Rabu, 15 Desember 2010

Memerah Asi Dikala Bekerja

Hedeh-hehdeh...(meniru emak alias bundo bundo nakjadimande) mau didik anak...hedeh hedeh...perlu informasi sis..jaman sekarang mendidik anak bukan lagi persoalan pribadi ini sudah jadi persoalan bersama..hehe...
Di kantor aku tuw..aku ada perkumpulan emak-emak pemerah asi low..anggotanya ada nia, atun, dian, yuni, neni, winda, wiwit, angga, dll,beserta mantan2 pemerah asi yang tersebar di seluruh penjuru BPK kantor Pusat...
Perjuangan ibu2 muda ini dalam hal berupaya membawa pulang beberapa ml asi untuk bayi-bayi mereka patut diacungi 10 jempol...gimana tidak?? ditengah-tengah kerjaan kantor yang buanyaaak (hah..jangan lebay put) kita masih sempat loh memerah asi...tempat yang asyik buat kita adalah musholla wanita yang letaknya di Mesjid Baitul Hasib BPK Pusat. Walopun kita uda ada tempat perah asi sendiri yaitu ruang laktasi dan ruang ibu..tetep aja pada suka memerah asi di musholla,,abis enak bisa langsung sholat sesudahnya,,jadi kita memerah asi sekalian setelah sholat..biasanya waktu dhuha, dzuhur dan asar...
Memerah asi itu memang butuh perjuangan dan kekuatan tekad tersendiri,,,harus bisa lobi atasan,,biar diberi kelonggaran untuk memerah (dan tentu saja kita harus nyadar tugas yang diberi harus tetap dilaksanakan), jangan sampe bos mencak-mencak ya sis...harus bisa teknik memerah biar cepet tapi dapat banyak...dan tidak boleh STRESS dengan pekerjaan (ini yang uatama kayanya)...

Saling curhat tentang keadaan bayi masing-masing kerap kami lakukan...juga masalah kesehatan bayi, makanan pendamping asi, sampai fashion bayi dan emaknya pun kerap kita lakukan bersama...mungkin hal ini bisa mengurangi stress kita karena bekerja, mengurus anak, memerah asi pula...
Kalo stress asi nya bisa berkurang sis...dan itu berakibat kita makin stress karena asi yang dihasilkan dikit...dan tidak memenuhi kebutuhan..hingga akhirnya meninggalkan kegiatan perah asi itu sendiri..sayang kan...

Tips dariku...
1. cobalah sesering mungkin minum air putih, karena manfaat banget untuk poduksi asi...
2. makanlah setelah memerah dan sebelumnya...
3. makan kacang edamame..ato kacang apa aja juga bagus...
4. buat makanan sendiri...biar lebih sehat...
5. sering2 baca artikel asi..biar termotivasi..
6. merah rame2..biar ga bosen...
7. enjoy it...


ShoutMix chat widget

5 komentar:

mylitleusagi mengatakan...

inilah hebatnya..
ibu..ibu yang bekerja....
dan masih bisa ngurus bayiiii

dua jempollllll
say..dirimu kerja di bpk yakk
pejompongannn
deket sama kantor ku itu....(^_^)

julie mengatakan...

hi putri
duhh senangnya ketemu pumping mom
aku gak pernah pumping breast :( karena ASI cuma keluar 3 hari
tapi aku kerja di NUK lho

ntar putri ikutan jadi member nuk club yaaa

senangnya berkenalan dengan mu :D

@helgaindra mengatakan...

wah ini tulisannya khusus buat ibu ibu ya kak?
hehehe

Mama Kinan mengatakan...

Kunjungan balik ke blog mbak putri...
waduh enak yah ada perkempulan emak emak Pemerah ASI, aku dikantorku Single fighter mbak putri..jadi nggak ada saling menyemangati, sejak anakku setahun malah dah nggak pernah perah lagi, kangen juga masa masa perjuangan itu...setetes asi dengan penuh perjuangan, salam buat kawan kawan yang masih berjuang yah mbak putri..tetap semangat :)

puteriamirillis mengatakan...

@usagi: kantormu dmana usagi..?
@juli: NUK kantornya dmana mba???kmu di bagian breast pum ya jul??
@gaga: ini bermanfaat untuk kamu kelak jadi breast father ga...alias suami ibu yg menyusui...
@mama kinan: iya mba..di bpk makin banyak aja yg memerah...kalo lagi merah kita main kereta2an mba..bejejer..hehe...
moga anak selanjutnya bisa memerah lebih lma ya mba..aku jg waktu anak ptama cm sampe 9 bln..sekarang anak kedua alhamd uda sampe 19 bln...