Rabu, 06 Juni 2012

Think Centre

Assalaamu'alaikum wr.wb

Think Centre itu selalu kulihat setiap membuka komputer lenovo di meja kerjaku. Ya, think centre semacam semboyan dari lenovo untuk sebuah kompi. Berpikir terpusat. Kupikir boleh juga nih semboyan.

Pernah ga sih kamu itu ga konsen dengan segala sesuatu. Lagi ngerjain ini ga konsen, ngerjain itu lupaan, ngerjain ono ga paham. duuh!

Mungkin itu tanda-tanda kamu belum sarapan ya, seperti aku saat ini, pagi-pagi pengen nulis di blog dan akhirnya pikiranku agak-agak ga konsen mau sarapan. aku sarapan dulu deh, kebetulan ada bapak-bapak penjual bihun dan gorengan lewat ruangan. aku beli bihun dengan gorengan 3, semua 5 ribu. Jadi kali ini aku nulis sambil sarapan.

Ngomong-ngomong, sebenarnya oke ga sih ketika kita sedang mengerjakan sesuatu tiba-tiba pikiran kita melayang kemana-mana. Ga fokus, ga terpusat dan ga think centre. Menurutmu bagaimana? Seperti aku saat ini, sarapan sambil nulis di blog. Ada kan yang bilang, makan jangan dibarengi dengan bekerja yang lain, nanti keselek. Tapi aku seringkali melakukannya. Apalagi aku membawa makan siang ke kantor sehingga makannya di meja kerja aja. Ada juga sih teman yang membawa makan dan makannya di kantin. Tapi aku males karena kalo abis dari kantin baju jadi bau. Ga penting kaan alasannya.

Dan hari ini aku pun menuliskan think centre dengan mengawali tulisan dengan tidak think centre alias kesana kemari. Sambil sarapan pula, walo saat ini sarapanku dah selesai.

Oh, ya aku mau cerita. Azkiya baru 2 hari ini bisa menyelesaikan puzzle cars nya. Alhamdullillah. Dia sering terlihat konsen ingin menyelesaikan puzzle itu. Sendirian aja di kamar, mau dibantuin azkiya malahan marah. Azkiya ga mau dibantu dan akhirnya berhasil. Mungkin itu yang disebut think centre bagi anak 3 tahun ya. Abang Umar saja baru bisa menyelesaikan puzzle itu di umur 4,5 tahun. Aku menyadari juga ada bakat yang berbeda antara Umar dan Azkiya. Jadi tetep ga bisa dibanding-bandingkan. Hanya saja yang mau kutekankan adalah bahwa Azkiya sudah memusatkan pikirannya, sudah think centre ke puzzle itu sehingga dia bisa mendayagunakan seluruh potensi otaknya untuk menyelesaikan puzzle.

Betapa pentingnya think centre itu ya. Ketika kita sedang menyelesaikan pekerjaan, apalagi yang rumit, lalu pikiran kita melayang-layang kemana-mana bagaimana bisa pekerjaan itu akan selesai.

Yang paliing sulit itu think centre ketika sholat. Lagi sholat nih, tiba-tiba seliweran pikranku dan mengingat sesuatu, ahhhaaaa!!! Lagi sholat justru dapet inspirasi lah, inget lagi masak takut angus lah, macem-macem aja.

Aku udah mau kerja lagi nih..udah dulu yaa nulisnya...

wassalam

14 komentar:

Ririe Khayan mengatakan...

Think centre ~ fokus..

Pernah banget ngalami..lagi harusnya fokus dan konsentrasi tingkat dewa tapi pikiran malah kemana-mana. Kalu sdh kayak gitu, saya break saja, tinggalin kerjaan dulu beberapa waktu dan kembali on the desk jika pikiran sdh stabil.

Irma Devi Santika mengatakan...

saya termasuk orang yang sulit berpikir terpusat atau fokus. pasti berbagai kerjaan numpuk jadi satu klo udah gitu uring2an sendiri. hehe..
jadi terinspirasi juga sama semboyan Lenovo. hokus fokus :)

HP Yitno mengatakan...

Betul juga, ane sering melihat think centre saat menggunakan lenovo pas masih kerja di Jogja. Repotnya kalau nggak fokus atau think centre, ya pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaikan pada umur 3 tahun, malah molor jadi 4.5 tahun.

alaika abdullah mengatakan...

Aku juga sering tuh ngalami ga bisa fokus mba... seringnya jika sedang ada banyak ide di kepala.... gawat deh..... yang ini belum kelar, kok hati ini udah ga sabar ingin ngerjain ide yang lainnya, rasanya exciting banget, tapi ujung2nya kerjaan jadi lompat-lompat....

akhirnya, cuma ada satu cara, aku tuliskan di post it, urutan/prioritas yang harus aku kerjakan dan tempel di salah satu sisi laptop agar terlihat nyata.

Baru deh bisa fokus. Hehe...

btw, dapat ide selagi shalat? ih jangan2 itu godaan setan mba melalui ide biar shalat jadi ga khusyuk, hahaha....

Orin mengatakan...

mirip2 kek fokus kali ya Pu? aku agak2 susah buat ber-think center, coz emang lumayan multi tasking akut mihihihihi

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

biasa mbak cewe banyak pekerjaan yang harus dikerjakan satu waktu

ke2nai mengatakan...

sy sering tuh gak fokus gitu.. hihi..

apikecil mengatakan...

Hahahahahah..
saya sering nggak bisa konsen mbak
biasanya sih alasannya adalah banyak pikiran..
jadi, ketika ngerjain sesuatu pasti nyabang deh pikirannya...

Apa kabar Mbak?

Henny mengatakan...

biasanya aku suka nggak bisa mikir kalo lapar *hehehe,ternyata sama ya*. Kalau nulis sambil baca buku,sambil makan,sambil bb-an mah sering. hihihi. miss you umi :)

Yunda Hamasah mengatakan...

Apa khabar Pu, apa think centre kita hari ini?

affanibnu mengatakan...

think centre itu juga perlu apalagi lagi bawa motor..

jangan terpengaruh sama cewe cantik kalo gak mau nyawa melayang.. :)

khansa mengatakan...

iyah.. susah mba untuk bisa fokus, .. yg paling gampang itu fokus baca buku yang udah diidam2kan ya..;)

obat penyakit stroke alami mengatakan...

Think center ketika sholat memang hal yang sulit...

eo kids party mengatakan...

think center dalam melakuakn hal lain memang sulit