Selasa, 21 Mei 2013

Diklat Plus Jalan-Jalan di D.I Yogyakarta Plus Kopdar Dengan Phi

Assalaamu'alaikum Wr.Wb

Ajeng, Bela, Pu
Intro
Sambil menunggu suami pulang main futsal, nulis sedikit deh tentang perjalanan saya pada tahun lalu tepatnya bulan Mei tanggal 7-11 Mei 2012. Sebenarnya sudah pernah menulis di sini. Tapi di tulisan itu belum komplit, jadi pos ulang lahya, lagian belum dipasang foto. Perjalanan ke Yogyakarta bersama Ajeng dan Bela.  

7 Mei 2012
Kami naik pesawat garuda. Mengenai ini saya ada cerita sendiri, tadinya saya sudah booking Lion, tapi nggak jadi karena akhirnya dapat tiket garuda. Entah deh, di travel A dibilang tiket garuda sudah habis. Tapi setelah dikulik-kulik ke travel lain ternyata masih ada. Bukan karena apa-apa sih akhirnya pindah maskapai.  Tapi suka aja kalo ada entertainment selama perjalanan ditambah disediakan makanan, meskipun kami harus membayar lebih mahal. Ada harga, ada barang. Semua pilihan pada semua maskapai ada, tinggal konsumen saja memilih sesuai kebutuhannya. 

Yup, balik lagi. Saya berangkat afternoon, jam nya lupa. Sebelum berangkat teman saya makan di cafe sebelah musholla di terminal 2F, ada gerai Roti Boy juga disana. Aroma roti tercium dari radius 5 meter, benar-benar sebuah teknik marketing berbasis aroma. Roti yang empuk dengan aroma yang menggoda tentu membuat setiap orang berkeinginan memakannya. Teman saya memesan makanan Padang berupa cumi yang ukurannya cukup besar. Teman saya yang satu lagi hanya minum kopi. Saya sendiri tidak memesan apa-apa, karena sudah makan dari rumah.


Senja dengan jingga dan ungu yang mulai menyeruak ke permukaan :)
Kami sampai di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta menjelang maghrib. Ajeng langsung menuju rumah mertua, sedangkan saya dan Bela naik taksi ke Balai Diklat BPK RI Yogyakarta yang letaknya di jalan HOS. Cokroaminoto No. 52 (Letak Balai Diklat masih satu lokasi dengan BPK RI Perwakilan Provinsi Yogyakarta). Yup, tujuan kami ke Yogyakarta memang mau diklat kan temans. Kami diklat POS (prosedur operasional standar) selama 3 hari. Taksi pun sampai di lokasi setelah 15 menit. Sesampainya di gerbang Balai Diklat kami menanyakan ke Satpam lokasi penginapan Balai Diklat. Satpam menanyakan nama kami berdua untuk dicocokkan ke data pegawai yang akan ikut diklat POS. Kami juga menunjukkan surat pemanggilan diklat dari Balai Diklat Yogyakarta. Selesai urusan dengan Satpam, taksi terus melaju ke lokasi penginapan yang letaknya di belakang kompleks. Begitu taksi berhenti di lobby kami pun membayar dan turun.

Kami masuk penginapan dan melaporkan diri ke resepsionis. Yang dilaporkan adalah nama, KTP dan surat pemanggilan untuk diklat seperti yang kami tunjukkan ke Satpam. Setelah dicocokkan nama dan daftar peserta diklat, kami pun diberi kunci kamar. 

Lorong ke kamar dan resepsionis, jadul ya ornamennya...:)


8 Mei 2012
Esoknya setelah sarapan, kami pun mulai mengikuti diklat. Peserta diklat berasal dari beberapa Perwakilan dan Kantor Pusat. Widyaiswara (penyaji) membuka dengan sesi perkenalan. Kami diminta memperkenalkan diri satu persatu. Setelah sesi perkenalan dimulailah pembelajaran. Diklat SOP yang kami ikuti ini penting untuk kami ikuti. BPK memang sedang menggalakkan pembuatan SOP dalam menunjang pekerjaan dan memudahkan pegawai untuk memahami langkah-langkah kerja yang harus mereka jalani.



Diklat yang kami jalani cukup menyenangkan karena materi yang disajikan menarik dan dalam pembelajarannya mengutamakan praktik. Untuk hari pertama ini widyaiswara masih menyajikan materi secara clasical. Diberi materi mengenai teori-teori dan praktik dalam pembutan SOP. Kami diklat dari pukul 08.00-17.00 WIB. Panjang waktunya ya temans.

Sore setelah pukul 17 sampai dengan malam adalah waktu bebas untuk kami. Maka kami pun janjian pergi ke Malioboro setelah sholat Maghrib. 



Kami berangkat ke Malioboro naik becak, cukup lama kami di jalan ternyata si Abang becak membawa kami ke kawasan Pathuk. Berhubung kami belum mau membeli oleh-oleh bakpia, kami hanya bilang ke abang becak untuk terus saja ke Malioboro. Pengen nyobain angkringan di pinggir rel kereta Stasiun Tugu Yogyakarta. Tapi sebelumnya kami ke Mirota Batik yang terletak di Jl. Ahmad Yani No.9 Ngupasan Gondomanan Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia Telepon:+62 274 588524. Saya membeli gelang 2 buah dan coklat monggo untuk suami dan teman-teman kantor. Di Mirota Batik dijual beraneka ragam batik, kerajinan seperti wayang, patung, gelang-gelang, sendal, dijual juga beraneka oleh-oleh makanan, dll. Tempatnya luas dan nyaman. Terasa banget Yogya nya.

Dari Mirota kami menuju angkringan dan memesan Sego kucing, kopi Joss yaitu segelas kopi yang dimasukkan arang kedalamnya. Pas pertama aku merinding, kok bisa? Tapi setelah dicoba, wih mantap. Dilengkapi dengan aneka gorengan maka semakin lengkaplah menu kami. Salah satu angkringan adalah angkringan Likman yang legendaris. Walaupun ada banyak lagi angkringan lainnya.


9 Mei 2012
Diklat berjalan lagi, hari kedua. Kami dibagi dalam beberapa kelompok yang diberi tugas membuat POS dengan pekerjaan sesuai tema kelompoknya. Misalnya kelompok saya membahas POS Klinik BPK, sedangkan di kelompok lain membahas POS Keuangan, POS Bantuan Hukum, dll. Lumayan dengan adanya kerja kelompok ini membuat kami lebih mudah dalam memahami teori dan praktik dalam pembuatan POS sehingga ketika nanti harus mengimplementasikan dalam pekerjaan sehari-hari diharapkan tidak ada kesulitan berarti lagi.

Selepas diklat saya memfoto-foto halaman gedung BPK RI Perwakilan Provinsi Yogyakarta.


Malamnya saya, Bela dan Ajeng pergi ke Mal Ambarukmo. Salah satu mal yang besar di Yogyakarta. Kami ke gramedia untuk membeli beberapa buku. Setelah itu Ajeng pulang karena kuatir kemaleman sementara saya dan Bela janjian ketemu dengan temannya Bela. Kami makan malam bersama temannya Bela di KFC.

10 Mei 2012
Pada diklat hari ketiga, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan kelompok di depan kelas. Dari kelompok-kelompok itu kami mendapat penghargaan sebagai kelompok terbaik kedua. Alhamdulillah.

Selepas diklat pukul 17.00 saya pergi ke Asri Medical Centre (AMC) yang letaknya masih di jalan HOS. Cokroaminoto. Saya naik becak ke AMC. Mau ngapain sih pu? Saya mau kopdar dengan Phi. Saya menghubungi Phi sebelum saya berangkat ke Yogyakarta melalui messege FB. Setelah saling punya no hp kami pun janjian bertemu di Asri Medical Centre.



Sesampainya di AMC langsung disambut oleh Phi. Cipika cipiki, whoa, akhirnya ketemu ama Phi setelah selama ini hanya berinteraksi melalui blog. Kami pun memasuki AMC dan memutuskan untuk makan di Mie Ceker Oye. Kami memesan somay, salad buah dan milk shake. Kami ngobrol macam-macam. Tentang diri masing-masing, tentang blog, dll. Phi yang bernama lengkap Paluphi Jatuasri ini ternyata bertubuh mungil. Coba aja liat foto di bawah ini.
 

Kami mengobrol lumayan lama, dari Asar sampai maghrib menjelang. Kami pun sholat maghrib di lantai 2 AMC. Setelah sholat maghrib kami pun pulang. Untuk cerita yang superduper lengkap ada di http://asree84.wordpress.com/2012/05/29/kopdar-kedua-nyasar-di-amc-hos-cokroaminoto/.

Malamnya saya dan Bela naik becak ke alun-alun untuk makan mie Jogja yang terkenal enak. Lalu membeli oleh-oleh di beberapa tempat seperti di Bakpia Pathuk dan Cokro Tela Cake.



11 Mei 2012
Yeay its time to go home. Go to Jekardah. Pagi-pagi kami siap-siap berangkat ke Bandara. Naik taksi. Neksi, istilah saya :). Saya dan Bela bertemu Ajeng di Bandara. Yah, memang selama diklat dia tidak menginap di penginapan. Alhamdullillah, selama di pesawat tidak ada hal berarti dan kami sampai di Jakarta dengan selamat. Sampai jumpa di diklat berikutnya :).

 Baca juga daftar isi

18 komentar:

monda mengatakan...

Pu makin pinter edit fotonya nih..

Dihas Enrico mengatakan...

wiiii asyiknya ya..
pantasan pada sumringah kalau diklat apalagi kalau tempatnya banyak ragam wisata yg menarik...
:)

Nophi mengatakan...

senang ya mbak... ngerjain tugas kantor jadi semangat dapat bonus ketemuan sama jalan-jalan hehehe..

Mr. Andry mengatakan...

wah asyik banget bisa jalan-jalan ke jogja



salam blogger gagal

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

kerja, jalan-jalan plus kopdar ya mbak

meutia rahmah mengatakan...

asik ya pu jalan2 plus kopdar juga, ajarin donk cara edit futu nya :)

Nchie Hanie mengatakan...

senengnya yang kerja sambil jalan2 ya.. plus kopdar pulaa :D

zainal mengatakan...

asik tuh jalan - jalannya ..

Obat Penghancur Batu Empedu mengatakan...

Cerita yang sanbat berkesan pastinya dan juga perjalanan yang tidak akan pernah terlupakan ya mbak ?

puteriamirillis mengatakan...

@mondapake photovisi.com bun...

puteriamirillis mengatakan...

@Dihas Enricoyup, asyik bgt,...

puteriamirillis mengatakan...

@Nophibetul nop...

puteriamirillis mengatakan...

@Mr. Andryya,,betul...

puteriamirillis mengatakan...

@Lidya - Mama Cal-Viniya mbaaak...:)

puteriamirillis mengatakan...

@meutia rahmahgampang kok mut pake photovisi.com aja...ada tutorialnya kok disana

puteriamirillis mengatakan...

@Nchie Hanieiya chi..:D

puteriamirillis mengatakan...

@zainaliya asyik...

puteriamirillis mengatakan...

@Obat Penghancur Batu Empeduiya takkan terlupakan...