Selasa, 09 Juli 2013

Ibadah Ramadhan??? Yuuuk!!!

Assalaamu'alaikum Wr. Wb.

Jumat kemarin pu ikutan pengajian muslimah yang diadakan setiap hari Jumat di musholla muslimah BPK yang letaknya di Mesjid Baitul Hasib BPK. Kita membahas persiapan menghadapi Ramadhan. Yup Sya'ban akan berakhir, Pu mengawali Ramadhan besok Rabu tanggal 9 Juli 2013. Nih sedikit Pu share ceramahnya ya...

Gembira Menyambut Ramadhan
Barang siapa menjalankan kewajiban di bulan Ramadhan maka dilipatgandakan 70 kali pahalanya dari menjalankan kewajiban di hari biasa. Untuk menyambut Ramadhan Nabi mengumpulkan sahabat-sahabatnya. Bahwa barangsiapa gembira menghadapi Ramadhan maka diharamkan atasnya neraka. Out of topic sedikit bahwa Mesir sedang berduka, yang notabene Mesir adalah saudara kita. Pada Jumat yang lalu itu ulama-ulama Mesir menuntut militer karena telah mengkudeta presiden Mursi, mereka menuntut dan menyiapkan kain kaffan. Padahal presiden Mursi telah menaikkan gaji PNS 200% dan harga-harga tidak naik. Presiden Mursi juga membuat petani menaikkan hasil gandum hingga 60% sehingga tidak perlu lagi tidak perlu banyak mengimpor gandum lagi cukup 40% saja dari kebutuhan. Kaitan dengan Israel bahwa Mursi telah membuka Raffah sehingga Gaza dan Palestina mendapat bantuan luar biasa dari seluruh dunia.

Out of topic ya pembahasan Mesir di atas tapi intinya kita tetap harus menyambut Ramadhan dengan gembira. Semakin tua kita harus banyak menggembirakan diri, karena jika tidak gembira maka apalagi yang dapat kita lakukan untuk membuat hidup berwarna. Right?

Bulan Ramadhan, sahrul romadhon, rizki diberikan di bulan Ramadhan, yang utama adalah jika hati kita masih sedih misal masih ada masalah keluarga maka fokus kita yang diubah. Bersih-bersih badan tapi jangan sampai sirik misalnya mandi di sungai Cisadane. Sampai-sampai konon trio macan juga melakukannya, hehe. Padahal kan sungai cisadane kotor ya, cuma karena ada kepercayaan yang diyakini mereka akhirnya dilakukan deh.

Mendoakan Sekitar Kita
Hal lain yang bisa kita lakukan adalah mendoakan sekitar kita. Orang tua, anak, saudara, teman, kerabat, tetangga, bangsa dan negara agar diberikan berkah di bulan suci ramadhan. 

Fikriah kita juga perlu diberikan amunisi agar siap dengan ilmu ramadhan. Sebab dalam menjalani ibadah itu tentu dong kita perlu ilmu agar tidak salah kaprah. Mengenai penentuan awal Ramadhan yang berbeda juga jangan dijadikan permasalahan yang berarti karena perbedaan itu wajarlah pada setiap manusia. Yang utama adalah kita meluruskan niat dan teguh dengan keyakinan kita. Jika mau mulai Selasa atau Rabu ya jalanilah tanpa ada kata-kata dan tanpa nyinyir ke pihak lain yang berbeda dengan kita. Toh kita berpuasa untuk Allah bukan?

Persiapan Zakat
Persiapkan zakat, infaq dan shodaqoh kita selama bulan suci ramadhan. Berikan infaq dan shodaqoh dan terutama kepada orang yang memiliki amal sholeh yang tinggi di bulan ramadhan, bukan apa-apa sih tapi dengan memberikan pada orang yang demikian maka pahala dari orang tersebut bisa juga kita dapatkan :) cerdas bukan. 

Suamiku suka memberikan berkardus-kardus sirup ke mesjid atau ke sekelompok orang yang sedang menuju kebaikan. Semisal tahun ini dia memberikan ke sekelompok anak punk muslim yang diasuh oleh ustadz Ismeidas. Suamiku berharap dari tegukan air sirup yang diminum maka memberikan pahala baginya. Dan benar saja ketika sirup-sirup itu diantarkan, si penerima bilang, waah ini cuma abis 2 hari aja nih mas. Karena apa? karena tiap anak punk muslim itu akan membawa minimal dua botol lalu diberikan lagi ke anak yatim atau mereka yang membutuhkan. Jadi penyebarannya memang cepat.

Kita juga harus mempersiapkan infak untuk orang tua dan anak-anak kita. 

I'tikaf
Itikaf bagi perempuan itu di tempat ia biasa sholat. Jadi tidak wajib ke mesjid. Ketika itikaf kita bisa membaca Al Quran, membaca buku, sholat, dzikir, mendengarkan ceramah, membaca doa, wirid, dll. Ada banyak hal asalkan jangan terus tidur yaaa, walopun tidurnya juga diitung ibadah :)

Gelar Taqwa
Yang pasti selama Ramadhan kita harus khusyuk agar Ramadhan kita tak sia-sia. Menjalani ibadah puasa, tarawih, zakat, infaq, shodaqoh, i'tikaf dengan niat ingin meraih gelar taqwa. Suatu gelar yang luar biasa. Untuk itu persiapan kita harus bener-bener nih misalnya kita buat targetan ramadhan  dengan dibuatkan tabelnya. 

Makan Sahur
Makan sahur itu penting agar kita kuat menjalani puasa. Lebih baik makan sahur yang kaya serat dan merupakan karbohidrat kompleks seperti gandum dan beras merah. Jangan lupa vitamin. 

Definisi imsak misalkan ketika kita makan sahur tiba-tiba adzan berkumandang maka habiskan makanan yang sudah dimulut lalu minum air, lalu mulai puasa. Kalo minum makan air di mulut itulah yang kita telan. Jadi jangan dihabiskan satu gelas yaa kalo sudah sahur. Untuk itu penting untuk mengatur jam sahur kita agar bisa dijedakan waktu antara kita makan dengan imsak.

Yuuk,,, sama-sama beribadah dengan khusyuk di Ramadhan ini agar gelar taqwa insya Allah bisa kita peroleh,,ok. amiin. Mohon maaf lahir batin yaaa...

Wassalam
Pu


7 komentar:

wi3nd mengatakan...

waalaikumsalam wr wb :)

marhaban syahru ramadhan

terimakasi share infonya pu, mari bersihkan hati menjalankan ibadah nan suci ini :)

wi3nd mengatakan...

waalaikumsalam wr wb :)

marhaban syahru ramadhan

terimakasi share infonya pu, mari bersihkan hati menjalankan ibadah nan suci ini :)

rafraf mengatakan...

sipp mbak.. saya juga selalu bahagia kalau ramadhan datang.. selalu ada yang beda dan saya senang karena ramadhan pahalanya bisa berlipat-lipat

Lidya mengatakan...

itikaf tidak harus di masjid ya mbak kalau perempuan. btw waktu hari senin aku ketemu Mama Mertuanya di sekolah. Alvin masuk KB mbak tahun ini udah gak sabar pingin sekolah

puteriamirillis mengatakan...

@wi3ndsama2 ya wiend...

puteriamirillis mengatakan...

@rafrafsips sips...

puteriamirillis mengatakan...

@Lidyawah alvin hebat deh...
iya mbak perempuan itikaf ga harus di mesjid...