener bgt dan...cinta keluarga itu lebih luas dan dalam.

puteriamirillis mengatakan...

@HM Zwan iya permen jaman dulu itu ya kiz...masih ada ga ya sekarang?

puteriamirillis mengatakan...

@catatan kecilku nggak juga mbak, kualitas yg penting bukan kuantitas.

puteriamirillis mengatakan...

@indah nuria Savitri pake feeling gitu ya ndah...

puteriamirillis mengatakan...

@vizon bener uda, kalo ga tanggung jawab bisa seenaknya ga ada aturan ya uda.

puteriamirillis mengatakan...

@Mila Said hihi..iyaaaa..

puteriamirillis mengatakan...

@Zizy Damanik bener zy,,,mudah to sulit,sulit tp mudah yaaa...

puteriamirillis mengatakan...

@Napitupulu Monitorir cinta itu mewarnai jiwa ya maak...

diah alsa mengatakan...

cinta, cinta yg hakiki itu, yg abadi hanya cinta kepada Allah yah Mbak.

semoga hati kita selalu dipenuhi cinta kepadaNYA, Aamiin