Senin, 24 Oktober 2011

Sapi Lada Hitam Untuk Anak Kost

Sapi lada hitam merupakan salah satu masakan yang mudah untuk dibuat dan praktis. Bumbu yang digunakan juga lebih ke arah bumbu botolan seperti kecap manis, saus tiram, kecap asin. Bagi anak kost masakan ini cukup praktis untuk dibuat daripada beli terus kaan? Dengan menggunakan kompor portable saja sudah cukup. Memasak di kamar jika tidak disediakan dapur juga sudah memadai. Walau tak menutup kemungkinan selain anak kost untuk membuatnya :D. Gambar disamping adalah penampakan ketika sudah jadi, sayang buram ya.

Bahan:

Daging has dalam 1/2 kg
Bawang putih 3 siung dihaluskan
Garam secukupnya
Minyak goreng 2 sendok makan
Kecap asin 1 sendok makan
Kecap manis 3 sendok makan
Saus Tiram 2 sendok makan
Lada hitam bubuk
Paprika secukupnya
Bawang bombay secukupnya

Cara membuatnya:

Campur daging dengan bawang putih, garam, kecap asin, kecap manis, saus tiram. Diamkan sekitar 30 menit. Setelah didiamkan 30 menit daging ditumis dengan minyak. Taburi dengan lada hitam, paprika dan bawang bombay. Masak hingga daging empuk dan bumbu meresap.

Perhatikan:
  1. Ketika menumis daging, jangan ditambah air lagi karena ketika daging ditumis akan mengeluarkan air yang banyak seperti terlihat di penggorengan di atas. Dengan begitu rasanya akan lebih nikmat karena murni kaldu tanpa air. :D
  2. Minta ama tukang daging untuk memotong daging nya berlawanan dengan urat daging, istilahnya matiin urat supaya ketika dimasak daging cepet empuk.

Enak disantap dengan brokoli dan wortel ditumis.

Selamat mencoba :D

Baca juga daftar isi

21 komentar:

Orin mengatakan...

Aku seringnya lgsg aj dicampur sama sayurannya Pu kalo si daging udh empuk he he

puteriamirillis mengatakan...

hehe...iya si daging item mah diapain aja oke ya teh

dey mengatakan...

enakkk...*heh, nyobain juga belum ..hehe

Rohis Facebook mengatakan...

klo ukuran anak kost mgkn masih kemahalan.., kecuali anak kost yg gedongan.., *smile...

Sofyan mengatakan...

Kira² cowok bisa gak ya Mbak Pu hehehe

bunda kanaya mengatakan...

jadi ngebayangin rasanya.... ssllrruupp...

Sitti Rasuna Wibawa mengatakan...

Postingannya Mbak Pu selalu bikin laper... :9

maminx mengatakan...

ow mantap. buat anak kontrakan juga boleh kan..saya suka nih beli sapi lada hitam..

ntar mah bikin ah, eh minta dibikinin, hehe :D

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

sering makan tapi belum pernah bikin,gak keingetan untuk buat ini

griya bandung indah mengatakan...

wuihh..laperrrrr...
nunggu kiriman Pu aja deh,barangklai ada sisa..

yustha tt mengatakan...

uhuy..dapat resep baru..
masih punya daging di frezer, dibikin ini ah... ^^
thanks ya mb Pu...

puteriamirillis mengatakan...

sama2 ya titi..wah pasti enak deh

Tarry KittyHolic mengatakan...

Kalo saya yg masak malah ga perlu ngulek2. Super duper praktisnya wuehehe

mabrurisirampog mengatakan...

teteeepppp,,, bagian makannya aja deh,, ga bisa masak sama sekali... :D

kakaakin mengatakan...

Daging yang juicy itu aja udah bikin enak ya. Gak perlu pake ribet bumbu macam2 :D
Hmm... jadi ngiler... :D

dhenok habibie mengatakan...

teteeeeeeeepp, kagak suka sapi, kasih resep makanan yang lain dong mbak Put..

Yunda Hamasah mengatakan...

Na ini jadi judulnya lagi hobby masak ya Pu ;)

Wach yang praktis-praktis gini menggiurkan buat dicoba, trims ya...

Nia mengatakan...

ternyata masaknya praktis ya mbak....ngga perku ngulek2 bumbu hehehe....boleh dicoba nech...secara bentar lg lebaran haji hihihihi......

Gaphe mengatakan...

Walaupun untuk anak kos, tetep selain bahan itu yang dibeli.. kalo saya juga kudu beli : kompor beserta gasnya, wajan, sudip, dan piring serta sendok garpu.

hahaha.... maklum, biarpun anak kos ngga punya alat buat masak

catatannyasulung mengatakan...

Walah, sapi lada hitam yang udah masaknya kok g difoto Mbak?

DewiFatma mengatakan...

Adduhh... aku jadi lapheerrr...
nyam..nyam.. nanti dicoba ah...