Minggu, 21 April 2013

Sehari Menjadi Srikandi Ilmu Pengetahuan Alam


Srikandi Ilmu Pengetahuan Alam

Dalam foto ini saya sedang berada di sebuah hotel di Gorontalo ketika saya melakukan perjalanan dinas. Pada foto tersebut selain saya sedang iseng saja dengan kamera juga terkandung beberapa pembuktian sederhana yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan alam khusunya mengenai lensa kamera, lensa mata dan pemantulan pada cermin datar, diantaranya sebagai berikut:

# Foto ini dibuat hanya menggunakan kamera pocket merek kodak. Saya memanfaatkan cermin besar yang ada di kamar hotel. Saya mengira fotonya akan kabur ternyata tidak. Hal ini membuktikan bahwa lensa kamera menangkap objek yang sama seperti kita melihat bayangan kita sendiri di cermin tersebut. 

#Lensa kamera dengan begitu memiliki sifat yang hampir sama dengan lensa mata manusia. Lensa kamera menangkap citra atau objek sebagaimana citra atau objek yang ditangkap oleh lensa mata manusia.

Srikandi Ilmu Pengetahuan Alam mengatakan ada hal lain yang terkandung pada foto di atas yaitu sebagai berikut:

# Jika kita mau melihat pada foto di atas, sebenarnya saya memfoto sebuah pemantulan pada cermin datar. Dalam sebuah cermin datar, berkas sinar yang sejajar mengalami perubahan arah secara keseluruhan, tapi masih tetap sejajar; bayangan terbentuk di sebuah cermin datar merupakan bayangan maya, yang besarnya sama dengan objek aslinya. Bisa kita lihat pada foto di atas tinggi badan saya masih sama dengan aslinya, begitu pula lebar badan saya, tidak berubah dari aslinya. Jarak saya ke cermin masih sama dengan jarak asli saya ke cermin. Hanya skala saja yang berbeda. Maklum ini hanya foto seukuran postcard.

# Pada sebuah cermin datar, letak bayangan yang dihasilkan akan berkebalikan dengan benda aslinya. Sebagaimana contoh di atas, tangan kanan saya akan terposisikan di foto sebagai tangan kiri saya. Hal ini membuktikan bahwa lensa kamera benar-benar menangkap bayangan sebagaimana yang ditangkap lensa mata manusia. 

Demikian semoga artikel ini bermanfaat bagi ilmu pengetahuan alam khususnya mengenai lensa kamera, lensa mata dan pemantulan pada cermin datar.

Demikian laporan Srikandi Ilmu Pengetahuan Alam. :)

Foto ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan: Sehari Menjadi Srikandi

Baca juga daftar isi

28 komentar:

Sohibul Kontes Hari Kartini mengatakan...

Selamat memeringati Hari Kartini 2013.
Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Kontes Unggulan Sehari Menjadi Srikandi
Nantikan pengumuman hasilnya tanggal 1 Mei 2013
Salam hangat dari Surabaya

Nathalia Diana Pitaloka mengatakan...

wow :)

catatan kecilku mengatakan...

Benar2 cocok dinobatkan sbg Srikandi IPA mbak... aku baca postingannya sekaligus dapat ilmunya lho :D

the others mengatakan...

Wow... hari ini banyak banget Srikandi Blogger yang bermunculan :)
Gudlak utk kontesnya yaaa... Aku malah belum cari fotonya... pengen ikutan juga sih :)

Dwina mengatakan...

Selamat Hari Kartini ya, mbak....Salam Kenal n Good luck.

puteriamirillis mengatakan...

@Sohibul Kontes Hari Kartiniterimakasih senangnya sudah diterima juri.

puteriamirillis mengatakan...

@Nathalia Diana Pitalokawidih =)

puteriamirillis mengatakan...

@catatan kecilkusemoga bermanfaat ya mbak :}

puteriamirillis mengatakan...

@the othersayo mbak ikutan...

puteriamirillis mengatakan...

@Dwinaselamat hari kartini dwina...trims n salam kenal juga

Elsa mengatakan...

selamat hari kartini....

puteriamirillis mengatakan...

@Elsaselamat hari kartini elsa

dunia kecil indi mengatakan...

aku paling gak bisa memfoto pantulanku sendiri di cermin :p god luck ya :)

puteriamirillis mengatakan...

@dunia kecil inditrims ya indi...

yayats38 mengatakan...

Nambah ilmu tentang lensa kamera.
Makasih banyak.
Sekaligus ijin ambil fotonya ya Mbak.
Tks.
Salam

alaika abdullah mengatakan...

wow, ga sia2 main ke rumah Mbak Pu, jadi diingatkan lagi deh dengan pelajaran ini. :)
sukses ya. Mbak. :)

Tarry KittyHolic mengatakan...

Kembali belajar IPA disini :)

Hasil fotonya bagus ya mbak, kalau dilihat sekilas kayak foto biasa, bukan foto hasil pantulan dari cermin datar

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

aku duduk manis ya mbak disnin menyimat mata pelajaran IPA :)

Inna Riana mengatakan...

Wow, penjelasannya mantap :)
Sukses untuk kontes fotonya ya mbak :)

puteriamirillis mengatakan...

@yayats38baik pak juri

puteriamirillis mengatakan...

@alaika abdullahsemoga bermanfaat ya mbak alaika

puteriamirillis mengatakan...

@Tarry KittyHolicayo belajar mbak tarry,
ngga ngerti deh, ga pake teknis khusus kok mbak.

puteriamirillis mengatakan...

@Lidya - Mama Cal-Vinmari belajar mbak lidya :)

puteriamirillis mengatakan...

@Inna Rianasemoga bermanfaat ya mbak.

Esti Sulistyawan mengatakan...

Berkunjung kemari setelah sekian lama Mbak
Cantik banget fotonya :)

duniaely mengatakan...

Good luck buat kontesnya ya mbak :)

puteriamirillis mengatakan...

@Esti Sulistyawanehm...alhamdullillah esti

puteriamirillis mengatakan...

@duniaelymakasi ya el...