Selasa, 13 Desember 2011

Ayo Ngeblog : Bersama Meraih Mimpi!





Saya adalah tipe orang yang pendiam (sekaligus pemimpi) sebenarnya. Agak sulit untuk bicara panjang lebar ini itu kepada orang lain. Apalagi jika orang itu baru dikenal, bisa diam seribu satu bahasa. Hingga akhirnya Saya mengetahui bahwa melalui tulisan Saya bisa berbicara apapun yang Saya inginkan. Tentu saja saya berupaya untuk selalu menuliskan hal-hal yang positif.  Saya mulai menyukai aktivitas menulis dan Saya pun membuat sebuah blog. Bermula ngeblog di Friendster pada 2008, berlanjut ke multiply pada 2010, kemudian hijrah ke blogspot pada Mei 2010 tepat pada saat itu anak Saya berusia 1 tahun.
Melalui blog lah tulisan-tulisan Saya akhirnya dapat dibaca oleh orang banyak. Bahkan mereka yang tak saya kenal sebelumnya.

Suatu kali saya pernah menulis tentang perceraian kedua orang tua saya di blog dengan judul (Bukan) Oh Mama Oh Papa. Itu saya lakukan setelah sekian lama saya ngeblog. Awalnya Saya menutup diri akan hal itu, Saya tak ingin teman-teman blogger tahu latar belakang keluarga saya.  Pertama kalinya Saya tulis tentang itu berikut juga sikap-sikap Saya mengahadapi perceraian kedua orang tua yang intinya adalah jangan menyerah oleh keadaan. Bercerai atau tidak bercerai kedua orang tua kita tidak boleh mempengaruhi semangat kita dalam menempuh segala cita-cita. Dengan Saya telah berkeluarga dan memiliki pekerjaan serta sahabat-sahabat saat ini itu juga membuktikan bahwa saya mampu melewati masa-masa sulit seorang ABG yang orang tuanya bercerai. Saya merasa lega, karena akhirnya Saya bisa menceritakan pada teman-teman blogger kisah Saya. Dan efeknya yang ditimbulkan dari tulisan tersebut adalah Saya seperti membuka diri dan itu membuat perasaan saya nyaman.  Teman-teman blogger memberikan apresiasi. Ada yang ikutan menangis. Ada yang mengatakan Saya hebat dan pantas bisa sekuat sekarang karena memang latar belakang kehidupannya sudah mengharuskan hal itu. Ada yang mengatakan kisah yang sama dengan yang akan dituliskannya. Ada yang mengatakan Saya wanita tangguh. Tanggapan-tanggapan itu tentu bukan membuat Saya bangga diri, namun sebagai pesan agar Saya tetap semangat menjalani hari. Dan itu menyenangkan.



Pada saat yang lain Saya sedang galau dengan diri Saya sendiri terutama yang berhubungan dengan aktivitas menulis, Saya pun menulis tulisan yang intinya kejujuran Saya akan kegalauan menulis yang saya alami. Intinya Saya merasa kesulitan menulis sebuah fiksi. Kala itu memang Saya menulis fiksi tidak sendirian tapi itu adalah fiksi kolaborasi dengan seorang teman blogger. Lalu Saya pun menulis sebuah tulisan yang berjudul “Rasanya Aku Tak Sanggup” dengan gaya penulisan serius. Saat itu Saya menulis dengan jujur tentang apa yang ada di hati Saya. Akan keinginan dan janji Saya untuk meneruskan cerita yang sedang dikolaborasikan itu. Saya pun merasakan perasaan luar biasa setelah selesai menuliskannya. Ternyata tanggapan teman-teman terhadap tulisan tersebut sungguh di luar dugaan. Mereka menyukai tulisan Saya itu. Mereka menganggap tulisan Saya tak bisa dianggap enteng. Dsb. Itu luar biasa dan semua memberikan semangat agar Saya melanjutkan cerita fiksi kolaborasi tersebut. Saya tahu pujian mereka bukan semata memberi pujian tapi lebih kepada semangat agar tak mudah menyerah dalam menulis. Bahkan diantara mereka pun member komentar bahwa mereka tersemangati dengan tulisan Saya tersebut. Ini luar biasa dan tak diprediksi sebelumnya. Dan membuat semangat meraih mimpi!
Sampai hari ini pun Saya berjanji untuk menulis apapun itu di blog setiap harinya. Bermimpi menjadi penulis berarti berani berlatih untuk menulis setiap hari. Menulis apa yang ada di hati dan pikiran untuk dibagikan kepada orang lain. Dan itu menyenangkan hati. 

Berkat ngeblog juga Saya kenal dengan teman-teman blogger yang sudah menerbitkan buku, saya jadi termotivasi. Jika mereka bisa kenapa Saya tidak bisa? Soal perwujudannya kapan itu kan soal waktu. Saya berpikir jika mereka sudah berproses sejak 10 tahun yang lalu, apalah Saya yang baru memulai menulis. Saya hanya menetapkan Saya mau mulai menulis. Dan Saya pun sedang menulis novel saat ini *yang belum nambah-nambah lagi halamannya. Semangat Pu! Saya bermimpi suatu saat bisa menjadi penulis fiksi.

Oya saya juga punya portofolio ngeblog loh, gayya yaa?

Juara Kompetisi
  1. 10 postingan terbaik "Fight Never Ending" yang diadakan mbak Anny. Judul Postingan: fight never ending.
  2. Juara 5 "Book Review Contest" yang diadakan oleh Pakdhe Abdul Cholik. Judul Postingan: book review a cup of tea for single mom
  3. Satu diantara dua yang beruntung pada kategori 2 pada "Cinta Antar Dua Negara" yang diadakan oleh Tarry. Judul Postingan: ketika ada keinginan disana ada jalan
  4. Juara review blog Cerita Anak Islam, judul postingan : intoducing cerita anak Islam
  5. Juara review buku "agar seks tidak salah jalan" yang diadakan oleh Bang Aswi. Judul postingan: seks yang sakral.
  6. Juara kontes "Anggaran Belanja Bulanan" yang diadakan oleh Pakdhe Cholik. Judul postingan: anggaran belanja hemat bagi pasangan yang tak lagi muda
Mengadakan Kompetisi/ Give away
  1. Kuis Poetry Hujan bareng Bang Aswi;
  2. Story Pudding For Wedding bareng Nia Angga;
  3. Batikkan Harimu bareng Teh Orin dan Mbak Nia;
  4. Dear Pahlawanku bareng Iyha dan Lozz Akbar.
Buku
  1. Salah satu penulis di kumpulan puisi "Bait-Bait Hati" Leutika Prio, Oktober 2011. Penulis: Achoey el Harris, dkk.
Kopdar
  1. Kopdar dengan Putri "Usagi" Rizkia;
  2. Kopdar dengan Mbak Lidya;
  3. Kopdar Pelangi rame-rame;
  4. Kopdar dengan Iyha.
  5. Kopi udara dengan Nia Angga dan Epay, setiap hari karena temen kantor, hehe. 
  6. Kopdar dengan Della diary Bububil.
Pernah jadi penulis tamu di:
  1. Di Blog Om Nh 
  2. Plesiran Pakdhe Cholik
  3. Di Blogcamp
Awalun PR Blogger :
  1. Kalimat Inspiratif
  2. PR SMP
  3. Kisah Singkat Kehamilan
Alhamdullillah. Sesuatu banget. Itu semua bukan untuk gaya-gaya an kok. Tapi semua lebih sebagai motivasi dan semangat bahwa kita bisa loh melakukan sesuatu lewat dunia maya. Kita bisa saling berkomunikasi walau itu melalui online saja. Dan semua itu indah. Cobain deh, dan kau rasakan sensasinya. Bagaimana rasanya mengelola give away dan kuis bersama-sama dengan jarak yang jauh dan itu bisa dilakukan. Mendapat hadiah-hadiah dari teman blogger karena memenangkan kontesnya. Saling memberi PR dan tentu saja menerimanya. Kopdar dengan teman-teman blogger. Ssst, lewat blog juga Saya tahu kalau kantornya usagi itu dekat banget ama kantor Saya. Menjadi penulis tamu di blog nya blogger terkenal. Hingga membuat proyek buku bersama. Itu semua indah! Dan ini awal dari mimpi yang masih panjang.

Bahkan Saya memiliki seorang sahabat yang dekat melalui dunia blogging ini. Dimana kami saling membantu satu sama lain. Baik dalam hal semangat maupun hal lainnya. Semua itu indah dan semua terasa begitu nyata walaupun hanya online saja. Ketika dia sakit kita juga ikutan merasa sakit, ketika dia susah kita juga ikutan merasa susah. Dikala dia memimpikan sesuatu kita menyemangati agar mimpinya bisa terwujud.  Seperti itulah.

Indahnya lagi teman-teman seruangan saya juga ada yang ngeblog, diantara yang aktif dan suka bewe adalah Nia Angga dan Epay. Jadi kami pun bisa saling mendukung lah kalo salah satu lagi ga semangat ngeblognya. Bahkan sebagai satpam juga kalau dunia ngeblog justru mengganggu kerjaan kita. Hehe...

Di dunia blogging kita saling mendukung, saling berbagi, saling mendoakan mimpi masing-masing. 
Bersama meraih mimpi!


Postingan ini diikutsertakan dalam Kontes Ayo Ngeblog: Saya Ngeblog, Kamu…??!! pada blog duniamuam .




28 komentar:

Taman Buah Hati mengatakan...

tulisan yang menginspirasi mbak...
Buat saya yang semangatnya pasang surut dalam ngeblog.
Yang sampai saat ini masih sangat sulit untuk memulai sebuah tulisan.
Keep writing !

alaika abdullah mengatakan...

wuih panjang bener ulasannya... yang jelas bikin semangat juga bagi yang membacanya. Bener mba, tulisan adalah media bagi para pendiam atau si pemalu yang kurang leluasa bicara di depan umum untuk mengeluarkan isi hati, buah pikiran maupun uneg2 lainnya.

Tak hanya untuk si pendiam sih, karena banyak juga para blogger yang piawai dan 'pemberani' juga begitu eksis di dunia tulisan.

apapun itu, blogging is a best way in supporting us speaking to the world, so keep blogging, ayo semangat.... hehe

sukses untuk kontesnya ya mba...

jiah al jafara mengatakan...

kaya' makalah~
sukses mb' Puu~
saya juga kan semangat ^^

muamdisini mengatakan...

saya juga sebenarnya orang yang pendiam dan pemalu (ditimpukin sama orang-orang yang pernah kopdar dengan saya..hehehehe...)
wah,,tapi benar loh mba, dalam menulis ada sisi yang sebenarnya tidak tampak dalam dunia nyata kita...tapi keduanya berjalan bersama..
oke, kami catat sebagai peserta yah mba...
terima kasih atas partisipasinya.. :)

Ririe Khayan mengatakan...

Bermimpi menjadi penulis berarti berani berlatih untuk menulis setiap hari----> Oh masih susahnya utk bisa sperti ini ya MBak? Btw, ulasannya benar-2 bikin 'ngiri' utk bersemangat..

Untje van Wiebs mengatakan...

Hebaaat mbak puuu...
Jadi terinspirasi buat bikin semacam portofolio kayak mbak tuh :D

Magic mengatakan...

::: luar biasa

::: jujurnya, tulisan anda ini sangat menginspirasi sekali.. saya kagum membaca betapa menulis bisa menjadi prestasi yang sangat membanggakan sekali...

::: mimpi adalah bekal utama yang mampu menggambarkan betapa tinggi cita yang kita raih yah.. inspirasi yang indah sekali dari tulisan ini ^^

Orin mengatakan...

Portfolio-nya keren Pu. Sok atuh diselesaikan novelnya *sambil menyemangati diri sendiri jg hihihihi*

Gudlak ngontesnya ya Jeng ;)

Della mengatakan...

Ayo Pu, semangat yaaaaaaaaaa.. \^O^/

Honeylizious Rohani Syawaliah mengatakan...

gara2 ngeblog kita bisa kenal ya bunda :D

Kak Rin!!! mengatakan...

Wah pengalamannya banyak banget :D

Aku senang ngeblog karena posting di blog lebih bisa mengekspresikan diri kita dari pada update status di Social Network... :D

gunawan mengatakan...

yupz,ngeblog itu lebih menyenangkan dari pada update status fb or twit,

sukses ya kontes nya,

puteriamirillis mengatakan...

@Taman Buah Hati:ayo mbak semangat, yg penting memulai menulis...

puteriamirillis mengatakan...

@alaika abdullah:apapun sifatnya setiap orang membutuhkan menulis ya mbak. semangat.

puteriamirillis mengatakan...

@jiah al jafara:hihi..masa sih kaya makalah jiah...

puteriamirillis mengatakan...

@muamdisini:hehe..tks ya muam..

puteriamirillis mengatakan...

@Ririe Khayan:dicoba saja say, aku juga masih berupaya kok...

puteriamirillis mengatakan...

@Untje van Wiebs:ayo atuh dibuat un..

puteriamirillis mengatakan...

@Magic:terimakasih pak...

puteriamirillis mengatakan...

@Orin:hayuh teh..^^

puteriamirillis mengatakan...

@Della:iyaaa dell..^^

puteriamirillis mengatakan...

@Honeylizious Rohani Syawaliah:benar hani..^^

puteriamirillis mengatakan...

@Kak Rin!!!:iya benr bgt kak rin..^^

puteriamirillis mengatakan...

@gunawan:yups..gun..

Mayasari Zulkarnaini mengatakan...

Mb Putri..Wow..Ulasannya bikin saya berapi-api juga..he..he..jadi tambah semangat untuk ngeblog. Good luck untuk kontesnya..
n salam Kenal..

Shireishou mengatakan...

sungguh sesuatu banget yah?
bejibun prestasi yg sudah diraih. LUAR BIASA! ^^

salam kenal kk

adiekeputran mengatakan...

inspiratif banget..wah mesti semangat juga nih.

oh ya, salam kenal :D

Abi on wordpress mengatakan...

Dengan berbagai manfaat positif dari kegiatan blogging, semakin mantap saya menjadikan blogging sebagai kegiatan utama di dunia maya.

Semoga kita sama-sama menang di kontes ini.