Kamis, 04 April 2013

Mr Little Brother (1)

Assalaamu'alaikum wr.wb.

(tulisan bergaris miring adalah copas dari postingan sebelumnya,  gue merasa postingan sebelumnya itu ga smooth banget, jadi gue edit dan ulang pos).

Awalnya : Gue

Gue mo cerita tentang satu hal yang menggelayuti pikiran gue beberapa hari terakhir. Seperti yang gue tulis di post gue yang sebelum-sebelum ini kalo atasan gue pindah ke Biro Humas. Gue kaget...bukan kaget kenapa-kenapa sih karena sebagai anak biro SDM khususnya subbag Mutasi dan Pemberhentian gue sangat-sangat memahami kalo setiap pegawai entah pegawai struktural, fungsional atau staf penunjang pendukung itu pasti akan dipindah. Semua akan (P) indah pada masanya, itu kata pa ade suatu hari dan kata pa padang di statusny. Pa Padang itu Kepala Bagian Perencanaan dan Mutasi. Kasubbag Mutasi dan Pemberhentian itu salah satu subbag di bawahnya Kabag Perencanaan dan Mutasi.

Ya, sebagai seorang pegawai kita harus mengedepankan logika dan pikiran jauh di depan perasaan kita. Bahkan di sebuah buku dinyatakan bahwa kita jangan sekali-kali menganggap kantor sebagai tempat curhat kita, sebagai keluarga kita. Karena apa, karena kantor adalah tempat bekerja, bersaing, politik-politik an, sikut-sikut an, dsb jadi kalo lo banyak curhat lo bakalan dapet hal ga enak setelahnya. Ya, gue tau. Temen-temen gue banyak yang cerita, baik temen yang kerja di kantor lain ataupun temen yang masih satu kantor ama gue tapi lain unit kerja. Gue juga berusaha untuk mengedepankan logika dan pikiran gue ketika bekerja, gue ga menganggap atasan dan temen-temen kantor gue sebagai tempat mendengar keluh kesah gue tapi tempat gue melakukan yang terbaik. Ya gue tau itu.

(ceritanya bicaranya sambil meledak-ledak)

Tapi....

*ditampol Bajoe Ganti alias Bayu temen gue yang suka nampol-nampol tapi alhamdullillah ga pernah nampol beneran.

Ya, awalnya gue begitu. Waktu baru pindah ke SDM pada tahun 2009. Entah karena gue masih baru dan rada sungkan, entah untuk jaga image, entah karena gue dipindah dari Ternate jadi gue harus nunjukkin dong kalo gue anak baik-baik, entah karena saat itu gue masih menyusui Azkiya yang dalam sehari gue bisa 3-4 kalo memerah ASI di kantor jadi kalo pas di ruangan gue harus banyak bekerja kan??? (Pa ade sangat welcome akan hal ini, i give thankyouful for you sir...), entahlah *kayanya yang terahir alasan utamanya. Dan itu terjadi hingga tahun 2011, di tahun 2011 kan Azkiya udah berenti ASI. Saat itu waktu gue udah banyak waktu untuk melakukan hal-hal lain di kantor, termasuk ngeblog *ditampol Bayu lagi..hihi...


Sosok Bos Idaman Itu...

Yes, saat itu gue uda mulai lebih terbuka dengan temen-temen kantor. Gue uda bisa mengenal lebih jauh temen-temen seruangan. Selain karena udah mulai merasa nyaman juga karena atasan gue Pak Ade orangnya juga asyik banget. Dia itu orang yang serius jika harus serius dan sangat gila jika keadaan mengharuskan demikian.  


Terkadang permasalahan utama yang dimiliki pegawai jaman sekarang bukan pada ketidakmampuan dia untuk mengerjakan suatu pekerjaan tapi dari rasa nyaman yang tidak dia dapatkan pada lingkungan kantor. Temen gue yang kerja di perusahaan Jepang pernah bilang bahwa di kantornya ga ada jaringan internet, adanya hanya jaringan intranet. Jadi seharian ga ada tuh acara santai sejenak browsing. Jangankan ngenet dengerin lagu aja ga boleh. Sutris ga siih???

Apa boleh buat, pegawai di era internet seperti sekarang ini ga bisa dibatasi untuk tidak menggunakan internet, tapi harus ditumbuhkan kesadaran bahwa lo lagi kerja, kerjaan lo harus beres, walopun boleh ngenet tapi bukan berarti kewajiban lo di kantor bubar. Dibutuhkan bos yang asyik, yang ga kaku dan bisa membuat anak buahnya menyadari kewajibannya tanpa membuat dia ga enak hati setiap ketauan bos kalo dia lagi ngenet.

Bos yang asyik itu ada pada sosok Pa Ade. Serius. Dia bukan hanya bertindak sebagai bos yang wise karena bisa memahami kalo anak buah harus dimengerti dalam hal penggunaan internet tapi karena dia pun pelakunya. Maksud gue, dia pun melakukan hal yang sama dengan yang anak buahnya lakukan yaitu berinternet ria, berkomunikasi dengan komunitas, dsb. Ya, like father like son and daughter lah. hehe. Dia adalah sosok pegawai yang bisa stabil walopun harus bekerja sambil internetan. Dia bisa membagi pikirannya antara tugas kantor dengan komunitas honda civic dimana dia jadi adminnya. Kalah gue,,waktu gue jadi admin warung blogger di FB aja ahirnya gue nyerah dan ga mau lagi. But, he can. BB nya aja tangtung tangtung terus antara kerjaan dan komunitas. Untuk itu juga Pa Ade ga pernah melarang anak buah untuk ngenet atau melakukan hal-hal lain semisal jualan, main games, memerah ASI, dsb asalkan kerjaan beres. Gue amaze dengan bos kaya gitu..beda dan ngerti banget kalo anak buahnya pada dasarnya ga bisa diem semua. Ya, gue paham. Karena dia juga aktor dari apa-apa yang kami sebagai anak buahnya lakukan. Dan itu membuat kami anak buah itu merasa nyaman, aman, tenteram tapi harus bertanggungjawab. Kalo ga tanggung jawab pa ade bisa marah banget. Suer.

Kalo pa Ade lagi marah, mukanya serius banget. Kami anak buahnya tegang, tegang banget. Sebagai Kasubag yang menangani mutasi dan pemberhentian pegawai tanggung jawabnya berat. Resikonya besar. Beban ke atasan dan beban juga ke seluruh pegawai. Selain menangani pemindahan pegawai struktural, fungsional dan non struktural juga menangani masalah kenaikan pangkat, jabatan tertentu, tuntutan ganti rugi pegawai yang tugas belajar, pola karir, pemindahan jabatan fungsional ke non fungsional, pemberhentian pegawai , dsb. Salah dikit aja dari kerjaaan bisa dapet protes sana sini. 

Pa Ade lagi serius, widih jangan sampe deh. Dan kalo dia lagi serius jangan sekali-kali elo senyum atao ketawa di depan dia. Dia ga suka. Maunya kalo lagi serius ya pasang tampang serius, kalo lo lagi ga serius ya berusaha acting serius. Begitu harusnya. Pernah suatu hari Senin, suara pa Ade hilang dan jadi nyaring gitu. Pa Ade ngumpulin kita di ruangannya. Biasanya Pa Ade kalo suaranya ilang itu karena hari minggunya karaokean mungkin terlalu heboh sehingga suaranya jadi ilang. Sumpah saat itu temen-temen yang lain bisa pasang muka serius. Kecuali gue, demi mendengar suara pa ade gue malahan senyam senyum. Gue ga bisa nahan ketawa. Gue palingin muka ke arah retno. Retno bisa pasang muka serius. Yang lain juga gitu. Sampai akhirnya gue beneran sumpah ga enak banget kondisi pas pa ade serius tapi suaranya ilang. Pa ade ga marah dengan itu, dalam hati mungkin bilang, "sialan lo puuut". Bayu malahan bilang ke pa ade," pak, maaf, suara bapak kaya suara-suara di film kartun". Busyet, gue makin sakit perut nahan ketawa. Pa ade saat itu diam aja. Ya, gue tahu kondisi dia saat itu lagi ga enak banget, pastinya sakit di tenggorokan, dia juga mungkin ngertiin kalo anak buah jadi ketawa tapi juga ga enak ati ama pa adenya. Dan juga kondisi saat itu dia lagi pusing berat mikirin hal yang kami bicarakan itu ditambah kerjaan dia lainnya.  

Untuk Lanjutan: Memorize...

Sebenarnya banyak hal yang memorize di gue tentang pa ade. Pa Padang dan Pa Ade yang gue hubungi ketika gue tahu bahwa penempatan pertama gue di Maluku Utara. Waktu itu masih diklat auditor ahli. Gue coba ke Biro SDM, cari tahu banyak hal, apakah masih ada kemungkinan gue bisa digeser ga jadi ke maluku utara. Gue menghadap Pa Padang, Pa Padang menyarankan gue juga ke Pa Ade.  Gue mengatakan saat itu ke mereka bahwa gue baru melahirkan dan bisa ngga ya penempatan sementara atau apalah sebelum ke Maluku Utara. Tapi kata mereka, belum bisa. Yah, memang masih baru, cpns aja belum. Dan aturan mutasi di BPK saat itu belum ada. Jadilah gue mendapatkan jawaban yang gue pikir dengan segala keegoan gue, ga adil. 


Berangkatlah gue akhirnya ke Maluku Utara. Menyisakan berbagai pertanyaan dalam diri gue. Kenapa harus gue, kenapa harus gue. Tapi gue inget perkataan temen gue seperti yang gue bilang di atas. Instansi ga akan mungkin menuruti segala kehendak pribadi kita. Take it or leave it! Gue udah cerita tentang gue ke Maluku Utara di sini.

Gue juga penempatan sementara setelah gue melahirkan azkiya di subbag pa ade. Daaan amaze lagi ternyata gue ditempatkan definitif, dipindah dari ternate ke jakarta juga di subbag mutasi dan pemberhentian, di bawah pa ade. 

Gimana kelanjutannya simak di pos berikutnya yaaaa..bersambung ke http://puteriamirillis.blogspot.com/2013/04/mr-little-brother-2.html

Wassalam 

Baca juga daftar isi

8 komentar:

Lyliana Thia mengatakan...

waduuuh Puuu... Lika liku karirmu... :-D

semoga dimanapun ditempatkan, dgn siapapun rekan kerjanya, dan berada dibawah siapapun yg duduk sbg atasan, Pu dkk tetap bisa enjoy...

Bekerja dgn hati.. Amin.. :-)

puteriamirillis mengatakan...

@Lyliana Thiayup mbak thia..makasih yaaa...

meilya dwiyanti mengatakan...

akuu mauu dong mbak Pu, bos kayak mbaak Pu, asik benerr yaa... hehehehhe, udah baca yang bagian 2 baru baca bagian 1, hehehe...

semoga ganti pak ade nanti juga se asik pak ade deh, meskipun itu kecil kemungkinannya yaa.. ?? hehhehe

Vina Ayuningtyas mengatakan...

Dan saya pun pernah nangis sesenggukan di ruangan Pak Ade setelah tau dimutasi ke Kep. Bangka Belitung.. #fiuhhh =_=

ummi bindya mengatakan...

Pak ade tuh kayak bos nya Umi juga pu, sersan. dan baiknya itu aduhhh abis2an deh.. salam kangen..

puteriamirillis mengatakan...

@meilya dwiyantiharus dinikmati semua mbak, dg pemimpin tipe apapun...

puteriamirillis mengatakan...

@Vina Ayuningtyasmasa vin? ak kok ga liat ya...(he..)

puteriamirillis mengatakan...

@ummi bindyasama ya mi...alhamdullillah baik mi,,iya kangen mi