Kamis, 30 April 2015

7 Macam Persahabatan, Hanya 1 Sampai Akhirat

1. "Ta'aruffan" persahabatan yg terjalin krn pernah berkenalan secara kebetulan, seperti pernah bertemu di kereta api, halte, rumah sakit, kantor pos, ATM & lainnya.
2. "Taariiihan" persahabatan yg terjalin krn faktor sejarah, misalnya teman sekampung, satu almamater, pernah kost bersama, diklat bersama & sebagainya.
3. "Ahammiyyatan" persahabatan yg terjalin krn faktor kepentingan tertentu, seperti bisnis, politik, boleh jadi juga karena ada maunya dan sebagainya.
4. "Faarihan" persahabatan yg terjalin karena faktor hobbi, seperti teman futsal, badminton, berburu, memancing & sebagainya.
5. "Amalan" persahabatan yg terjalin krn seprofesi, misalnya sama2 guru, dokter & sebagainya.
6. "Aduwwan" sahabat tetapi musuh, depan seolah baik tetapi sebenarnya hatinya penuh benci, menunggu, mengincar kejatuhan sahabatnya, "Bila kamu memperoleh nikmat, ia benci, bila kamu tertimpa musibah, ia senang" (QS 3:120).
Rasulullah mengajarkan doa", Allahumma ya Allah selamatkanlah hamba dari sahabat yg bila melihat kebaikanku ia sembunyi tetapi bila melihat keburukanku ia sebarkan."
7. "Hubban Iimaanan", sebuah ikatan persahabat yg lahir batin, tulus saling cinta & sayang krn ALLAH, saling menolong, menasehati, menutupi aib sahabatnya, memberi hadiah, bahkan diam2 dipenghujung malam, ia doakan sahabatnya. Boleh jadi ia tidak bertemu tetapi ia cinta sahabatnya krn Allah Ta'ala.
Dari ke 7 macam persahabatan diatas, 1 - 6 akan sirna di Akhirat. yg tersisa hanya ikatan persahabatan yg ke 7, persahabatan yg dilakukan krn Allah (QS 49:10),
"Teman2 akrab pada hari itu (Qiyamat) menjadi musuh
bagi yg lain kecuali persahabatan krn Ketaqwaan" (QS 43:67).
ADA  dimanakah persahabatan kita?
Semoga Bermanfaat. -Ustadz Djazuli Lc
http://puteriamirillis.blogspot.com/p/daftar-isi.html

Rabu, 29 April 2015

MITOS DAN FAKTA SEPUTAR BIR

Mari kita intip mitos dan fakta tentang bir dibawah ini agar tidak ada lagi pandangan yang keliru tentang minuman yang sebenarnya dapat merusak tubuh ini :


1. MITOS: Bir adalah minuman alami yang bermanfaat.
FAKTA: Bir mengandung banyak komposit berbahaya yang diproses dari hasil fermentasi. Komposit ini beracun (biasanya fermentasi limbah) meliputi aldehida, minyak Fusel, metanol, eter dan sebagainya.

2. MITOS: Bir tidak memiliki efek seperti alkohol yang bisa membuat orang kecanduan.
FAKTA: Pecandu bir akan mengalami gangguan psikologis yang berat dan sering disertai dengan anosognosia atau membuat orang lepas kontrol dan sulit untuk menyingkirkan kebiasaan buruk tersebut. Tidak diperlukan waktu yang lama untuk seseorang jatuh pada ketergantungan secara psikologis akibat konsumsi bir.

3. MITOS: Bir berguna untuk otak kita, mengandung silika, yang dapat mencegah atrofi otak, kesulitan berbicara dan masalah lainnya.

FAKTA: Sebenarnya, alkohol menghancurkan sel-sel otak kita dan proses ini berlangsung sangat cepat pada remaja dan pemuda. Konsumsi bir biasa mempengaruhi kecerdasan manusia dan kemampuan belajar.
4. MITOS: Bir baik untuk jantung dan pembuluh darah

FAKTA: Bir menyebabkan perubahan sangat berbahaya dalam bentuk fisik dan kerja jantung manusia dan seluruh sistem kardiovaskular. Bir mengandung sejumlah besar karbondioksida yang cepat masuk ke dalam darah dan menyebabkan masalah pembuluh darah, seperti varises.

5. MITOS: Bir memiliki rasa yang menyenangkan dan berguna untuk pencernaan kita.

FAKTA: Studi menunjukkan bahwa minum bir meningkatkan risiko seseorang menderita kanker usus besar. Bir juga mengandung unsur seperti kobalt, yang sifatnya memicu peradangan di kerongkongan dan perut.

6. MITOS: Bir berguna karena memiliki banyak vitamin.

FAKTA: Bir hampir tidak ada vitamin sama sekali. Selama proses pembuatan, semua vitamin yang awalnya ada akan hilang.
7. MITOS: Bir dapat meningkatkan fungsi seksual

FAKTA: Alkohol selalu buruk bagi fungsi seksual, baik pada pria dan wanita. Alkohol menghambat produksi androgen dalam tubuh, yang dapat menurunkan gairah seks. Bir juga berisi beberapa zat beracun, termasuk komposit logam berat, yang menyebabkan perubahan berbahaya dalam sistem endokrin.

8. MITOS: Bir berguna untuk sistem saraf kita karena memiliki efek menenangkan dan membantu untuk menghilangkan stres

FAKTA: Bir mempengaruhi sistem saraf karena mengandung unsur psikoaktif tertentu, yang membuat bir bertindak sebagai minuman memabukkan berbahaya. Selain itu, bir mempengaruhi memori dan kerja sensorimotor.

9. MITOS: Bir baik untuk ginjal karena sifat diuretiknya

FAKTA: Bir mencuci keluar protein, lemak, karbohidrat dan unsur-unsur penting yang baik untuk tubuh kita terutama potasium, magnesium dan vitamin C. Kekurangan kalium dapat menyebabkan tubuh mengalami perubahan irama jantung, kulit kering, nyeri di kaki. Sedangkan kekurangan magnesium memicu gangguan tidur, mudah marah dan gugup. Kekurangan vitamin C dalam tubuh juga menyebabkan masalah kekebalan, penurunan konsentrasi dan ketidakseimbangan mental.

"Setiap yang memabukkan adalah haram. Segala sesuatu yang jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu bisa memabukkan maka mengkonsumsi sedikit hukumnya haram.” (HR. Ibn Majah no. 3392 dan disahihkan Al-Albani)

Referensi :
- Health.kompas.com
 - FP : Alhikmahjkt
http://puteriamirillis.blogspot.com/p/daftar-isi.html

Senin, 09 Maret 2015

Bikin Sambel Ala Bu Rudy




Assalaamu'alaikum
Hai, bertemu kembali dengan Pu. Apa kabar temans? semoga kabarnya baik aja ya. Hmm...soal sambal nih. Sukakah kamu dengan sambal. Kalo aku makan tanpa sambal itu kurang nikmat. Yah paling enggak ada rasa pedasnya aku sudah bisa makan. Kecuali kalo laper banget. Atau tipe makanannya memang berasa manis. Itu mah memang harus manis ya, masa iya makan cake pake sambal. Heheheheh...

Minggu, 08 Maret 2015

Udara Bersih

Assalaamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdullillah masih diberi kesempatan menghirup udara pagi. Kubuka jendela, udara pagi yang bersih masuk ke kamar. Baik untuk paru-paru kita. Setiap les vokal maka sang guru selalu mengatakan tarik napas dalam, tahan di perut dan keluarkan sedikit demi sedikit. Paling bagus udara subuh dan pagi hari karena masih bersih.

Pagi-pagi masih banyak kerjaan pastinya. Dan dengan udara bersih kita lebih semangat bekerja. Hari ini pagi mau beberes buku dulu, rak buku masih berantakan nih. Terus ke pasar. Sore mau mengaji banreng teman. !Plus beberes seluruh rumah.

Siiip...happy weekends....

Wassalam
Pu

Sabtu, 07 Maret 2015

Kecenderungan Anak

Assalaamua'alaikum Wr.Wb

Hai apa kabar temans? Malam minggu di rumah aja nih. Anak-anak dah pada tidur, Darif ke Pramuka. Yo wis aku mau nulis aja. Tadi sih abis baca-baca buku merawat anak karangan Dr. Aidh al-Qarni yang bilang kalo kita sebagai orang tua seharusnya mengapresiasi kecenderungan, anak itu dirawat sesuai dengan kecenderungannya. Nah di situ aku baca kalo salah seorang ulama bernama Ibnu Uqail  yang mengarang kitab Al Funun dari kecil sudah suka menulis lalu setiap malam sebelum tidur dan sesudah bangun tidur dia berusaha untuk dapat menulis.