Jumat, 23 Agustus 2013

Hamil Tetap Pilates Yuk!

Assalaamu'alaikum Wr.Wb
Setelah 6 hari telat haid saya pun semakin yakin kalo saya hamil :) Walo belum juga test pack tapiiii seperti yang saya tulis di hamil-jika-ya-kenapa-harus-tidak kalo emang hamil ya kenapa tidak. Alhamdullillah. Tapi masalahnya gimana caranya supaya fisik tetap oke meski saya hamil nih. Saya lagi ga punya embak, punya suami satu, punya anak dua, kerja, dan tetap mengerjakan segudang pekerjaan rumah. Tapi-tapi ya...melihat embak moh waktu hamil cukup memberi motivasi bagi saya sih. Mbak moh aja hamil-hamil tetep kuat tuh mengerjakan seluruh tugas rumah keluarga kami sambil mengasuh Umar dan Azkiya pula. Jadi insya Allah sebenarnya saya harus mengenyahkan jauh-jauh semua kemalasan diri ini. :)

Waktu beberapa hari yang lalu saya masih bingung antara hamil atau nggak sempet juga puasa syawal, dan badan ketika malam hari remuk. Rasanya pengen langsung tidur, jadilah pulang kerja sehabis makan malam tanpa mencuci piring terlebih dahulu, piring punya suami sudah dia cuci sendiri, saya tertidur setelah Azkiya mengajak saya tidur. Sebenarnya itu normal sih, namanya juga lagi hamil. Tapi kan itu menyebalkan jika paginya saya harus pontang-panting nyuci piring dan melakukan aktivitas lainnya sebelum berangkat kerja. Maklum saya kan berangkat kerja jam 6.15. Ditambah anak-anak yang merengek minta ini itu menjadikan saya harus punya tubuh fit nih selama hamil ini. Jika masalah saya pribadi ketika hamil seperti sakit pinggang, lelah, sakit kepala, mual, pusing, dll masalah yang mungkin terjadi saja tak bisa teratasi gimana bisa melakukan aktivitas lain kaaan??? Bisa-bisa saya hanya bisa tiduran aja di tempat tidur gara-gara kecapean, bisa brabe kaaan.

Selama ini sebelum hamil saya rutin melakukan pilates-dan-body-balance. Lumayan banget sih dengan aktivitas ini badan jadi ga mudah cape, otot-otot lebih lentur, dan terutama ga perlu loncat-loncat, latihannya di ruangan dan ga perlu pake sepatu olahraga (alasan macam apa ini???). Nah kemarin saya bilang ke ibu-ibu yang juga ikutan pilates. "Ibu saya besok ga ikutan pilates dulu ya,,,saya mmm...sepertinya hamil nih bu, udah telat haidnya."Kata si ibu-ibu,"oh, selamat ya mbak, iya deh gapapa ga ikutan dulu." Oke pembicaraan terhenti. Kami pun berpisah. Kebetulan ketemunya di mushollah jadi kami sholat setelah itu.

Tapi abis itu saya mikir. Masa sih saya harus nggak pilates selama kehamuilan. Dan merencanakan untuk pilates aja deh besok. Pagi tadi akhirnya aku menyiapkan kaos dan training untuk pilates. Biarin aja deh, lagian aku belum test pack dan ke Dokter sapa tau aja ini bukan hamil, hehe. Lagian minggu lalu saya pilates badan enak banget. Ketagihan. Oke akhirnya aku pun masuk ruang kelas pilates pagi itu, sebelum ngantor. Ketemu ibu-ibu yang aku bilangin kalo aku ga ikutan pilates dan kata dia, "Loh ikut juga mbak?." kubilang, "iya bu."

Kata ibu itu lagi,"iya mbak, kalo di TV saya pernah liat kalo pilates itu membantu sekali untuk ibu hamil, gerakannya juga sama dengan senam hamil biasanya." "oh, gitu ya bu?, iya sih bu, saya juga ga enak banget kalo ga bisa olahraga selama hamil, badan jadi ga enak, karena udah kebiasaan." Saya itu emang demen senam, mulai dari SKJ tahun 86, SKJ 92, SKJ Poco-poco waktu di Ternate, Aerobic dari amsa kulaih, sampe sekarang pilates dan body balance. Kalo senam badan jadi segeer. Ga pegel-pegel. Aliran darah lancar, sakit kepala ilang, berat badan juga lebih terjaga.

Dan ketika akhirnya saya ikutan pilates, masih bisa lah ikutin gerakannya, paling nanti disesuaikan kalo perut dan mulai besar. Tapi yang pasti badan bener deh jadi seger, ga gampang ngantuk. Akhirnya saya pun searching-searching mengenai pilates untuk ibu hamil dan dapetin video di youtube, di bawah ini. Liputan 6 SCTV.


Ternyata beneran pilates untuk ibu hamil itu bagus banget. Bahkan katanya bisa membantu ketika kelahiran dan pada liputan 6 tersebut ditayangkan bahwa seorang ibu yang dibilang dokter anaknya sungsang lalu dia coba pilates dan alhamdullillah kembali normal ga sungsang. Dan dia bisa lahiran normal. Usaha yang baik dan bukankah Allah menyukai usaha hamba- Nya. Jadi jika ini jalan yang harus diambil oleh saya untuk tetap fit selama hamil, insya Allah ya jalanilah lagian saya juga suka, jadi usaha ini merupakan sesuatu yang membahagiakan. apaan siiih...yah intinya gue ga kesel-kesel lah kalo harus pilates, gue seneng, gitu dah.

Ini ada juga artikel dari kompas tentang pilates untuk kehamilan Pentingnya.Pilates.untuk.Kehamilan,
Yah semoga semakin memotivasi saya dan kamu untuk pilates di saat hamil. Oke deeeh...

Wassalam
Pu
http://puteriamirillis.blogspot.com/p/daftar-isi.html

33 komentar:

Vina Ayuningtyas mengatakan...

Barakallah ^^ ihiyyy yg hamil..
Moga sehat selalu ya mbaakk... :D

Zizy Damanik mengatakan...

Hamil memang tak boleh jadi halangan untuk beraktivitas ya kan?
Semoga sehat selalu ya mak... :)

meilya dwiyanti mengatakan...

Selamaaat ya mbaa Pu..

Hiiyyy bakalan tambah rame nnih di rumah ya..

saya juga deh mudahmudahan hamil lagi tahun ini (eluss peruut)

Sehat sehaat ya mbaak, bunda dan babynya....

Unknown mengatakan...

selamat yah ibu, smoga lancar dan sehat slalu

wi3nd mengatakan...

selamat ya untuk kehAMilannya pu..

hamil dan pilates olahraga keseimbangan tubuh sehat ya pu..

smangaaaat..! he he

ririe mengatakan...

Selamat Mbak utk kehamilannya, semoga sehat semuanya, Ibu dan sang janin. Telat 6 hari lgs positif ya Mbak. Lha saya telat 2 minggu msh negatif...

Idah Ceris mengatakan...

Senangnyaaaa. . .

Semoga positif ah. . .:)
Selamat ya, MBa. . .

Annur Shah mengatakan...

selamat, makash juga infonya...

semoga lancar kedepannya aamiin

HP Yitno mengatakan...

Jika kemauan kuat, ya laksanakan aja sob. Toh bagus juga kan dampaknya.

nh18 mengatakan...

Ini beneran Pu ... ?
Pu hamil ?

Semoga sehat-sehat selalu ya Pu

Salam saya

Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 mengatakan...

sudah harus bekerja, mengerjakan pekerjaan rumah, mengurus anggota keluarga. aduh saya nggak kebayang capeknya jadi istri, mbak... ditambah hamil lagi

ann mengatakan...

Waaa mba putri.. selamat yaa...
moga sehat dan semakin bahagiaa ^_^

puteriamirillis mengatakan...

@Vina Ayuningtyasamiin, doakan sehat ya vin...

puteriamirillis mengatakan...

@Zizy Damanikamiin maak, biar sehat ...

puteriamirillis mengatakan...

@meilya dwiyantiiya mbak semoga tahun ini juga yaaa...

puteriamirillis mengatakan...

@Jay Boanaterimakasih jay...

puteriamirillis mengatakan...

@wi3ndiya wiend, terimakasih doanya ya wiend...

puteriamirillis mengatakan...

@ririeinsya Allah doakan aja lancar yaa...

puteriamirillis mengatakan...

@Idah Cerisamiin, semoga positif terus...

puteriamirillis mengatakan...

@Annur eL Karimahamiin makasih ya nur...

puteriamirillis mengatakan...

@HP Yitnothanks sob...

puteriamirillis mengatakan...

@nh18insya Allah om, terimakasih doanya ya om...

puteriamirillis mengatakan...

@sabda awalhehe...dibawa santay aja sih, kecuali kalo sy lg mumet..hehe

puteriamirillis mengatakan...

@angga novansaterimakasih ya mbak angga...

Anonim mengatakan...

Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Puteri....

Alhamdulillah, semoga selalu sihat dan sabar sepanjang kehamilanmu ya. Banyakkan bersenam memang menyihatkan buat ibu hamil.

Salam manis dari Sarikei, Sarawak. :D
SITI FATIMAH AHMAD

duniaely mengatakan...

selamat atas kehamilannya ya mbak, aku dann suami juga Insya Allah mau merutinkan lagi acara pilates kami di depan TV mbak, biasanya malam hari kami melakukannya :)

Nely mengatakan...

Selamat ya mbak atas kehamilannya, semoga lancar dan sehat :)

Orin mengatakan...

Puuuuu....selamat untuk kehamilannya yaa, semoga sehat selalu hingga lahir nanti ya *peluk*

Pendar Bintang mengatakan...

Selamat ya Mbak....
Aduh...Hani baru ngerasain ini kehamilan Hani pertama untuk nggak kaya yang Mbak Poe ceritain, untungnya Hani sehat cuma dua hari kemarin sempet lesuh dan berasa kek orang mabok gitu tapi alhamdulillah udah sembuh sekarang...

Sekali lagi selamat Mbak...
Bakal punya ponakan lagi ya keyanya :D

Mugniar mengatakan...

Barakallah mbak. Semoga lancar dan sehat selama proses kehamilannya ya.
Oooh ternyata tetap bisa pilates ya? ^__^

Tarry Kitty mengatakan...

belum beli testpack tapi udah yakin banget ya mbak pu? Hehe

dulu saya malah dibilang gara2 kebanyakan aktifitas makanya bayinya melintang

BlogS Of Hariyanto mengatakan...

alhamdulillah, akhirnya ada kabar positifnya ya...semoga calon bayi dan ibunya sehat bahagia selalu dalam lindungan ALLAH..hingga tiba masanya melahirkan ya.....salam :-)

awanputih_masnur mengatakan...

sukses deh buat kehamilannya mbak :)