Selasa, 28 Januari 2014

Les Miserables

Assalaamu'alaikum
Pu lagi mau menyelesaikan novel les miserables karya monumental Victor Hugo. Yup, di tengah-tengah baca novel empat musim Ilana Tan dan novel metropop nya Ika Natassa boleh juga nih baca novel sejarah yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1862. Udah lama banget kan.

Victor Hugo menyiapkan novel dengan 5 volume ini selama 20 tahun. Luar biasa bukan. Novel ini menceritakan kisah realita sosial dan ketidakadilan hukum yang terjadi di Perancis pada masa itu. Les miserables mengambil latar waktu kondisi Perancis antara tahun 1815 dan 1832, tahun ketika Hugo muda mulai berkenalan dan bersinggungan dengan dunia politik masa setelah tahun 1793.

Dimulai masa kekalahan Napoleon di Waterloo dan kembalinya era kerajaan di bawah Louis XVIII. Era ini disebut Restorasi Bourbon.

Sosok sentral dalam novel ini adalah Jean Valjean seorang mantan narapidana yang dipenjara 19 tahun karena mencuri sepotong roti untuk menghilangkan lapar bagi keluarga ya. Ada juga bumbu kisah percintaan Jean dengan Fantine.

Novel ini untuk versi Indonesia diterbitkan oleh penerbit Visi Media setebal 482 halaman. Itu baru satu volume buku. Mudah-mudahan bisa membaca kelima volume buku.

Itu dulu ya.
Wassalam
Pu
http://puteriamirillis.blogspot.com/p/daftar-isi.html

Tidak ada komentar: