Rabu, 27 Juli 2011

Hidangan Pembuka Favorit Di Bulan Ramadhan

Ramadhan akan segera tiba. Penantian umat Islam selama setahun dan ketika akhirnya kita dapat sampai kembali di bulan Ramadhan tentunya membawa perasaan sungguh tak terkira. Bulan ramadhan sebagai bulan pahala menuju taqwa, jangan pernah disia-siakan. Marilah kita persiapkan kedatangannya dengan harap-harap cemas dan membekali diri kita dengan pengetahuan akan Bulan Ramadhan. Namun selain itu mari kita bicara sedikit tentang hidangan pembuka puasa, karena menu aduk kali ini adalah Hidangan Pembuka.

Secara umum hidangan pembuka adalah sebuah hidangan yang disajikan untuk membangkitkan selera makan kita selanjutnya. Contoh hidangan pembuka misalnya salad, sup, cocktail. Hidangan pembuka harus disajikan semenarik mungkin agar selera makan benar-benar timbul. Sedangkan hidangan pembuka puasa adalah sebuah hidangan yang biasanya berasa tawar atau manis sebagai pembatal puasa kita ketika waktunya telah tiba untuk berbuka. Jadi yang disebut hidangan pembuka itu sebenarnya adalah hidangan yang pertama kali masuk ke mulut kita, dan membasahi kerongkongan, lalu masuk ke lambung untuk pertama kali.

Hidangan pembuka puasa favorit saya adalah air putih dan makanan yang manis, misalnya kurma. Setelah seharian berpuasa maka air putih adalah sesuatu yang dicari sebagai penghindar dari dehidrasi, sedangkan makanan yang manis membuat lambung kita yang sudah kosong seharian menjadi nyaman untuk mulai bekerja kembali. Makanan yang manis cenderung lebih diterima lambung dibandingkan makanan yang asam atau pedas. Bagi penderita penyakit maag tentu merasakan hal ini, makanan asam cenderung membuat lambung yang seharian tak bekerja akan perih merasakan makanan asam begitu juga makanan pedas yang cenderung membuat sakit di perut. Untuk itu anjuran berbuka dengan yang manis adalah benar dan tepat dari sisi kesehatan lambung kita. Kalau berbuka dengan yang tawar seperti air putih juga baik untuk ginjal kita yang seharian tak bekerja. Sehari sebaiknya kita minum 8 gelas air putih. Nah di saat-saat berbuka inilah baik kita minum air putih. Hal ini penting diingatkan mengingat menu berbuka puasa keluarga Indonesia biasanya beragam mulai dari cendol, kolak, es kelapa muda, es degan, es kopyor, es campur, dll. Terkadang semua kita lahap tapi lupa minum air putih, akibatnya ditengah-tengah ramadhan penyakit seperti flu mulai muncul di diri kita lalu bulan ramadhan menjadi tidak optimal dilaksanakan. Sayang sekali bukan???

Demikian semoga bermanfaat hidangan pembuka yang disajikan kali ini. Puteri Amirillis dan keluarga mengucapkan selamat menyambut bulan suci Ramadhan, mohon maaf lahir batin atas segala kesalahan saya.

Salam saya sahabat...^^

Artikel ini diikutsertakan pada acara ADUK pada Blogcamp








22 komentar:

Pakde Cholik mengatakan...

Saya telah membaca artikel diatas dengan cermat
Akan langsung saya catat
Terima kasih atas partisipasi sahabat.
Tak lupa saya mohon maaf atas segala kesalahan lahir dan batin. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.
Dari Surabaya saya kirim salam hangat

Dhe mengatakan...

mohon maaf lahir batin juga mbak put.. :)

waah dhe dapet inspirasi nih baca postingan mbak put, inspirasi untuk ikut lomba.. hehe

puteriamirillis mengatakan...

@pakdhe: terimakasih pakdhe

puteriamirillis mengatakan...

@dhe..ikutan juga dhe..^^

Orin mengatakan...

huwaaa... si eneng peserta pertama ckckck *jempol*.

Mohon dimaafkan jg ya Jeng... met ber-ramadhan ;)

DewiFatma mengatakan...

haaa?? udah kelar aja, Jeng? Cepet amat...

Ngebut ah...

Nia mengatakan...

wahh sampe sekarang aku belum dapat ide hiks....

riez mengatakan...

Suksess buat kontesnya bu....Tak terasa ramadhan semakin dekat...siap2 dulu ahhh

IbuDini mengatakan...

Maaf lahir Bathin, semoga ibadah puasa kali ini bisa berjalan dengan baik dengan hati bersih.

Pilihan saya pada saat berbuka Air putih hangat atau teh hangat.

Lidya mengatakan...

hidangan pembukan di bulan ramadhan membuat semangat ya mbak, sukses ya.
aku baru nih jadi kurang semangat dan kurang ide

pemain kampoeng mengatakan...

semoga puasa kali ini lebih baik dari puasa tahun kemarin

salam dari malang mbak :D

Majalah Masjid Kita mengatakan...

ahh.. udah kebayang nih bakalan seperti apa nikmatnya hari pertama berpuasa jika hidangan pembukanya seperti ini :p

Mama Kinan mengatakan...

Wah bermanfaat nieh info-nya bentar lagi kan puasa ramadhan...Thanks for sharing mbak put..semoga berjaya dikontes pak dhe..:)

aryadevi sudut kelas mengatakan...

memang tepat ya bu, makan atau minum yang manis sebelum ke makanan utama...membuat nambah selera...:)

mabrurisirampog mengatakan...

mohon maaf lahir batin juga, semoga hidangan pembuka Ramadhan nanti membawa keberkahan dalan menjalani hari2 selama Ramadhan

bundadontworry mengatakan...

pingin ikutan buka puasa nanti di rumah Putri akh :)


semoga sukses di acara ADUK ini ya Put
salam

bakul gudeg mengatakan...

senangnya ramadhan telah tiba... maaf lahir batin ya mbak :-)

Lyliana Thia mengatakan...

Iya, betul Mbak Puteri...
kadang2 buka puasa "kalap"
akhirnya bukan dpt pahala malah dpt penyakit... hihihi...
ohyaaa... kurma itu bagus banget utk ngobatin penyakit maag.. subhanallah ya... ^_^

Mohon maaf lahir batin, yah Mbak Putri...

Mohon maaf juga, tadinya ingin ikut poetry hujannya,.. tapi entah kenapa yang namanya bikin puisi, aku bener2 nggak bisa... mati kutu deh.. hihihi...

sukses selalu utk Mbak Puteri... ^_^

andre mengatakan...

selamat berpuasa, smoga sukses juga kontesnya.

susisetya mengatakan...

hidangan pembuka favoritku saat berbuka puasa adalah sup buah atau es buah...rasanya nikmat sekali dan segar...
selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan...

aan mengatakan...

biasanya ibu2 sudah mulai siap2 utk mengatur menu makanan pavorit keluarga pada saat memasuki bulan puasa..
selamat menjalankan ibdah puasa mohon maaf lahir dan batin...

edratna mengatakan...

Susahnya tinggal di Jakarta, apalagi yang naik kendaraan umum (jadi tak bisa bawa minuman), adalah selalu sedia minuman botol atau kotak untuk berbuka, karena risiko buka puasa di jalan.

Dan sedihnya...sering terpaksa sholat Tarawih sendiri di rumah, karena sampai rumah sudah malam, terjebak kemacetan.