Selasa, 25 Maret 2014

Bonding Dengan Anak

Assalamualaikum
Kebetulan semingguan yang lalu ikutan ngobrol dengan mbak Tanti mengenai tema bonding dengan anak. Mbak Tanti itu konselor di Yayasan Kita dan Buah Hati. Dia seorang psikolog. Nih saya resumein sedikit dari obrolan kita ya.

Pulang kerja harus segera ke anak jangan ke yg lain dulu.

Bener juga sih ya, dengan begitu anak nggak akan ngerasa dicuekin gitu sama ortunya. Mba Tanti juga cerita bahwa menggendong anak itu perlu untuk mendekatkan ibu ke anak. Jangan takut soal bau tangan gitu. Karena kecenderungan bayi jika nyaman ya begitu sedangkan kenyamanan itu penting bagi perkembangan bayi.

Indonesia pake gendongan jarik itu bagus seorang peneliti belanda mengatakan itu ternyata baik karena ada attachment, detak jantung bayi berdetak lebih cepat dg digendong. Dan itu baik.
Jangan sampai anak lbh dekat dengan yang lain. Bibi, mbak,dll. Kadang kan ibu bekerja suka udah cape gitu ya. Nah hal ini harus dipertimbangkan nih sebelum berpikir masalah cape.

Ada temen bertanya bahwa bayinya
umur 21 bulan belum bisa melepaskan diri dr nenen. Yah sebelum 24 bulan ya diterusin saja nenennya. Maksud temen saya itu untuk persiapan gitu sih menjelang 24 bulan. Jadi masih suka nenen gitu setelah disusui, tau kan maksudnya mitilin puting ibunya padahal ga isep susu. Alias sudah selesai nyusunya.

Attachment

Mendekap,mendengar dengan seksama, perhatian dg anak itu attachment. Nggak harus dengan menyusu. Ini jawaban atas pertanyaan temen yang anaknya udah ga mau menyusu. Ibu jangan cemas, gantikan dengan attachment yg lain. Kalo ibu cemas malah rusak semua nantinya, anak juga bisa cemas.

Kalo pergi keluar harus tepat waktu kapan pulang kapan pergi.

Hal ini supaya anak belajar mempercayai. Jika jadwal berubah segera katakan ke anak, melalui telepon misalnya.

Kl mau ngjak mandi, main dulu dengan anak lalu ajak mandi jangan dengan nada perintah.

Hal ini membuat anak ga nyasar kita suru mandi. Bener juga sih, umar itu susah banget disuru mandi dengan perintah, tapi kalo kita deketin dia dulu, main sebentar terus mandu dengan bermain wah dia langsung mau tuh.

Ktk malam hari kita mau berhubungan suami istri, agar pindah ke ruang lain.

Ada tidur dengan anak baik tapi di luar negeri pisah tidur dengan anak. Jika gabung itu bonding tersendiri.Dipisah tidur di ruangan sendiri krn kuatir meninggal ketika tidur terduduki.

Ada plus minusnya yaaa..


Itu yang berhasil terangkum yaaa...intinya yuk ningkatin bonding dengan anak kita temans.

wassalam
Pu


http://puteriamirillis.blogspot.com/p/daftar-isi.html

22 komentar:

Beby Rischka mengatakan...

Ibu ku juga ibu bekerja, Mbaaak.. Tapi mungkin di zaman dulu belom terlalu ngerti ya bonding-bondingan ini. Heheh..

Nophi mengatakan...

Betul mbak, kalau saat kita pulang kerja masih melakukan hal yang lain ga langsung ke anak, langsung deh rewel tanda protes hehe

fitri anita mengatakan...

iya Mba ..pulang kerja cape2..obatnya emang anak...kadang blum cuci tangan dah minta digendong ...

Richoku mengatakan...

Jadi membangun kedekatan dengan anak sangat diperlukan yah, mbak. apalagi kalau usia masih mudah, butuh perhatian lebih.

Joe Ismail mengatakan...

berhubung aku belum punya anak, hanya bisa bayangin hehe

ketty husnia mengatakan...

anak juga pengobat lelah ya mba Pu..:)

Vicky Laurentina mengatakan...

Saya kirain tidur dengan anak itu karena rumahnya cuman punya satu kamar atau belom mampu untuk beli tempat tidur baru :p

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

pokoknya nomor satu anak dulu ya mbak

Sarah mengatakan...

hihii bagus juga tips nya mbak, kadang kl nyuruh mandi ya bener2 nyuruh, tp seharusnya ga gitu ya biar anak ga merasa diperintah :D

Idah Ceris mengatakan...

Uhuuuk. . .
Pertama kali pulang kerja yg dicari Ibu. Hihihi.

Desi mengatakan...

setujuu..pulang ke rumah yang paling utama ya ketemu anak dulu...dan dijamin rasa cape abis kerja langsung ilang begitu liat senyum ceria anak... ;)))

puteriamirillis mengatakan...

Hehe, iya istilah baru ya beib.

puteriamirillis mengatakan...

@Nophi iya bisa rewel anak kalo ga diopeni dulu.

puteriamirillis mengatakan...

Iya mb, kangen anaknya pasti ya.

puteriamirillis mengatakan...

@Richoku iya rico, berpengaruh ke kl uda gede nantinya.

puteriamirillis mengatakan...

@Joe Ismail hehehe

puteriamirillis mengatakan...

@ketty husnia iya bener mb ketty.

puteriamirillis mengatakan...

@Vicky Laurentina ya nggak mba vicky...hihi.

puteriamirillis mengatakan...

@Lidya - Mama Cal-Vin iya mb lidya

puteriamirillis mengatakan...

@Sarah iya sarah

puteriamirillis mengatakan...

@Idah Ceris kangen ibu ya dah...

puteriamirillis mengatakan...

@Desi bener banget des!