Sabtu, 05 Mei 2012

Standar Operasional Prosedur (SOP)

Assalaamu'alaikum wr wb.

Hai apa kabar teman?

Pasti bingung deh kok tiba-tiba aku menuliskan judul yang terlalu serius. Standar Operasional Prosedur. Jadi begini, Senin sampe Jumat minggu besok tepatnya tanggal 7-11 Mei 2012 aku mau ikutan diklat tentang POS. POS itu singkatan dari Procedure Operational Standard. Diklatnya dilaksanakan di Balai Diklat Yogyakarta BPK RI. Nah POS itu kalo diterjemahin ke bahasa Indonesia menjadi standar operasional prosedur.

Sebenarnya SOP atau POS ini bukan barang baru. Dia sudah ada sejak lama, hanya saja di kantorku baru aja dirilis peraturan Badan tentang SOP. Jadi ini adalah peraturan badan yang mengatur bagaimana sih prosedur pembuatan SOP di kantorku. Nah, SOP aja perlu SOP kan? kaya jeruk makan jeruk.

Secara sederhana sebenarnya SOP ini sudah kita jalani dalam kehidupan sehari-hari yaaa. Mau makan ada prosedurnya, misalnya membaca doa, makan harus duduk, makan jangan terlalu kenyang alias berhenti sebelum kenyang. Dalam tidur, mandi, berangkat bekerja, bahkan ketika bekerja pun ada standar operasional prosedur sendiri-sendiri. SOP ini membuat pelaksanaan dari sebuah kegiatan menjadi tertib. Betuuul????

Bayangkan kalo ga ada SOP, masing-masing pelaku akan berjalan sendiri-sendiri. Si A ke barat, si C ke utara, si D ke selatan. Kecuali kalo mau pulang ke rumah masing-masing sih, sapa tau emang arah rumahnya beda.

Tapi kalo mau ngomong-ngomong Jogja, diklatnya kan di Jogja. Pengen ketemu Nandini, Phi, dan teman-teman ah...

Salam teman.
Wassalam.

8 komentar:

Mama Olive mengatakan...

ahh Pu mau ke Yogya..
Ikuuttt...!!

Met wiken Pu
sunsayang buat Umar dan Azkiya

obat kolesterol mengatakan...

have a nice weekend...

Sam Rinaldy mengatakan...

Jadi inget pelajaran waktu kelas 2.. (_ _"
Tahun lalu saya belajar ini di sekolah... antara penting dan gak penting kayaknya (T^T

garammanis mengatakan...

ikut diklat sambil kopdar.... dan kopdar juga ada SOP nya juga ya mbak.. :D

rina susanti mengatakan...

ikut komen karena di kantor saya serba ber SOP , ...karena gak sah n gak valid kalau gak ada SOP plus tambahan lain logbook

ke2nai mengatakan...

sy kangen sm Jogjaaaa... ^^

obat herbal asam urat mengatakan...

=========================================
berbagi Kata Kata Motivasi cuy
Hidup ini penuh pilihan. Semakin baik keputusan yang kamu pilih semakin baik juga kamu dalam mengendalikan kehidupanmu.
=========================================

semoga dapat di terima :D

HP Yitno mengatakan...

Pertama denger judulnya terkejut juga. Orang kantoran kok ngomongin SOP. Kalau orang lapangan atau pekerja pabrik, pasti ada SOP-nya dalam bekerja. Untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja tentunya.