Minggu, 31 Maret 2013

Mr Little Brother (Pra)

Assalaamu'alaikum wr.wb

Ah..sudah ahad sore, besok mulai bekerja kembali. Jangan khawatir dan tersenyumlah sebab bekerja itu jika diniatkan karena Allah akan mendapatkan pahala di akhirat nanti. Insya Allah.

Gue mo cerita tentang satu hal yang menggelayuti pikiran gue beberapa hari terakhir. Seperti yang gue tulis di post gue yang sebelum ini kalo atasan gue pindah ke Biro Humas. Gue kaget...bukan kaget kenapa-kenapa sih karena sebagai anak biro SDM khususnya subbag Mutasi dan Pemberhentian gue sangat-sangat memahami kalo setiap pegawai entah pegawai struktural, fungsional atau staf penunjang pendukung itu pasti akan dipindah. Semua akan (P) indah pada masanya, itu kata pa ade suatu hari dan kata pa padang di statusny. Pa Padang itu Kepala Bagian Perencanaan dan Mutasi. Kasubbag Mutasi dan Pemberhentian itu salah satu subbag di bawahnya Kabag Perencanaan dan Mutasi.

Ya, sebagai seorang pegawai kita harus mengedepankan logika dan pikiran jauh di depan perasaan kita. Bahkan di sebuah buku dinyatakan bahwa kita jangan sekali-kali menganggap kantor sebagai tempat curhat kita, sebagai keluarga kita. Karena apa, karena kantor adalah tempat bekerja, bersaing, politik-politik an, sikut-sikut an, dsb jadi kalo lo banyak curhat lo bakalan dapet hal ga enak setelahnya. Ya, gue tau. Temen-temen gue banyak yang cerita, baik temen yang kerja di kantor lain ataupun temen yang masih satu kantor ama gue tapi lain unit kerja. Gue juga berusaha untuk mengedepankan logika dan pikiran gue ketika bekerja, gue ga menganggap atasan dan temen-temen kantor gue sebagai tempat mendengar keluh kesah gue tapi tempat gue melakukan yang terbaik. Ya gue tau itu.

(ceritanya bicaranya sambil meledak-ledak)

Tapi....

*ditampol Bajoe Ganti alias Bayu temen gue yang suka nampol-nampol tapi alhamdullillah ga pernah nampol beneran.

Ya, awalnya gue begitu. Waktu baru pindah ke SDM pada tahun 2009. Entah karena gue masih baru dan rada sungkan, entah untuk jaga image, entah karena gue dipindah dari Ternate jadi gue harus nunjukkin dong kalo gue anak baik-baik, entah karena saat itu gue masih menyusui Azkiya yang dalam sehari gue bisa 3-4 kalo memerah ASI di kantor jadi kalo pas di ruangan gue harus banyak bekerja kan??? (Pa ade sangat welcome akan hal ini, i give thankyouful for you sir...), entahlah ... Dan itu terjadi hingga tahun 2011, di tahun 2011 kan Azkiya udah berenti ASI ...

Saat itu waktu gue udah banyak untuk melakukan banyak hal di kantor, termasuk ngeblog *ditampol Bayu lagi..hihi...

Yes, saat itu gue uda mulai lebih terbuka dengan temen-temen kantor. Selain karena udah mulai merasa nyaman juga karena atasan gue Pak Ade orangnya juga asyik banget. Dia itu orang yang serius jika harus serius dan sangat gila jika keadaan mengharuskan demikian. Dia bisa membagi pikirannya antara tugas kantor dengan komunitas honda civic dimana dia jadi adminnya. Kalah gue,,waktu gue jadi admin warung blogger di FB aja ahirnya gue nyerah dan ga mau lagi. But, he can. BB nya aja tangtung tangtung terus antara kerjaan dan komunitas. Untuk itu juga Pa Ade ga pernah melarang anak buah untuk ngenet atau melakukan hal-hal lain semisal jualan, main games, memerah ASI, dsb asalkan kerjaan beres.

Gue amaze dengan bos kaya gitu..beda dan ngerti banget kalo anak buahnya pada dasarnya ga bisa diem semua.

Sebenarnya banyak hal yang memorize di gue tentang pa ade. Pa Padang dan Pa Ade yang gue hubungi ketika gue tahu bahwa penempatan pertama gue di Maluku Utara. Waktu itu masih diklat auditor ahli. Gue coba ke Biro SDM, cari tahu banyak hal, apakah masih ada kemungkinan gue bisa digeser. Gue menghadap Pa Padang, Pa Padang menyarankan gue juga ke Pa Ade.  Gue mengatakan saat itu ke mereka bahwa gue baru melahirkan dan bisa ga penempatan sementara atau apalah sebelum ke ternate. Tapi kata mereka, belum bisa. Yah, memang masih baru, cpns aja belum. Dan aturan mutasi di BPK saat itu belum ada. Jadilah gue mendapatkan jawaban yang gue pikir dengan segala keegoan gue, ga adil. 

Gue juga penempatan sementara setelah gue melahirkan azkiya di subbag pa ade. Daaan amaze lagi ternyata gue ditempatkan definitif, dipindah dari ternate ke jakarta juga di subbag mutasi dan pemberhentian, di bawah pa ade.


*ini berupa pra ya...lanjutan dan detil di mr-little-brother-1 Wassalam



Baca juga daftar isi

7 komentar:

Hanna HM Zwan mengatakan...

nyaman kl bos kita bikin nyaman,aman dan tentram hehehe

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

type bos idaman ya

kakaakin mengatakan...

Hehe.. Biasanya bos tu ngomel2 kalo ngelihat anak buahnya sibuk fesbukan mulu, atau megang hape mulu. Kapan kerjanya? Kira2 gitu kata beliau :D

kakaakin mengatakan...

Hehe.. Biasanya bos tu ngomel2 kalo ngelihat anak buahnya sibuk fesbukan mulu, atau megang hape mulu. Kapan kerjanya? Kira2 gitu kata beliau :D

puteriamirillis mengatakan...

@Hanna HM Zwanyup..bener mb

puteriamirillis mengatakan...

@Lidya - Mama Cal-Viniya mba...

puteriamirillis mengatakan...

@kakaakinbos juga nyindirr sih mbak..cm ya ga kaku, yg penting kerjaan beres dan bisa bagi waktu..