Rabu, 23 April 2014

One Day One Juz

Assalamualaikum
Ga merasa uda 5 bulan saya ikutan ODOJ alias One day One juz. Sebuah program yang menggunakan grup whatsapp ataupun BB dimana kita membuat grup dan setiap anggota grup diwajibkan membaca Alquran satu juz setiap hari. Satu grup ada 30 orang jadi setiap hari diharapkan bisa khatam Alquran bersama-sama.

Subhanallah, membaca alquran satu juz perhari sebenarnya telah menjadi program saya tapi ya itu suka lepas, ga sampe satu juz. Itu dulu waktu belum gabung ODOJ. Setelah bergabung Alhamdulillah sejak 5 bulan yang lalu bacaan Alquran saya bisa disiplin satu juz perhari. Kalo sedang haid saya mendengarkan murottal atau membaca terjemahan. Ada pilihan yang membolehkan juga sih membaca Alquran ketika haid. Tapi saya memilih yang tidak membaca. Sudah kebiasaan sejak lama.

Yang saya rasakan setelah bergabung di ODOJ dan rutin sehari baca satu juz, hati lebih lapang menghadapi deras cobaan dunia ini,tsaaah. Setidaknya emosi lebih mudah dikendalikan. Walaupun emang, saya sering lewat lapor kholas jam 18. Kadang sudah laruuut banget, bahkan esok harinya baru lapor kholas. Kholas itu sendiri kan artinya seperti koma. Siap untuk lanjut ke juz berikutnya karena juz hari itu sudah selesai.

Saat sulit kholas adalah saat banyak tugas kantor, rumah atau sedang dalam perjalanan.Atau yang paling sulit adalah ketika diri kita emang lagi jenuh,males,bosen, pengen berenti, tapi dengan niat diperbaiki tiap hari dan motivasi dari temen segrup bisa incharge kembali, insya Allah.

Nah, di grup ini ada pj rekap setiap harinya. Yaitu peserta yang kebagian membaca juz 30. Jadi WA/BB kita bagusnya sih idup terus tuh saat jadi pj rekap. Saya kemarin baru jadi pj rekap. Nah, sebagai pj kita kan harus nandain mana temen yang uda kholas, mana yang minta perpanjangan waktu, mana yang on progress, mana yang minta dilelang, mana yang belum ada kabar. Tandanya itu sesuka pj. Jadi kadang temanya makanan. Kita simbolin makanan. Misal uda kholas makanannya piza dan eskrim, perpanjangan waktu dan on progress dikasi kue, lelang dikasi permen aja, belum ada kabar misal kacang. Hehe.Lucu-lucuan aja. Jadi nanti kalo uda kholas temen kita bilang aku dah kholas minta pizza dan eskrim dong. Yummy. Hehe...anggap aja beneran gitu kan. Yang lain jadi termotivasi segera kholas juga.

Yah, ini semua kan usaha kita ya untuk menuju kebaikan. Semoga dengan bersama-sama jadi lebih semangat dan harus dijaga niat karena Allah saja. Jadi duluan kholas ga perlu sombong, karena bisa jadi besok kita malahan lelet kholasnya.

Dengan bersama begini kita jadi memahami orang lain juga loh. Memahami temen dengan fluktuasi semangatnya. Manusia kan ga juga bisa semangat tiap hari ya, ada saat down dan itu biasa. Kita jadi ga terlalu berat menjalani karena semua dilakukan bersama-sama.

Nah, ODOJ ini emang baru mau launching 4 Mei besok di istiqlal tapi grup yang ada uda ribuan loh. Semoga setelah launching tambah banyak lagi ya. Untuk Indonesia yang membaca Alquran dan Indonesia yang Qurani.Amiiin.

Wassalam
Pu

http://puteriamirillis.blogspot.com/p/daftar-isi.html

11 komentar:

Nophi mengatakan...

Amin...
Semangat mbak, aku belum berani ikutan nih :(

HM Zwan mengatakan...

aminnnn..semoga kita diberi keistiqomahan dalam membaca al qur'an setiap hari ya mbk...sukses untuk odojnya :)

Emi Syofyan mengatakan...

Semangat ya, mbak....

aku masih bolong-bolong ne...hehee..belum berani ikutan, masih dirumah aja, insya Allah...

puteriamirillis mengatakan...

Iya nop, enak kok ikutan odoj:)

Beby Rischka mengatakan...

Waalaikumsalam..

Aku belom pernah ikutan ODOJ, Mbak Pu. Masih banyak excusenya nih. Tapi aku usahakan biar dapet 10 halaman per hari. Heheh..

In Shaa Allah makin banyak yang ikutan ya. Keknya perlu ngasih penyuluhan deh Mbak, soalnya banyak orang yang ngga ngerti sistem ODOJ ini gimana, termasuk aku :p

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

minggu depan ya mbak launchingnya, pingin dateng mudah2an bisa

Idah Ceris mengatakan...

Yang saya rasakan, lebih bsa menghargai wktu dan tanggungjwb. :)
Pingin datang, tpi jauh e, Mba. Hehehe

puteriamirillis mengatakan...

@Emi Syofyan ayo mbak, ikutan, biar lebih semangat krn bareng2...

puteriamirillis mengatakan...

@Beby Rischka penyuluhan? iya deh nanti aku coba2 bikin postingan ttg odoj ya beib. Wah udah bagus itu beib bisa 10 hal per hari, semoga bisa rutin selalu ya beib,,,

puteriamirillis mengatakan...

@Lidya - Mama Cal-Vin iya mbak, aku juga pengin...kopdar yuk kalo bisa...

puteriamirillis mengatakan...

@Idah Ceris iya dah, jadi lebih bertanggung jawab ya membaca al qurannya...
mb pu pengen datang, insya Allah.