Minggu, 19 Januari 2014

Aneka Kuliner Bopet Baru, Batu Sangkar

Assalaamualaikum wr.wb

Halo temans, melewati weekend dengan kuliner khas Sumatera Barat yuk. Ini sebenarnya foto-foto ketika pulang kampung tahun 2012, tapi belum pernah di post. Melihat-lihat kulinernya sepertinya bagus untuk disajikan di sini agar teman-teman bisa lebih mengenal kuliner Sumatera Barat.

Tempat jualan kuliner khas Sumbar selain rumah makan padang ada lagi yang disebut Bopet. Di Bopet yang dijual biasanya makanan yang lebih ringan untuk disantap. Misalnya Soto Padang, Pical Padang, Nasi Goreng Padang, Ampiang Dadiah, es tebak, bubur kampiun, mie tahu, dll.

Salah satu Bopet yang ada di wilayah sekitaran pasar Batu Sangkar adalah Bopet Baru. Kebetulan pu sekeluarga sempat mengunjungi bopet baru dan mencicipi makanan yang disajikan di sana.

Depannya Bopet Baru

ini dia daftar menu yang ditempel di dinding dan peracik makanan di bopet baru sedang beraksi.
Siang itu kami memesan pical dan nasi goreng untuk makanan, ampiang dadiah untuk makanan penutup dan soda susu untuk minuman. Untuk soda susu sih biasa saja, seperti yang banyak dijual dimana-mana. Hanya susu kental manis dicampur dengan soda. Rasanya segaar!

susu soda
Nasi goreng, hmm nasi goreng padang itu cirinya tidak memakai cabe rawit dan terasi. Jadi hanya cabe merah dengan bawang merah. Yup, sama ketika kita memasak sambal goreng. Hanya tidak menggunakan gula. Pake telor mata sapi, irisan kol, timun, kerupuk merah. Enaaak loh!

nasi goreng padang
Selanjutnya adalah pical padang. Di daerah lain disebut pecel ya. Untuk pical pake bumbu kacang yang dimasak, ada sounnya, kentang, sayuran, dan kerupuk merah. Enak juga!

pical padang
Terakhir adalah ampiang dadiah. Dadiah sendiri adalah hasil fermentasi susu kerbau, yah semacam yogurt gitu deh yang dipadu dengan ampiang dan disiram gula merah. Enakk, dan bagus untuk kesehatan.

ampiang dadiah
Yup, itu dulu ya teman. Selamat mencoba jika mengunjungi Batu Sangkar yaaa....
Wassalam.
Pu

Di depan Bopet Baru ada yang jualan duren loh....:)

http://puteriamirillis.blogspot.com/p/daftar-isi.html

4 komentar:

bundadontworry mengatakan...


makanan di kampuang, enak fdan enak sekali ya Pu....hehehe

dan, biasanya kalau pulkam, balik ke jakarta lagi, pasti deh timbangan badan langsung nak drastis...

ampiang dadiah nya sabana lamak yo Pu :)

salam

puteriamirillis mengatakan...

Iya bum,timbangan mesti naik
..hehe.

Lamak bunda..

Obat Asma mengatakan...

kalau harus berkunjung kesana kejauhan nih...
tapi rasanya pengen nyoba juga fermentasi susu kerbau itu ? gimana rasanya yah ? hehe

bocah petualang mengatakan...

Ampiang dadiah itu kelihatannya menarik untuk dicoba...